Nutrisi Ikan Yang Baik

Nutrisi Ikan

Nutrisi Ikan – Seperti halnya manusia ikan memerlukan nutrisi yang baik agar bisa hidup dengan sehat. Oleh karena itu ikan perlu diberi makan dengan makanan yang mengandung kadar nutrisi yang memadai.

Nutrisi yang harus ada pada ikan adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin.

  • PROTEIN 

Sekitar 50 % dari kebutuhan kalori yang diperlukan oleh ikan berasal dari protein. Bahan ini berfungsi untuk membangun otot, sel-sel, dan jaringan tubuh, terutama bagi ikan-ikan muda. Kebutuhan protein sendiri bervariasi tergantung pada jenis ikannya.

Meskipun demikian, protein adalah unsur kunci yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan pada seluruh jenis ikan.

Pada umumnya kebutuhan ikan terhadap protein dapat digolongkan secara garis besar 15 – 30 % dari total pakan bagi ikan-ikan herbivora, dan 45% bagi ikan karnivora. Sedangkan untuk ikan-ikan muda diperlukan diet dengan kandungan protein 50 %.

  • LEMAK 

Lemak merupakan sumber utama energi pada ikan. Lemak tersimpan dalam jaringan dan berfungsi untuk menjaga stamina yang prima pada ikan yang bersangkutan. Selain itu, juga sebagai media penyimpan vitamin vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Pada makanan ikan, lemak direkomendasikan supaya tidak terlalu tinggi kandungannya. Bahkan ikan-ikan pemakan daging pun (karnivora) kebutuhan akan lemaknya tidak lebih dari 8 %, sedangkan ikan-ikan herbivora kebutuhannya tidak lebih dari 3%.

Kelebihan lemak pada ikan diketahui dapat menyebabkan kerusakan.

  • KARBOHIDRAT 

Pada ikan, karbohidrat diperlukan untuk pertumbuhan dan energi. Meskipun demikian, ikan tidak memerlukan karbohidrat dalam jumlah besar pada makanannya. Kebanyakan karbohidrat diketahui malah dapat menghambat pertumbuhan ikan.

Hal ini tampaknya berkaitan dengan kenyataan bahwa kandungan kadar karbohidrat yang tinggi pada makanan ikan sering berkaitan dengan rendahnya kadar nutrisi esensial lainnya.

  • MINERAL 

Di habitatnya sumber-sumber mineral bagi ikan banyak tersedia secara alamiah. Tapi dalam lingkungan akuarium yang tertutup dan serba terbatas hal demikian tidak bisa dipenuhi. Oleh karena itu mineral perlu disediakan melalui makanannya.

Mineral pada ikan diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan bahkan sisik. Mineral utama yang diperlukan adalah kalsium dan fosfor. Selain itu mereka juga memerlukan besi, iodine, magnesium, natrium, kalium, tembaga dan seng.

Kalsium dapat dijumpai pada air-air berkesudahan tinggi sedangkan fosfor bisa dijumpai pada tanaman air. Apabila air yang digunakan berkesudahan rendah, dan dalam akuarium tidak ada tanaman airnya maka sangat penting untuk memberikan tambahan mineral pada makanan ikan.

Tulang dan daging merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik. Meskipun demikian, mereka bisa juga dijumpai pada makanan kering (flake) yang berkualitas baik.

  • SERAT Serat relatif banyak dijumpai pada sayuran. 

Meskipun dalam jumlah sedikit dapat membantu proses pencernaan, serat tidak boleh diberikan terlalu banyak. Ikan karnivora bahkan tidak bisa mencerna serat sama sekali, dan direkomendasikan kandungannya pada makanan karnivora tidak lebih 3 dari 4 %. Sedangkan untuk ikan herbivora dianjurkan untuk memberikan serat dengan kadar 5 – 10 %.

  • VITAMIN 

Berbeda dengan mineral, vitamin bersifat tidak stabil pada pakan jadi. Flake misalnya, mengandung cukup vitamin pada awalnya, tapi setelah berjalannya waktu vitamin ini akan mengalami kerusakan.

Penyimpanan dalam freezer bisa membantu dalam mengawetkan kandungan vitamin, meskipun demikian dianjurkan untuk membeli pakan ikan untuk digunakan dalam waktu dekat. Vitamin utama yang diperlukan oleh ikan adalah A, D3, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12, H, M dan inositol.

Banyak para hobi ikan hias yang tidak menyadari peranan penting vitamin dalam kesehatan ikan. Kekurangan vitamin A misalnya, dapat menyebabkan pertumbuhan ikan menjadi terhambat dan dapat menyebabkan terjadi tulang punggung yang melengkung.

Vitamin E dan A merupakan faktor penting untuk menjaga ikan berada dalam kondisi prima untuk memijah. Vitamin K merupakan vitamin penting dalam penggumpalan darah. Vitamin B1, B2, dan B6 penting untuk pertumbuhan normal.

B3 dan C diperlukan dalam proses pencernaan yang baik. Vitamin C juga diperlukan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin B5 dan M secara bersama-sama merupakan faktor utama dalam proses metabolisme.

Kekurangan vitamin H dapat mengurangi pembentuk sel darah dan menyebabkan anemia. Membeli makanan ikan dalam jumlah sedikit tapi bervariasi merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa ikan akan mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup untuk tumbuh, sehat dan berumur panjang. Beberapa contoh kelainan pada ikan sebagai akibat kekurangan jenis nutrisi tertentu.

Nutrisi Ikan Kembung

Ikan kembung memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, asam lemak omega 3 dalam ikan jenis ini dipercaya mampu membantu tumbuh kembang anak secara optimal.

Berbagai kandungan nutrisi dalam ikan kembung sudah tidak perlu diragukan lagi. Ikan kembung memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan D yang baik untuk menjaga kesehatan selalu dalam kondisi optimal.

Mengonsumsi daging ikan kembung juga bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Ada beberapa jenis mineral yang terkandung dalam ikan ini, seperti zat besi, tembaga, selenium, dan yodium.

Selain nutrisi yang telah disebutkan, ikan kembung juga menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ikan kembung mengandung lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuh.

Manfaat Ikan Kembung untuk Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan kembung bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan lebih baik. Hal ini disebabkan kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung mampu menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

  • Mencegah Anemia

Jika kamu sering mengalami gejala anemia, seperti kelelahan, lemas, gangguan penglihatan, dan pusing, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan zat besi.

Kamu bisa memenuhi kedua nutrisi tersebut dengan mengonsumsi ikan kembung. Kandungan vitamin B12 dan zat besi bisa membantu kamu cegah anemia.

  • Meningkatkan Kekuatan Tulang

Ikan kembung mengandung vitamin D yang cukup tinggi di dalamnya. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, tubuh akan menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Bahkan, ketika tubuh memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor, kamu bisa mengalami peningkatan kesehatan tulang dengan lebih baik.

  • Menurunkan Berat Badan

Ikan kembung memiliki kandungan lemak dan protein yang bisa mengontrol dan menurunkan kadar ghrelin dalam tubuh. Ghrelin adalah salah satu hormon yang bisa memicu rasa lapar sehingga meningkatkan keinginan untuk makan.

Ketika hormon ghrelin bisa dikontrol dengan baik, tentunya hal ini akan berkaitan langsung dengan kebiasaan makan dan berat badan.

  • Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kandungan lemak tak jenuh dalam ikan kembung membantu untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain mengonsumsi ikan kembung, hal ini juga perlu didapat dengan melakukan gaya hidup sehat dan pencegahan diabetes lainnya.

Meski manfaat ikan kembung cukup banyak, sayangnya bagi beberapa orang, ikan kembung dapat menyebabkan alergi. Sebaiknya pastikan kamu mengolah ikan kembung dengan tepat untuk menghindari efek samping yang bisa dialami.

Nutrisi Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan mudah untuk diolah, ikan jenis ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai kandungan nutrisi tersebut tentunya akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih optimal. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan. Selain pemeliharaannya yang terbilang mudah, ikan ini juga banyak yang suka karena harganya yang murah dan rasanya yang lezat.

Bukan hanya itu, ikan lele juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik serupa dengan jenis ikan tawar dan ikan laut lainnya.

Berikut jumlah kandungan nutrisi dalam 100 gram daging ikan lele:

  • Kalori: 105.
  • Lemak: 2,9 gram.
  • Protein: 18 gram.
  • Sodium: 50 miligram.
  • Vitamin B12: 121 persen kebutuhan harian.
  • Selenium: 26 persen kebutuhan harian.
  • Fosfor: 24 persen kebutuhan harian.
  • Thiamin: 15 persen kebutuhan harian.
  • Potasium: 19 persen kebutuhan harian.
  • Kolesterol: 24 persen kebutuhan harian.
  • Asam lemak omega-3: 237 miligram.
  • Asam lemak omega-6: 337 miligram.

Itulah berbagai kandungan nutrisi yang ada pada ikan air tawar ini. Selain rendah kalori dan sodium, ikan lele juga mengandung protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Demikianlah pembahasan tentang nutrisi ikan. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *