Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok Dalam Masyarakat

Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok

Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok – Dinamika kelompok sosial adalah salah satu bahan penting dalam objek kajian sosiologi. Pembahasan tentang  dinamika dalam kelompok sosial berhubungan dengan kehidupan manusia yang hakikatnya terus berjalan secara dinamis.

Itulah sebabnya proses sosial dan interaksi sosial akan terjadi dalam kehidupan yang terkadang tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Ada saja permasalahan sosial yang bisa muncul dalam sebuah peradaban sosial dari zaman ke zaman.

Dinamika kelompok sosial berkaitan dengan penelaahan tentang faktor terjadinya hubungan kelompok sosial atas dasar perilaku atau tindakan dalam kelompok sosial.

Hal tersebut bisa terjadi melalui berbagai bentuk interaksi yang dinamis dengan adanya situasi sosial yang mendukung.

Kajian tentang dinamika kelompok sosial ini berhubungan erat dengan pembentukan struktur sosial dalam kelompok, norma sosial, perasaan saling memiliki, dan internalisasi dari setiap perwujudan norma yang ada dalam lingkungan sosial bermasyarakat tersebut.

Jadi, dinamika kelompok sosial adalah serangkaian bentuk problematika kehidupan yang dialami oleh individu maupun kelompok yang melakukan bentuk mobilisasi sosial dengan cepat sehingga mengubah keteraturan sosial yang sudah berlaku di masyarakat.

Pengertian Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok

Berikut ini definisi dinamika kelompok sosial menurut para ahli:

  1. Menurut Soerjono Soekanto, dinamika sosial adalah perubahan sosial dalam masyarakat yang mengalami berbagai bentuk permasalahan yang bisa dilakukan perorangan atau kelompok, sehingga dengan adanya dinamika sosial keteraturan sosial dalam masyarakat tidak berjalan dengan semestinya.
  2. Menurut Shertzer dan Stone, dinamika kelompok sosial adalah bentuk tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu tanpa mengetahui maksud utamanya dalam kebutuhan tersebut, sehingga mengakibatnya keadaan yang memaksanya untuk menghalalkan segala cara.
  3. Menurut Slamet Sentosa, dinamika kelompok sosial adalah suatu bentuk hubungan yang terjalin antar kelompok sosial dalam lingkungan masyarakatnya secara teratur dan berhubungan dengan psikologis yang jelas.

Makna dari hubungan psikologis adalah hubungan yang terjalin antar kelompok sosial yang dalam, sehingga dapat merasakan berbagai situasi yang dialami secara bersama-sama.

  1. Menurut Floyd D.Ruch, dinamika kelompok sosial adalah bentuk analisis tentang hubungan-hubungan atau relasi yang terjadi dalam kelompok sosial terkait dengan tindakan atau pola perilaku setiap individu dalam sebuah situasi sosial tertentu.
  2. Menurut Sprott, dinamika kelompok sosial adalah bentuk analisis mengenai hubungan relasi yang terjadi antara anggota-anggota kelompok sosial tertentu dalam sebuah lingkungan masyarakat.
  3. Menurut Robert F.Bales, dinamika kelompok sosial adalah wujud dari proses kejiwaan yang terjalin dalam hubungan antar individu dan dapat mempengaruhi sebuah kelompok tertentu.

Pengaruh Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan dua orang atau lebih yang membentuk suatu kesatuan dan saling melakukan interaksi sosial.

Dalam buku berjudul Sosiologi Suatu Pengantar, pengertian kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto adalah kesatuan manusia yang saling hidup bersama karena saling berhubungan secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

Contoh Kelompok Sosial
– Kelompok okupasional, contohnya: kelompok profesi, seperti asosiasi sarjana farmasi, ikatan dokter indonesia, dan lain-lain.

– Kelompok formal dalam organisasi, contohnya: unit kepolisian lalu lintas terdiri atas bagian-bagian, yaitu bagian administrasi, lapangan atau patroli, logistik, pembinaan atau penyuluhan.

Pengaruh Kelompok Sosial Dalam Masyarakat

Sebagai makhluk sosial kita harus paham proses terbentuknya kelompok sosial di dalam masyarakat. Kelompok sosial dibentuk karena adanya sekelompok orang yang saling berinteraksi demi mencapai tujuan bersama. Setiap anggotanya terdiri dari berbagai kalangan sehingga akan menghasilkan ide-ide baru.

Kelompok sosial mempunyai berbagai macam fungsi yang berguna bagi individu dan masyarakat umum.

Inilah beberapa fungsi kelompok sosial bagi masyarakat yang perlu dipahami, yakni :

  1. Sebagai pembentuk Norma dan Nilai Sosial

Kelompok sosial berfungsi dalam membentuk norma dan nilai sosial supaya dapat terwujudnya keteraturan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Tidak hanya itu saja setiap masyarakat harus memiliki kesadaran terhadap nilai dan norma, dengan begitu akan tercipta keteraturan sosial yang baik.

  1. Sebagai pembentuk struktur sosial di masyarakat

Struktur sosial merupakan suatu tingkatan di dalam masyarakat. Dengan adanya struktur sosial kemungkinan ada penekanan terhadap pelanggaran norma, nilai dan peraturan kelompok sosial.

Setiap anggota yang tergabung didalam kelompok sosial tentunya memiliki pengetahuan dan keyakinan yang baik pula, sehingga bisa menjadi alat analisis terhadap masyarakat.

  1. Pengawas sosial dan tekanan sosial

Bagi masyarakat kelompok sosial berfungsi dalam hal mengawasi para anggotanya agar tidak melakukan penyimpangan sosial. Pada prinsipnya setiap anggota harus mematuhi nilai dan norma yang terkandung di dalamnya.

Tujuanya adalah untuk mencegah serta mengurangi perbuatan yang bertentangan dengan aturan yang telah disepakati bersama.

Fungsi Bagi Individu

Selain berfungsi bagi masyarakat kelompok sosial juga mempunyai fungsi bagi setiap individu, seperti :

  1. Penyelesaian Masalah

Sering sekali kita jumpai masalah yang ada di masyarakat namun sulit untuk menyelesaikanya. Dengan terbentuknya kelompok sosial diharapkan bisa memberikan penyelesaian terhadap permasalahan yang sering terjadi sesama anggota.

Untuk penyelesaian masalah yang ada bisa dilakukan secara musyawarah atau diskusi dengan menghadirkan pihak-pihak yang terlibat sampai mencapai kata damai.

  1. Sarana menjalin hubungan sosial antar sesama

Bagi setiap individu kelompok sosial memiliki fungsi sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan individu dalam melakukan hubungan sosial.

Dengan ikut didalam kelompok sosial setiap individu bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan anggota kelompok lainnya. Sehingga akan terwujud hubungan yang baik bagi diri mereka.

  1. Sarana pendidikan

Kelompok sosial bagi setiap individu mewariskan nilai-nilai kebudayaan bangsa, memberikan ilmu pengetahuan yang layak sehingga individu mampu memiliki pola pikir kritis dan kreatif.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Pengaruh Sosial dan Dinamika Kelompok, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah membaca.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *