Nama Alat Hadroh dan Cara Memainkannya

Nama Alat Hadroh

Nama Alat Hadroh – Hadroh merupakan  sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Alat ini terdiri dari beberapa jenis rebana seperti rebana ud, rebana lima dan rebana enam.

Hadroh memiliki perbedaan dengan alat musik tradisional lainnya seperti Marawis yang berasal dari Arab Saudi. Cara memainkannya adalah dengan menabuh rebana-rebana yang terdapat pada hadroh dengan tangan.

Ada juga varian hadroh modern yang memiliki nama yang berbeda seperti bass, meskipun prinsip dasarnya tetap sama yaitu menghasilkan suara melalui tabuhan pada alat rebana yang terdapat pada hadroh.

Hadroh terbagi dalam beberapa alat musik yang bekerja bersama untuk membuat formasi yang ritmis dan merdu. Instrument ini mencakup :

  • Rebana

Rebana ialah instrument khusus Hadroh. Ini ialah drum besar berkepala dua, umumnya dibuat dari kayu dan kulit binatang. Rebana berperan sebagai tulang punggung ritmis dari ansambel.

  • Marawis

Marwas kecil, drum pegang dengan 1 kepala. Mereka dimainkan ke-2 tangan dan menambah skema irama yang sulit pada keseluruhnya suara Hadroh.

  • Simbal 

Simbal, dikenal juga sebagai “ceng-ceng” atau “kromong,” ialah instrument perkusi logam yang dihantamkan bersama untuk hasilkan suara bersuara tinggi yang tajam. Mereka menunjukkan elemen ritmis Hadroh.

  • Seruling dan Sitar

Pada beberapa macam Hadroh, seruling dan sitar dipakai untuk membikin susunan melodi. Instrument ini menambahkan kedalaman dan serasi pada performa ansambel.

Nama Alat Hadroh dan Cara Memainkan Musik

  • Rebana Hadroh

Rebana hadroh merupakan jenis alat musik rebana yang dimainkan bukan dengan cara dipukul biasa, melainkan dilakukan dengan cara dipukul seperti pada saat memainkan alat musik gendang. 

Rebana hadroh sendiri terdiri dari 3 instrumen rebana, yakni ada bawa, ganjil dan juga gedung.

Bawa biasanya berperan sebagai komando dengan irama pukulan yang lebih cepat, ganjil biasanya berperan untuk saling mengisi dengan bawa dan gedung digunakan sebagai bass. Cara memainkan nya dipukul sesuai aturan dari nada

  • Bass Hadroh Habsyi

Yang perlu Anda ketahui bahwa Bass hadroh ini memiliki beragam motif mulai dari motif polos, motif ukiran, bahkan hingga motif air brush.

Bass Hadroh terbuat dari kayu yang kemudian dihaluskan dan selesai hingga siap digunakan. Memiliki ukuran standar atau umum yaitu Diameter 40 cm atau 16 incii untuk mikro. 

Biasanya bass hadroh memiliki mitra setia bernama Tung Tam. Cara memainkan nya di petik sesuai nada

  • Tung Tam Hadroh

Bass hadroh tidak akan terlepas dari alat yang satu ini bernama “Tung Tam Hadroh” yang dapat Anda cari di internet. 

Banyak juga orang yang jual hadroh seperti ini, tung tam memiliki dua jenis, yang pertama adalah kulit dan yang kedua adalah mika, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Dewan Sholawat. 

Ukuran kompor umumnya berdiameter 25 cm, tetapi jika kompor terbuat dari mika, biasanya menggunakan ukuran 8 incii hingga 10 inci. Mereka yang telah menggunakan tung mika pada saat ini adalah kelompok hadroh besar syubbanul muslimin. 

Tam juga sama dengan bass yang merupakan kunci dari permainan musik hadroh. Tam di sini berfungsi sebagai pemain bass sehingga antara bass dan tam harus saling berkoordinasi untuk menghindari kesalahan saat memainkannya

  • Darbuka Hadroh/Dumbuk

Ada banyak nama alat ini seperti Calty, Dumbuk, dan siapa tahu berapa banyak yang ada di seluruh Indonesia. Terbuat dari kayu dan ada juga bahan cor aluminium, lebih sedikit untuk Anda lihat dalam salah satu contoh gambar di atas. 

Darbuka memiliki ukuran mulai dari 8 inci, 83/4 inci hingga 9 inci. Bisa juga terbuat dari keramik jika darbuka diterima dari impor.  

Dumbuk adalah alat musik seperti drum yang berbentuk seperti burung kormoran, alat ini adalah salah satu alat yang paling populer untuk anak muda karena suara yang dihasilkan sangat bagus. 

Perbedaannya adalah ketukan dan darbuka yaitu bahan jika penumbukan pada umumnya masih menggunakan kayu atau suka sementara Darbuka sudah menggunakan aluminium dan suara lebih keras. Cara memainkan nya dipukul sesekali sesuai aturan dari nadanya.

Nama Alat Musik Hadroh Apa Saja 

Alat musik hadrah merupakan satu set alat musik rebana lengkap yang terdiri dari bass hadrah, rebana, tamborin, dan juga marawis.

Hadrah selalu menyemarakkan acara-acara Islam seperti peringatan Maulid Nabi, Tabligh Akbar, perayaan tahun baru Hijriyah, dan peringatan hari-hari besar Islam lainnya.

Hingga saat ini di masyarakat Indonesia hadrah telah berkembang pesat sebagai musik yang mengiringi pesta pernikahan, sunatan, kelahiran bayi, acara festival seni musik Islami dan dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolahan, pesantren, remaja masjid dan majelis taklim.

Hadrah biasanya sering terlihat ketika di acara ketika melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya ketika Maulid, Sholawatnya diiringi dengan lantunan nada indah dari hadrah, alat musik hadrah yakni ada Bass, dan alat hadrah yang kecil, pukulan hadrah ada Tanya dan Jawab,

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Nama Alat Hadroh, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.      

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *