Langkah Meningkatkan Keamanan Jaringan

Keamanan Jaringan

Keamanan Jaringan – Diera teknologi yang semakin canggih saat ini, kebutuhan akan jaringan semakin meningkat. Hampir semua kegiatan memerlukan jaringan. Penggunaan jaringan saat ini bisa diibaratkan sebagai makanan pokok manusia.

Begitu juga kebutuhan akan penggunaan jaringan semakin meningkat setiap harinya. Mulai dari kegiatan belajar, berdagang atau berjualan hingga berbisnis dilaksanakan secara daring atau online yang bergantung pada jaringan.

Ternyata penggunaan jaringan tidak selalu aman. Bahaya dan kejahatan selalu mengintai meskipun kamu tidak keluar rumah. Jika dahulu pelaku kejahatan keluyuran di malam hari untuk mencari korban sekarang para penjahat juga mengikuti perkembangan zaman.

Mengikuti perkembangan teknologi, bahaya dan gangguan menjadi ancaman yang cukup serius terutama kejahatan cyber. Menyadari hal tersebut, banyak orang yang berusaha untuk meningkatkan keamanan jaringan di website, database internal, atau aplikasi keuangan.

Untuk melindungi data diri  dan informasi penting lainnya dari pelaku kejahatan diperlukan sistem keamanan yang kuat. Saat ini banyak jenis keamanan pada jaringan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna internet. 

Terutama untuk perusahaan diperlukan keamanan pada jaringan yang berlapis untuk melindungi database perusahaan agar tidak bocor dan dibobol oleh hacker. Cyber attack jelas merugikan perusahaan, mulai dari kebocoran informasi hingga kerugian secara materi. 

Seiring perkembangan teknologi, macam-macam keamanan pada jaringan mulai hadir untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Network security atau keamanan jaringan yang kehadirannya dinantikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas, apa itu network security? Apa manfaatnya bagi perusahaan? Tenang, di artikel ini Dewaweb akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara ringkas dan lengkap. Simak sampai selesai, ya!

Keamanan Jaringan Adalah

Diera digitalisasi seperti saat ini, dalam jaringan pada komputer, cyber crime merupakan salah satu ancaman yang sangat merugikan penggunanya. Jika keamanan jaringan kamu sudah bocor dan diketahui orang lain maka data penting dan aplikasi kamu bisa diakses orang lain. 

Sistem keamanan pada jaringan atau yang dikenal dengan istilah  network security memiliki pengertian yang beragam. Secara umum keamanan jaringan mencakup banyak teknologi, perangkat, dan proses. 

Secara singkat, sistem keamanan pada jaringan adalah seperangkat aturan dan konfigurasi yang dirancang untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan aksesibilitas jaringan komputer dan data menggunakan teknologi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Secara sederhana keamanan pada jaringan dapat disebut sebagai sebuah sistem yang bertugas untuk mengidentifikasi dan mencegah akses tidak diketahui pada suatu jaringan. Tujuannya agar akses penyusup pada sistem jaringan tersebut dapat segera dihentikan.

Selain itu, keamanan pada jaringan juga berfungsi untuk mengantisipasi ancaman serangan yang berpotensi merusak sistem keamanan jaringan. Keamanan jaringan sangat penting baik untuk perusahaan maupun penggunaan pribadi. 

Karena saat ini banyak pengguna yang kehilangan saldo di rekening karena keamanan jaringan sudah tidak aman. Nah, untuk menjaga agar keamanan jaringan tidak bocor dan terlindungi dari berbagai ancaman dan kejahatan cyber crime,

Keamanan jaringan melibatkan akses pengguna ke data yang ada di dalam suatu jaringan. Sebagai proteksi keamanan jaringan yang paling umum yang biasanya digunakan adalah penggunaan username dan password.

Menjaga keamanan pada komputer dan jaringan penting dilakukan baik untuk jaringan rumah maupun dunia bisnis. Jaringan yang dipasang dirumah dengan koneksi internet berkecepatan tinggi memiliki satu atau lebih router nirkabel dapat dieksploitasi jika tidak diamankan dengan baik. 

Sistem keamanan jaringan yang solid membantu membantu mengurangi resiko kehilangan data, pencurian, dan sabotase. Keamanan jaringan juga berfungsi memastikan kemampuan sistem berjalan tanpa hambatan apapun. 

Mengapa Keamanan Dalam Jaringan Lokal Sangat Rentan

Dengan menjaga keamanan pada jaringan kamu bisa merasakan beberapa manfaat yaitu sebagai berikut: 

  • Memproteksi sistem jaringan dari serangan virus seperti malware, spyware, dan sebagainnya;
  • Meminimalisir risiko sabotase dan pencurian informasi sensitif;
  • Memastikan semua informasi dan data di jaringan tetap aman tanpa modifikasi mencurigakan; dan
  • Mendeteksi aktivitas dan akses mencurigakan dari pengguna tidak sah.

Sayangnya keamanan pada jaringan lokal sangat rentan terhadap cyber crime. Jaringan lokal dapat dengan mudah dibobol oleh seorang hacker untuk mengambil data penting.

Keamanan jaringan lokal sangat rentan disebabkan karena infrastruktur dan sistem keamanan yang digunakan tidak mampu mengatasi gangguan besar yang muncul.

Langkah-langkah Meningkatkan Keamanan Jaringan

1. Enkripsi Data

Menggunakan enkripsi adalah cara yang efektif untuk melindungi data yang dikirim melalui jaringan. Pastikan data sensitif Anda dienkripsi menggunakan protokol keamanan seperti HTTPS.

2. Firewall yang Kuat

Memasang firewall yang kuat adalah langkah penting dalam menjaga keamanan jaringan. Firewall dapat memblokir akses yang tidak diinginkan ke jaringan Anda dan melindungi data Anda dari ancaman luar.

3. Pembaruan Teratur

Selalu perbarui perangkat keras dan perangkat lunak jaringan Anda. Pembaruan ini sering kali mengatasi kerentanan keamanan yang baru ditemukan.

4. Manajemen Akses

Batasan akses ke jaringan Anda hanya untuk orang-orang yang membutuhkannya. Ini dapat dilakukan dengan menerapkan sistem autentikasi yang kuat dan mengatur izin dengan hati-hati.

5. Pelatihan Karyawan

Pendidikan dan pelatihan karyawan Anda tentang keamanan jaringan sangat penting. Mereka harus tahu bagaimana menghindari serangan phishing, cara menggunakan kata sandi yang kuat, dan mengidentifikasi tanda-tanda serangan siber.

Demikian informasi mengenai pentingnya sistem keamanan jaringan. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *