Survei Rekayasa Merupakan

Survei Rekayasa

Surveying Rekayasa (Engineering Surveying) didefinisikan sebagai kegiatan yang dilibatkan dalam perencanaan dan pelaksanaan survey-survey untuk lokasi, desain, konstruksi, operasi dan pemeliharaan dari proyek-proyek sipil dan proyek rekayasa lainnya

Survei Rekayasa adalah

Survei Rekayasa atau yang lebih dikenal dengan Survei Teknik Sipil ini, merupakan bagian dari Ilmu Geodesi.

Dalam pelaksanaannya survei teknik sipil ini sangat bergantung pada Ilmu Geodesi seperti Ilmu Ukur Tanah yang menerapkan metode-metode pengukuran dan pemetaan, serta perhitungan dan analisa data hasil pengukuran.

Pada dasarnya pekerjaan survei rekayasa ini diterapkan dalam rencana konstruksi untuk pembuatan jalan raya, saluran air dan lain sebagainya yang berhubungan erat dengan galian dan timbunan.

Pengukuran yang dilakukan untuk keperluan konstruksi tersebut berupa pengukuran poligon, pengukuran beda tinggi, pengukuran profil memanjang dan profil melintang. Karena berkaitan dengan galian dan timbunan, maka perhitungan luas dan volume dari galian dan timbunan tersebut sangat diperlukan.

Dari hasil pengukuran di atas, data hasil pengukurannya diolah (dimasukan dalam suatu perhitungan) dan disajikan dalam bentuk peta.

Selanjutnya pada peta tersebut akan dilengkapi dengan membuat rancangan pekerjaan konstruksi yang lengkap dengan bidang persamaan yang memperlihatkan bentuk dari konstruksi yang akan dibuat.

Setelah rancangan konstruksi selesai dibuat oleh ahli rancang bangunan (tenaga ahli di bidang teknik sipil dan arsitektur)

 sehingga menghasilkan suatu peta rencana (site plan), maka site plan tersebut akan dikembalikan kepada ahli penentu posisi di atas permukaan bumi (tenaga ahli di bidang teknik geodesi) untuk menentukan posisi rencana konstruksi di lapangan sesuai dengan sudut dan jarak yang terukur pada site plan. 

Proses pemindahan suatu bentuk rancangan konstruksi di atas peta ke atas permukaan bumi, disebut dengan setting out atau staking out

Survei Rekayasa Jurnal

Surveying Rekayasa (Engineering Surveying) didefinisikan sebagai kegiatan yang dilibatkandalam perencanaan dan pelaksanaan survey-survey untuk lokasi, desain, konstruksi, operasidan pemeliharaan dari proyek-proyek sipil dan proyek rekayasa lainnya,Kegiatan-kegiatan tersebut, termasuk:

  • Persiapan survey dan spesifikasi pemetaan,
  • Pelaksanaan survey fotogrametri dan survey lapangan untuk pengumpulan data yangdibutuhkan, termasuk data topografi dan data hidrografi,
  • Hitungan, reduksi dan plotting data survey untuk dipakai dalam desain rekayasa,
  • Desain dan ketentuan survey kontrol jaringan horisontal dan vertikaL,
  • Ketentuan jalur dan kelandaian serta susunan kerja lainnya untuk kegiatan konstruksisipil atau konstruksi lainnya.
  • Pelaksanaan dan kontrol kualitas pengukuran spasial selama konstruksi.
  • Pemantauan permukaan bumi dan stabilitas bangunan.
  • Pengukuran material dan kuantitas lainnya untuk inventarisasi, penilaian ekonomi danusulan perhitungan biaya
  • Pelaksanaan as-built survey persiapan peta, perencanaan dan profil untuk konstruksi
  • Analisis kesalahan dan toleransi yang berhubungan dengan pengukuran, rancanganlapangan dan pemetaan atau gambaran lain tentang pengukuran survey yangdibutuhkan guna mendukung proyek rekayasa.

Surveying rekayasa merupakan bidang khusus dalam praktek keahlian rekayasa, termasuksemua kegiatan surveying dan pemetaan yang diperlukan untuk mendukung seperti perencanaan, desain, konstruksi, pemeliharaan dan operasi proyek-proyek rekayasa, kecualisurveying tentang batas,

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Survei Rekayasa, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *