Kesehatan Mental Dewasa

Kesehatan Mental Dewasa

Kesehatan Mental Dewasa– Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Kesehatan Mental Dewasa awal 

Kesehatan mental dan fisik sangat berperan penting pada kehidupan kita. Akan tetapi, sering kali kesehatan mental cenderung diabaikan karena kebanyakan orang lebih mengutamakan kesehatan fisik, 

bahkan ada yang memiliki persepsi bahwa ketika fisik kita sehat maka kita dilihat baik – baik saja, padahal nyatanya tidak seperti itu. Diluar mungkin terlihat sehat namun didalam diri sendiri ada mental yang sedang breakdown.

Memasuki usia dewasa awal merupakan masa-masa yg paling rentan, terutama terkait tingginya tuntutan baik menurut diri sendiri maupun orang lain. Bahkan, pada titik paling ekstrim, kondisi stres paling berat justru terjadi pada rentang usia ini. 

Masa dewasa awal merupakan masa transisi dari masa remaja. Dewasa awal disebut juga sebagai dewasa muda, yaitu pada usia 20 – 40 tahun yang merupakan fase paling dinamis sepanjang kehidupan seseorang karena seseorang mengalami banyak perubahan, 

Perubahan fisik yang progresif, kognitif dan psikologis – emosional, kepribadian yang lebih dewasa dan bijaksana. Pada usia 20 sampai 29 tahun merupakan masa-masa paling produktif pada kehidupan seorang. 

Pasalnya, dalam masa ini, seorang mulai mempunyai ambisi, impian, & keinginan, baik yg bersifat personal misalnya pasangan hidup ataupun pekerjaan, biasanya pada dewasa muda kita gampang stres, emosional, takut akan masa depan, overthinking, bahkan sampai depresi.

Meningkatkan kesehatan mental dewasa 

Berikut 6 cara meningkatkan kesehatan mental  yang bisa dilakukan,

  • Tidur yang cukup

Cara meningkatkan kesehatan mental yang pertama adalah dengan selalu memastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Tidur bukan hanya tidak bisa ditawar untuk kesehatan fisik, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental.

Satu studi tahun 2021 dengan 273.695 orang responden mendapati bahwa orang yang rata-rata tidur 6 jam atau kurang per malam menjadi 2,5 kali lebih mudah terkena tekanan mental daripada mereka yang rata-rata tidur lebih dari 6 jam. 

Kualitas tidur juga penting. Tidur yang terganggu dapat menyebabkan gejala kesehatan mental.

  • Batasi Penggunaan Media Sosial

Cara meningkatkan kesehatan mental yang kedua adalah dengan membatasi penggunaan sosial media.

Terus-menerus mengkonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan seseorang membandingkan diri mereka sendiri dan meningkatkan perasaan rendah diri, yang mana akan menjurus pada perasaan cemas dan depresi.

  • perkuat hubungan sosial

Cara meningkatkan kesehatan mental yang ketiga adalah dengan memperkuat hubungan sosial. Manusia adalah makhluk sosial, dan hubungan

yang kuat dapat memiliki pengaruh positif pada kesehatan mental dalam berbagai cara. Persahabatan, misalnya, dapat meredakan perasaan kesepian, membuat seseorang lebih mudah untuk mendapatkan dukungan emosional, hingga menambah arti dalam hidup..

  • Rutin Berolahraga

Cara meningkatkan kesehatan mental yang keempat adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga menawarkan berbagai manfaat kesehatan mental, di antaranya menghilangkan stres, mengangkat suasana hati, 

membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih lama, serta membantu mengelola gejala kondisi depresi dan kecemasan.

Setiap orang pasti memiliki preferensi jenis olahraga yang berbeda-beda. Lakukan olahraga yang paling disukai, tentukan tempat yang paling nyaman untuk melakukannya. 

Bisa dengan berkunjung ke gym, jogging di taman kota, atau hanya berolahraga di dalam tentukan tempat yang paling nyaman untuk melakukannya. Bisa dengan berkunjung ke gym, jogging di taman kota, atau hanya berolahraga di dalam rumah saja. Semua bebas untuk dipilih.

  • Konsumsi makanan kaya nutrisi

Cara meningkatkan kesehatan mental yang kelima adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Makanan tertentu juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. 

Untuk mendukung peningkatan kesehatan mental, mulailah kembangkan pola makan saat ini dengan memasukkan makanan yang dikemas dengan nutrisi peningkat suasana hati.

makanan-makanan tersebut di antaranya adalah berry, pisang, kacang polong, biji-bijian utuh serta ikan berlemak seperti salmon.

  • Beri tubuh asupan sinar matahari 

Cara meningkatkan kesehatan mental yang keenam adalah dengan rutin memberikan tubuh anda asupan sinar matahari yang cukup setiap harinya. 

Matahari adalah sumber vitamin D yang bagus dan banyak penelitian menunjukkan bahwa matahari dapat meningkatkan sikap dan suasana hati.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Kesehatan Mental Dewasa, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *