Oseanografi Fisik Dan Penjelasan

Oseanografi Fisik

Oseanografi Fisik – Oseanografi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang lautan, fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya, organisme yang hidup di dalamnya, zat-zat yang ada didalamnya, dasar lautan, lapisan tipis atmosfer yang menutupi lautan, dan interaksi yang terdapat dalam lautan. 

Oseanografi merupakan konsep yang cukup luas,yang dapat dibagi menjadi beberapa cabang diantaranya: oseanografi fisika, oseanografi biologi, oseanografi kimia, oseanografi geologi.

Oseanografi fisika adalah studi tentang kondisi fisik dan proses fisik di lautan seperti gelombang, arus, pusaran air, pusaran air, dan pasang surut; pengangkutan pasir di dalam dan di luar pantai; erosi pantai; dan interaksi atmosfer dan lautan.

Oseanografi fisik menggunakan hukum fisika untuk mempelajari struktur dan dinamika sirkulasi lautan dan sifat air, pembentukan massa air, gelombang, pasang surut, turbulensi, dan fenomena fisik lainnya. 

Ada banyak sistem yang dipelajari dalam oseanografi diantaranya lubang ventilasi hidrotermal, muara, dan arus teluk dan menggunakan kombinasi teknik observasi tradisional dan baru bersama dengan pemodelan matematika dan komputer. 

Berdasarkan arah penelitiannya Oseanografi fisik terbagi menjadi beberapa bagian mulai dari percampuran dan gelombang internal, gelombang permukaan, sirkulasi lautan, pasang surut permukaan, interaksi antara lautan dan atmosfer, arus, es laut, dan sebagainya. . 

Oseanografi  atau yang disebut juga sebagai ahli kelautan fisik pada dasarnya mempelajari setiap fenomena fisik yang ada di, di atas, dan di atas lautan termasuk interaksi antara laut dan topan. 

Tujuan untuk mempelajari oseanografi yaitu untuk memprediksi dan mengetahui apa yang akan terjadi terhadap lautan di masa depan (Hingga beberapa Abad kedepan) berdasarkan kondisi lautan saat ini. 

Buat kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang oseanografi yuk simak informasi di bawah ini.

Oseanografi Fisika Adalah

Oseanografi fisika adalah ilmu yang mempelajari kondisi dan proses fisik laut, terutama pergerakan dan sifat fisik air laut. Ilmu Oseanografi fisika merupakan salah satu cabang ilmu oseanografi. Cabang lain dari ilmu Oseanografi diantaranya yaitu Oseanografi Kimia, Biologi, Geografi dan masih banyak lainnya.

Oseanografi fisika terbagi menjadi 2 macam yaitu oseanografi fisik deskriptif dan dinamis. Oseanografi fisik deskriptif  mempelajari laut melalui metode pengamatan dan pemodelan kompleks yang mampu menjelaskan pergerakan fluida secara akurat. 

Sedangkan oseanografi fisik dinamis berfokus pada proses yang mempengaruhi pergerakan fluida melalui penelitian teoritis dan pemodelan numerik. Oseanografi fisik dinamis termasuk bagian bidang ilmu dinamika fluida dalam geofisika yang juga berkaitan dengan ilmu meteorologi. 

Dalam geofisika, dinamika fluida mendeskripsikan aliran pada skala spasial dan temporal yang sangat dipengaruhi oleh gaya Coriolis.

Jurnal Oseanografi Fisika

Oseanografi fisika sudah banyak dipelajari dan dilakukan penelitian yang sesuai dengan bidangnya. Saat ini ada banyak jurnal yang membahas mengenai Oseanografi fisika diantaranya:

  1. Journal of Physical Oceanography yang dipublikasikan dalam Americans Meteorological Society. Untuk melihat jurnal Oseanografi Fisika tersebut klik tautan di bawah ini https://journals.ametsoc.org/configurable/content/journals$002fphoc$002fphoc-overview.xml?t:ac=journals%24002fphoc%24002fphoc-overview.xml 
  2. Karakteristik Oseanografi Fisik ( Batimetri, Pasang Surut, Gelombang Signifikan dan Arus Laut) perairan Teluk Bungus dalam Jurnal Kelautan. Untuk membacanya klik tautan di bawah ini https://journal.trunojoyo.ac.id/jurnalkelautan/article/view/1240 

  3. Karakteristik Parameter Oseanografi Fisika-Kimia Perairan Pulau Kerumputan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan dalam jurnal UNIB. Untuk membacanya klik tautan di bawah ini  https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnalenggano/article/view/2820  

  4. Pengaruh Parameter Oseanografi Fisik Terhadap Indikasi Pemutihan Karang (Coral Bleaching) di Taman Wisata Perairan (TWP) Kapoposang Spermonde Selat Makassar dalam jurnal E Journal Undip. Untuk membaca jurnal tersebut klik tautan dibawah ini https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jmr/article/download/33401/27684 

Demikian lah informasi mengenai pengertian Oseanografi fisik dan jurnal yang membahas dan melakukan penelitian yang berkaitan dengan ilmu tersebut. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *