Pengemasan Hasil Perikanan

Pengemasan Hasil Perikanan

Pengemasan Hasil Perikanan- Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang diperlukan setiap hari, baik diolah sendiri di rumah atau membeli makanan jadi/matang siap santap.

Salah satu yang memengaruhi konsumen memilih atau membeli suatu makanan adalah cara pengemasannya.

Pengemasan makanan adalah cara untuk menyuguhkan makanan kepada orang untuk diperjualbelikan, yang telah ditata berdasarkan komposisi warna, tekstur/bentuk, rasa, aroma, dan alat/kemasan sajian makanan

Penyajian dan pengemasan hasil perikanan

Di masyarakat, tentu kamu dapat menjumpai banyak sekali produk makanan dalam kemasan. Secara umum, kemasan digolongkan menjadi tiga seperti berikut.

  • Kemasan primer

Kemasan primer adalah kemasan yang berhubungan/kontak langsung dengan produk makanan. Ukurannya relatif kecil dan biasa disebut sebagai kemasan eceran. Sedapat mungkin, kemasan memberikan informasi lengkap tentang produk.

Contoh: Kantong plastik untuk produk dendeng sapi, sosis, bakso. Cup kaleng untuk kornet, gelas plastik (cup) untuk air minum atau bubur instan.

  • Kemasan sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan kedua yang berisi sejumlah kemasan primer. Kemasan ini tidak kontak langsung dengan produk yang dikemas. Kemasan jenis ini dapat dimanfaatkan untuk memajang produk.

Contoh: Kemasan karton untuk produk kornet, kemasan krat untuk produk dalam botol.

  • Kemasan tersier

Kemasan tersier adalah kemasan yang diperuntukkan sebagai kemasan transpor atau distribusi apabila makanan akan dikirim ke tempat lain.

Pengemasan Hasil Perikanan adalah

Teknologi pengemasan merupakan salah satu yang berperan penting dalam menjaga produk hasil perikanan yang memiliki hubungan dengan mata kuliah pada pengolahan hasil perikanan.

Prinsip dasar pengemasan hasil perikanan merupakan dasar untuk mempelajari teknologi pengemasan secara menyeluruh,

di mulai dari awal produk sampai produk siap dipasarkan sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai satu konsep yang sama dalam memahami tentang teknologi pengemasan hasil perikanan.

Tujuan pengemasan makanan adalah sebagai berikut:

  • Melindungi isi/makanan dari benturan, cuaca dan mikroorganism dengan pemilihan material untuk kemasan yang tepat serta desain bentuk dan struktur yang baik
  • Menjadi daya tarik dan pembeda dari berbagai jenis dan merek makanan. Pemilihan material yang tepat serta desain bentuk dan struktur yang tepat akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kon-sumen untuk memilih membeli makanan tersebut.
  • Informasi mengenai makanan tersebut, yaitu: nama dan merek makanan, isi makanan, berat, kandungan bahan dan nutrisi, tang-gal kadaluarsa, produsen, kode produksi, dan keterangan khusus harus jelas

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Pengemasan Hasil Perikanan, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *