Kepemimpinan Global Yaitu

Kepemimpinan Global

Kepemimpinan Global – Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan tercapainya suatu tujuan. Tercapai atau tidaknya suatu tujuan kelompok atau organisasi sangat bergantung dengan kepemimpinan kelompok tersebut.

Tanpa adanya kepemimpinan suatu organisasi atau kelompok bahkan negara sekalipun akan kacau. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sosok yang mengarahkan dan mengatur orang orang untuk mencapai tujuan. 

Dalam sebuah organisasi baik kelompok maupun bisnis sosok pemimpin sangat berperan  penting dalam jajaran manajemen. Sebaik apapun sumber daya yang dimiliki organisasi maupun perusahaan, jika tidak memiliki pemimpin akan kacau dan tidak terarah.

Oleh sebab itu, kehadiran sosok pemimpin sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tidak tanggung tanggung bahkan perusahaan berani membayar mahal hanya untuk seorang pemimpin.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda beda ketika memimpin. Gaya kepemimpinan tidaklah sama antara satu pemimpin dengan pemimpin lain. Setiap pemimpin mempunyai gaya tersendiri dalam memimpin. 

Perbedaan ini disebabkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Faktor internal lebih kepada sifat dan perilaku dan pemimpin itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal banyak sekali, bisa karena bentuk perusahaan. karyawan, lingkungan sosial budaya dan lain lain. 

Diera global dan modern seperti saat ini, peran pemimpin juga mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Seorang pemimpin dituntut harus fleksibel, dinamis dan mampu menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan perkembangan zaman.

Bahkan seorang pemimpin juga harus bisa menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan keragaman budaya dimana ia berada.

Walaupun tidak dijelaskan secara detail dalam berbagai teori kepemimpinan, budaya menjadi salah satu faktor penting dalam hal efektifitas kepemimpinan. Budaya mempengaruhi gaya kepemimpinan melalui anggotanya. 

Pemimpin tidak dapat memilih gaya kepemimpinan sesuka hati jika tidak mau gagal, mereka dikendalai kondisi budaya anggota kelompoknya, yang menuntut suatu kepemimpinan yang cocok dengan budayanya.

Kepemimpinan seperti dikenal juga dengan istilah kepemimpinan global. Lantas apakah yang dimaksud dengan kepemimpinan global? Daripada penasaran yuk simak ulasan di bawah ini.

Kepemimpinan Global Adalah

Kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi anggota suatu kelompok agar tercapainya tujuan kelompok tersebut. Dalam praktiknya kepemimpinan menetapkan visi yang akan dicapai dan mengkomunikasikan kepada kelompok agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Untuk melaksanakan visi organisasi tersebut, manajemen pemimpin sangat berperan dalam untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Sedangkan kepemimpinan global adalah kemampuan untuk mengambil pandangan global dan mampu menerapkan perspektif tersebut ke negara lain, dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti sosial, budaya dan lainnya. 

Saat ini banyak perusahaan atau organisasi yang memerlukan pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan global yang mengerti tentang ekonomi, budaya, hukum, dan dampak politik. Hal ini diharapkan agar pemimpin dapat melihat dirinya sebagai bagian dari penduduk negara tersebut dengan visi dan nilai-nilai yang luas. 

Kepemimpinan global sangat dibutuhkan agar dapat seiring dengan adanya perdagangan global dan integrasi teknologi secara global. Pemimpin masa depan harus dapat mempelajari bagaimana menangani produksi global, pemasaran, dan tim sales untuk meraih keuntungan yang kompetitif.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga mewajibkan pemimpin masa depan untuk berpikir global untuk dapat bersaing. Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada saat ini, diharapkan pemimpin dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar negara di seluruh dunia. 

Ada 5 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin jika ingin menerapkan kepemimpinan global diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat berpikir global
  2. Menghargai perbedaan budaya antar negara
  3. Membangun teknologi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
  4. Membangun kemitraan dan aliansi dengan organisasi lain
  5. Membagi kepemimpinan dengan anggota kelompok lainnya menjadi pemimpin kelompok kecil.

Nah, itulah pembahasan mengenai kepemimpinan global dan karakteristik yang harus dimiliki kepemimpinan global. Terima kasih telah singgah, semoga bermanfaat***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *