Contoh Pembagian Mudah Dan Penerapannya Harta Warisan

Contoh Pembagian

Contoh Pembagian Mudah Dan Penerapannya – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Contoh Pembagian.

Contoh Pembagian Bersusun

Pembagian merupakan sebuah operasi dasar matematika dan kebalikan dari perkalian. Pembagian dipakai untuk menghitung hasil suatu bilangan terhadap pembaginya. Simbol pembagian yaitu “÷”, “:” atau garis miring / sedangkan perkalian disimbolkan tanda “x”.

Pembagian dan perkalian ini sudah dapat kita pelajari di sekolah dasar untuk menghitung angka sederhana. Perkalian dan pembagian dasar bisa diajarkan pada anak-anak dari bilangan 1 sampai 10.

Cara mengajarkan pembagian atau perkalian ini kepada anak dengan teknik berhitung dan menghafal perkalian dan pembagian.

Cara mudah mengerjakan pembagian yaitu mengajari anak-anak untuk menghitung perkalian. Dalam operasi pembagian, perkalian diubah menjadi pembagian. Berikut rumus dan contoh mengerjakan pembagian dasar.

Rumus Pembagian Dasar

c x b = a

a : b = c

Keterangan:

a disebut sebagai angka yang dibagi (divinden)

b disebut sebagai pembagi (divisor)

c disebut sebagai hasil pembagian (quotient)

Pembagian bisa dibuat simbol garis miring atau bentuk pecahan. Syaratnya b tidak sama dengan 0, atau hasil pembagian dapat terdefinisi.

Cara termudah selanjutnya adalah menghafalkan tabel pembagian dari angka 1 sampai 10. Tabel Pembagian Angka 1 Sampai 10 Tabel Pembagian.

Pembagian Bersusun Porogapit adalah metode pembagian menggunakan garis bantu. Pembagian bersusun diuraikan terlebih dahulu menjadi bilangan yang bisa dibagi habis dengan pembagi.

Pembagian bersusun disebut juga porogapit. Porogapit menggunakan garis bantu yang mengapit pembagi (divisor) dengan angka yang dibagi. Porogapit disebut juga pembagian bersusun untuk menghitung bilangan lebih dari 10.

Caranya memilih terlebih dahulu bilangan pembagi menurut nilai tempat bilangan. Pembagian bisa dibagi berdasarkan satuan, puluhan, hingga ratusan.

Penyederhanaan pembagian ini berguna untuk menghitung nilai besar.

Contoh Penyederhanaan Bilangan 512: 8 = (500 + 10 + 2) : 8 = (400 + 100 + 10 + 2) : 8 = ( 400 + 80 + 20 + 10 + 2 ) : 8 = (400 + 80 + 32) : 8 = (400 : 8) + (80 : 8) + (32 : 8) = 50 + 10 + 4 = 64 Contoh tersebut yaitu mengurutkan bagian kecil berdasarkan nilai tempat.

Misalnya, jika 500 tidak bisa dibagi 8, maka dikurangi 100 menjadi 400. Kemudian besaran bilangan ini dibagi dengan 8. Bilangan lain bisa disederhanakan supaya bisa dibagi 8.

Contoh Pembagian Harta Warisan

Penerapan materi pembagian pada Pembagian Harta Warisan.

Dalam fiqih hukum waris Islam, terdapat tiga rukun waris yang wajib dipenuhi sebelum pembagian harta warisan dilakukan. Tiga rukun tersebut adalah:

1. Al-muwarrith

Yaitu orang yang mewariskan hartanya. Al-muwarrith bisa berasal dari orang tua, kerabat, atau salah satu di antara suami dan istri, dapat pula dikatakan bahwa pewaris itu adalah seseorang yang telah meninggal dunia dan meninggalkan sesuatu yang dapat beralih kepada keluarganya yang masih hidup.

2. Al-wârits

Al-wârits adalah orang yang mewarisi. Artinya, orang yang memiliki tali persaudaraan dengan seseorang yang telah meninggal dunia dan juga beberapa alasan lainnya yang menyatakan dia berhak mewarisi harta tersebut.

Dengan demikian, seseorang dinyatakan sebagai ahli waris, jika masih hidup, tidak ada penghalang bagi dirinya sebagai ahli waris, dan tidak tertutup oleh ahli waris utama.

  1. Al-maurûts

Al-maurûts dapat berupa harta maupun hak-hak pewaris yang memungkinkan untuk diwariskan kepada ahli warisnya. Harta tersebut dapat berupa harta bergerak maupun tidak bergerak yang dimiliki penuh oleh pewaris maupun oleh wakilnya atau kuasanya.

Sebagai informasi, mengenai rukun yang ketiga, harta warisan baru bisa dilakukan pembagiannya kepada ahli waris setelah melaksanakan empat jenis pembayaran yaitu:

  • zakat atas harta pusaka atau harta warisan;
  • biaya mengurus jenazah;
  • utang piutang pewaris; dan
  • wasiat pewaris.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Contoh Pembagian. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *