Statistik Niaga

Statistik Niaga

Statistik Niaga – Perkataan statistik mula-mula digunakan oleh Gottfried Achenwall (1772 – 1791), yaitu seorang gurubesar pada Marlbrough dan Gottingen. Namun, sebelum perkataan ini ada, sebenarnya statistik dalam arti sempit telah digunakan.

Dr. E.A.W. Zimmerman memperkenalkan perkataan statistik ke Inggris, yang kemudian disebarluaskan oleh Sir John Sinclair dalam buku Statistical Account of Scotland (1791 – 1799). Tahun 1500 statistik dalam arti yang sempit telah digunakan yaitu dengan cara menerbitkan catatan tentang jumlah kematian penduduk yang terbit sekali seminggu.

Ruang lingkup dari catatan ini berkembang terus dimana pada tahun 4632, catatan ini tidak hanya mengenai jumlah kematian saja, tetapi juga telah lebih rinci karena sudah berisi tentang jumlah kelahiran yang diikuti dengan jenis kelamin.

Catatan atau laporan ini dikenal dengan Bills o Mortality. Penggunaan statistik ini digunakan hanya berkembang di Inggeris saja tetapi juga berkembang di berbagai tempat, misalnya di Babilon,Mesir, dan Roma, ini terjadi sejak abad ke – 17.

Statistik digunakan untuk mencatat jumlah penduduk, pendapatan penduduk, jumlah bala tentara, yang bertujuan untuk mengetahui potensi kesanggupan penduduk membayar pajak dan potensi angkatan perang sendiri dan musuh.

Statistik adalah kumpulan angka-angka yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Kumpulan angka-angka ini biasanya disusun dalam tabel atau daftar yang sering disertai dengan diagram atau grafik dan keterangan lain yang diperlukannya.

Statistik adalah kumpulan keterangan yang berbentuk angka saja (data kuantitatif) yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan, peristiwa atau gejala tertentu. Misalnya statistik penduduk, statistik perdagangan, statistik pendidikan dll.

Selanjutnya Nata Wirawan mengatakan bahwa pengertian statistik dalam arti luas diartikan sebagai : cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara (metode) pengumpulan, penyajian, analisis, interpretasi dan pengambilan kesimpulan dari suatu data sehingga data tersebut dapat memberikan pengertian atau makna tertentu.

Jenis-jenis statistik menurut kebutuhan atau penggunaannya antara lain :

  • Statistik Niaga
  • Statistik Psikologi
  • Statistik Pendidikan
  • Statistik Pertanian
  • Statistik Kedokteran

Metode statistik yang dipergunakan oleh Mahasiswa Ekonomi adalah yang berhubungan dengan masalah perekonomian dan niaga/ perdagangan.

Statistik Niaga Adalah

1. Statistik bisnis

Statistik niaga atau bisnis adalah kumpulan, ringkasan, analisis dan laporan urutan angka relevan dalam situasi bisnis. Statistik bisnis di bedakan menjadi 2 macam, yaitu: Statistik Deskriptif dan Statistik Infersial.

2. Statistik Deskriptif

Digunakan untuk mengolah data dan mendeskripsikan data mentah dalam bentuk data yang lebih bermakna dan mudah dipahami oleh orang lainmisalnya dalam bentuk tabel frekuensi, grafik, nilai rata-rata, simpangan baku dan lain-lain.

3. Statistik Infersial

Digunakan untuk keperluan pengujian hipotesis dan untuk membuat generaliasi data sampel terhadap popolasi. Sampel adalah satu subbagian yang mewakili populasi. Sedangkan populasi adalah kemampuan semua objek atau observasi yang mempunyai satu atau lebih karakteristik yang ditetapkan. Statistik infersial di bedakan dalam dua macam, yaitu:

  • Statistik Parametrik adalah ilmu statistik yang mempertimbangkan jenis sebaran atau distribusi data, yaitu apakah data menyebar secara normal atau tidak.

Contohnya:

  • Uji-z (1 atau 2 sampel)
  • Uji-t (1 atau 2 sampel)
  • Korelasi pearson,
  • Perancangan percobaan
  • Statistik Non-Parametrik, yaitu statistik bebas sebaran (tidak mensyaratkan bentuk sebaran parameter populasi, baik normal atau tidak). Selain itu, statistik non-parametrik biasanya menggunakan skala pengukuran sosial, yakni nominal dan ordinal yang umumnya tidak berdistribusi normal.

Contohnya:

  • Uji tanda (sign test)
  • Rank sum test (wilcoxon)
  • Rank correlation test (spearman)
  • Fisher probability exact test.
  • Chi-square test, dll

4. Variabel

Varibel adalah gejala atau obyek penelitian yang bervariasi, contoh: 1) variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), 2) variabel profesi (guru, petani, pedagang). Adapun macam-macam variabel adalah Variabel Kuantitatif dan Variabel Kualitatif.

Demikianlah informasi lengkap mengenai statistik niaga. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *