Geodesi Satelit Dan Penjelasan

Geodesi Satelit

Geodesi SatelitGeodesi dapat juga diartikan sebagai sebuah ilmu pengukuran dan pemetaan yang berada di permukaan bumi, dengan medan gravitasi terestrial.

Geodesi Satelit adalah cabang ilmu yang merupakan bagian ilmu geodesi yang menggunakan bantuan satelit (baik satelit alami maupun buatan manusia) untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan geodesi.

Problem yang umumnya terjadi dalam geodesi yaitu terkait dengan penentuan posisi, penentuan medan gaya berat, serta penentuan variasi temporal dan spasial dari posisi dan medan gaya berat.

Geodesi Satelit sendiri terdiri dari pengamatan dan teknik komputasi dengan menggunakan pengukuran pada suatu tempat di permukaan bumi dengan perantara satelit buatan manusia. 

Salah satu Geodesi Satelit dikenal berada di Perancis dengan nama  Géodésie Spatiale atau istilah yang lebih umum Teknik Ruang Geodetik. Untuk lebih jelasnya yuk simak informasi mengenai geodesi satelit di bawah ini. 

Satelit Geodesi Fungsinya

Dalam ilmu geodesi penggunaan satelit tidak boleh sembarangan. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum menggunakan geodesi satelit.

Pada dasarnya, persyaratan yang harus dipenuhi yaitu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang pergerakan satelit. Teknologi Pergerakan saat ini, dimana seperti Peningkatan akurasi dan kecepatan, serta metode geodesi satelit.

Diera teknologi seperti sekarang banyak disiplin ilmu yang akan digunakan agar kamu bisa menggunakan geodesi satelit misalnya geofisika, oseanografi dan navigasi serta ilmu yang berhubungan dengan geoinformatika. 

Satelit geodesi yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1957 bernama SPUTNIK. Geodesi satelit ini mulai berkembang dan disusul dengan Satelit EXPLORER 1 yang dikembangkan oleh oleh negara Amerika Serikat pada tahun 1958. 

Sejak peluncuran satelit buatan pertama, SPUTNIK-1, pada 4 Oktober 1957. geodesi satelit telah berkembang menjadi bidang mandiri dalam pengajaran geodesi.

Selanjutnya mulai bermunculan geodesi satelit diantaranya:  satelit VANGUARD 1 yang diluncurkan oleh Amerika Serikat pada Maret 1958, satelit ANNA-1B, yang diluncurkan oleh negara Amerika Serikat pada tahun 1962. 

Satelit Anna – 1B dilengkapi dengan kamera geodetik, pengukur jarak elektronik, serta Doppler. Pengembangan satelit masih terus dilakukan hingga saat ini  jumlah satelit buatan manusia yang telah diluncurkan mengorbit Bumi adalah 5500 satelit aktif yang terdaftar pada Mei tahun 2022.

Untuk mengembangkan satelit ada dasar dasar ilmu Geodesi Satelit yang harus ketahui diantaranya sebagai berikut:

  1. Penentuan posisi Tiga dimensi global (3D Global), regional dan lokal yang tepat.
  2. Penentuan medan gravitasi bumi dan fungsi linier dari medan 
  3. Pengukuran dan pemodelan fenomena geodinamika

Satelit geodetik adalah satelit yang digunakan untuk keperluan pemetaan bumi. Satelit geodesi memiliki fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai target (geometrik)
  2. Sebagai titik kontrol (geometrik)
  3. Sebagai pengukur (geometrik)
  4. Sebagai sensor atau probe (dinamik)

Selain itu, satelit geodesi juga berfungsi untuk menentukan beberapa posisi dan model diantaranya sebagai berikut:

  • Penentuan posisi di bumi 
  • Penentuan parameter orientasi bumi.
  • Penentuan model bumi.
  • Penentuan medan gaya berat bumi dan fungsi-fungsi linearnya seperti geoid
  • Untuk bidang geodinamika (Pergerakan kutub, rotasi bumi, deformasi kerak bumi, dan pasang surut) 
  • Penentuan model orbit satelit yang dekat bumi
  • Penentuan orbit dan rotasi bulan.
  • Penentuan koefisien harmonik medan gravitasi bulan
  • Penentuan total massa bumi dan bulan dan sebagainya

Geodesi Satelit PDF

Geodesi satelit sudah banyak dibahas dalam beberapa jurnal dan hasilnya bisa kamu dapatkan dalam bentuk PDF. Berikut ini pembahasan geodesi satelit berupa pdf diantaranya:

  1. Geodesi Satelit oleh Syahri Harahap bisa kamu dapat disini https://www.academia.edu/29577066/Geodesi_Satelit
  2. Geodesi satelit oleh Enos Siang dapat kamu akses pada laman https://www.academia.edu/12177079/Geodesi_Satelit 
  3. Geodesi Satelit Survey bisa kamu dapatkan melalui laman https://www.slideshare.net/jalilarahman7/geodesi-satelit-survey 

Demikian informasi mengenai geodesi satelit dan fungsinya. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *