Manajemen Pakan Ikan, Begini Caranya

Manajemen Pakan Ikan

Manajemen Pakan Ikan – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Manajemen Pakan Ikan.

Manajemen Pakan Ikan merupakan sebuah faktor penting yang dapat menjadi alasan utama untuk keberhasilan budidaya ikan.

Manajemen Pakan ini dimanfaatkan secara efektif dan efisien dan hasilnya pertumbuhan dan perkembangan dari Pakan Ikan bisa berjalan dengan optimal.

Pada umumnya, Pakan Ikan ini tidak terlalu memperhatikan kualitas dan kuantitas pakan, dan waktu yang tepat.

Pakan Ikan yang berkualitas harus memiliki nutrisi terutama protein (sesenuhi beberapa syarat: kadauai kebutuhan),  diameter (ukuran pakan), mudah dicerna,  diserap oleh tubuh, disukai ikan, kadar abu yang rendah.

Kualitas pakan yang baik, akan dimanfaatkan ikan dengan baik bila cara pemberian pakannya dilakukan dengan baik secara kuantitas dan tekniknya. Hal ini tentunya diperlukan  pemberian pakan pd waktu yang tepat, berkaitan dengan frekuensi pemberian pakan.

Selain itu, suhu air berpengaruh pada konsumsi pakan ikan. Jika, suhu tidak optimum nafsu makan berkurang, maka pemberian pakan harus dikurangi. Suhu air saat pagi, siang, sore, berbeda, jadi pakan yang diberikan jumlahnya seharusnya berbeda.

Manajemen Pakan Ikan

a. Pemberian Pakan Ikan Lele Dilakukan Sebanyak Dan Berkualitas

Ikan lele termasuk sebagai salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan.

1. Penyiapan Kolam Tempat Budidaya Ikan Lele

Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pengeringan dan Pengolahan Tanah
  • Pengapuran dan Pemupukan
  • Pengaturan Air Kolam

2. Pemilihan Benih Ikan Lele

Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Syarat Benih Unggul
  • Cara Menebar Benih
  • Menentukan Kapasitas Kolam

3. Pakan Untuk Budidaya Ikan Lele

Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pemberian Pakan Utama
  • Pemberian Pakan Tambahan

4. Pengelolaan Air

5. Pengendalian Hama dan Penyakit

b. Pemberian Pakan Ikan Mas

Selain ikan lele, kita juga bisa pakan ikan mas. Berikut cara yang tepat untuk panen pakan ikan yang baik untuk ikan mas.

  1. Pemberian makanan Jangkrik yang kaya kandungan protein tinggi. Bahkan, kandungan protein jangkrik 3 kali lebih tinggi dibanding daging ayam. Selain itu, jangkrik mengandung omega 3 yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan.
  2. Pemberian makanan Kroto atau telur semut rangrang yang bisa digunakan sebagai pakan ikan mas. Kroto memiliki protein yang tinggi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas.
  3. Pemberian makanan Cacing Sutra yang memiliki kandungan protein sebesar 57%. Oleh karena itu, cacing ini banyak digunakan sebagai pakan ikan mas.
  4. Pemberian makanan Daphnia atau kutu air yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, ukurannya sesuai dengan mulut larva ikan, dan mudah dibudidayakan. Saat ini daphnia merupakan salah satu jenis pakan yang banyak dibudidayakan secara massal.
  5. Pemberian makanan Sekam Padi dan jangan hanya memberikan sekam padi saja tapi tambahkan tetes tebu, arang kelapa, dan tepung ikan ke campuran pakan untuk menjadi pelet alami.
  6. Pemberian makanan Cacing Tanah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kandungan protein yang mencapai 40%.
  7. Pemberian makanan Ulat Daun Pisang yang memiliki nutrisi yang lengkap dan protein yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan ikan mas. Cacing daun pisang biasa ada di dalam daun pisang yang menggulung.

Adapun cara tepat dalam pemberian Pakan Ikan Mas adalah sebagai berikut.

  1. Waktu Pemberian Makanan Ikan Mas
  2. Memberikan Pakan yang Bervariasi
  3. Ukuran Pakan
  4. Dosis Makanan Ikan Mas

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Manajemen Pakan Ikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *