Diagram Batang: Kegunaan Dan Fungsinya

Diagram Batang

Diagram Batang – Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyajikan data, salah satunya dengan menggunakan diagram batang. Selain mudah diterapkan, diagram batang juga efektif digunakan karena bentuk persegi panjangnya dapat mewakili frekuensi nilai tertentu.

Diagram batang juga paling cocok digunakan untuk melihat fluktuasi data. Diagram batang merupakan jenis grafik yang digunakan untuk menunjukkan dan membandingkan kuantitas data dalam kategori yang berbeda. 

Selain itu, diagram batang juga bisa dipakai untuk membandingkan perubahan data penelitian dalam periode tertentu. Diagram batang memiliki bentuk persegi panjang yang vertikal maupun horizontal dengan lebar yang sama. 

Sumbu vertikal pada diagram batang berfungsi untuk menunjukkan ukuran atau jumlah angka dari objek data yang disajikan. Sementara sumbu horizontal pada diagram batang menunjukkan nama objek data yang akan disajikan dalam diagram.

Diagram Batang Daun 

Diagram batang daun (steam and leaf diagram) menyajikan penyebaran dari suatu data sehingga secara keseluruhan data individu-individu dapat terlihat apakah ada kecenderungan data tersebut menyebar atau memusat pada suatu nilai tertentu, atau nilai manakah yang paling sering muncul dan yang jarang muncul. 

Data kuantitatif (berbentuk angka) akan disajikan dengan menggunakan diagram batang daun serta ditata menjadi dua bagian. Angka pertama ditempatkan pada bagian diagram yang disebut batang, dan angka kedua dan seterusnya (kalau ada) ditempatkan pada bagian yang disebut daun. 

Jadi, suatu data yang merupakan suatu bilangan, misalnya 95, akan dipisahkan sebagai 9 dan 5, sedangkan 256 akan dipisahkan sebagai 2 dan 56 atau 25 dan 6. Untuk lebih memahami diagram batang daun, perhatikan contoh berikut.

Nilai ulangan umum fisika dari 36 siswa adalah sebagai berikut.

Diagram Batang

Jika datai ini tidak disusun dalam suatu diagram maka tidak segera terlihat kecenderungan penyebarannya. Gambar berikut ini menyajikan diagram batang daun untuk data yang tersedia.

Diagram Batang

Jika kita hanya memperhatikan daftar nilai matematika yang belum disusun dalam suatu diagram maka tidak begitu jelas bagi kita untuk mengetahui nilai manakah yang paling banyak muncul. 

Namun secara kasar kita hanya dapat mengatakan bahwa nilai-nilai tersebut berkisar di antara 40 dan 90. Artinya ada nilai 40-an, 50-an, 60-an, 70-an, 80-an, dan 90-an.

Untuk membuat suatu diagram batang daun untuk data nilai-nilai ulangan fisika yang masing-masing terdiri dari dua angka seperti pada situasi di atas, kita tetapkan angka puluhan sebagai bagian batang dan angka satuan sebagai bagian daun.

Setelah mengamati angka-angka puluhan itu, maka tempatkan angka-angka itu pada kolom khusus untuk batang dan angka-angka satuan pada kolom daun. 

Angka-angka puluhan dapat ditempatkan secara berurutan sejak awal, namun angka satuan (bagian daun) mungkin bisa diurutkan sejak awal tetapi kemudian dapat diatur agar angka-angka satuan pada bagian daun juga dapat tersusun seperti pada gambar di bawah.

Berikut ini disajikan suatu diagram batang daun tentang nilai dari dua kali ulangan fisika.

Diagram Batang

Jika diagram batang daun ini diperhatikan, maka tampak bahwa tes kedua lebih baik dari tes pertama. Hal ini tampak dari nilai tes kedua lebih mengumpul di tengah, serta ada peningkatan pada siswa yang memperoleh nilai di atas 80.

Diagram Batang Statistika 

Diagram sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diagram digunakan dalam berbagai bidang seperti statistika dan informatika. Dalam bidang statistika, diagram disajikan untuk menyampaikan informasi berupa data yang memuat informasi tertentu.

Dengan menggunakan diagram, penyampaian informasi (data) dapat dengan mudah dipahami pembaca. Selain untuk menyajikan data, diagram digunakan pula untuk menyajikan suatu prosedur  atau algoritma tertentu dalam pemrograman (informatika).

Macam-Macam Diagram

  • Diagram Batang

Diagram batang merupakan salah satu jenis diagram yang menyajika data dalam bentuk bar atau persegi panjang. Panjang pendeknya bar dalam diagram batang mewakili nilai atau data tertentu.

Diagram batang biasanya digunakan untuk mengetahui perkembangan nilai dari suatu data dalam jangka waktu tertentu maupun suatu jenis data dengan beberapa klasifikasi.

  • Diagram Garis

Diagram garis merupakan menampilkan data berupa garis penghubung titik-titik yang memiliki nilai tertentu. Dalam penggunaannya, diagram garis memiliki fungsi yang sama dengan diagram batang yaitu menyajikan data dalam kurun waktu tertentu.

Sumbu mendatar dalam diagram garis menunjukkan waktu dan garis tegak menunjukkan nilai atau data yang diamati.

  • Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran merupakan suatu diagram yang menyajikan nilai atau data dalam bentuk lingkaran. Data yang disajikan dibagi dalam beberapa bagian lingkaran yang mewakili nilai tertentu.  

  • Diagram Venn

Diagram Venn merupakan jenis diagram yang didalamnya memuat elemen-elemen dari suatu himpunan. Dengan menggunakan diagram venn memungkinkan suatu elemen himpunan yang beririsan disajikan menggunakan diagram tersebut.

  • Diagram Alir

Diagram alir adalah diagram yang digunakan untuk menyajikan suatu informasi berupa prosedur atau algoritma tertentu. Informasi dalam diagram alir juga dapat berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.

Demikianlah pembahasan mengenai diagram batang. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua mengenai materi ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *