Keliling Segienam Dan Contoh Soalnya

Keliling Segienam

keliling segienam – Benda yang berbentuk bangun datar beraturan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari sehari. Contoh bangun datar sering kita temui misalnya segitiga sama sisi dan segiempat. Bagaimana dengan segi enam? 

Pernahkah kamu menemukan benda yang berbentuk segi enam dalam kehidupan sehari hari? Mungkin jarang kamu menemui benda yang berbentuk segienam. meskipun jarang ada banyak benda yang memiliki bentuk segi enam.

Salah satu contoh benda segi enam misalnya sarang lebah, paving block, pensil, kotak kado, Baut Mur, jam dinding hexagon dan masih banyak benda lainnya yang berbentuk segi enam. 

Lantas bagaimana cara menghitung luas dan keliling segi enam? Jika menghitung luas dan keliling segitiga atau segiempat mungkin kamu sudah bisa karena sering dipelajari di sekolah.

Penasaran nggak sih sama rumus mencari luas dan keliling segienam? Daripada penasaran yuk simak informasi dibawah ini!

Keliling Segi Enam Beraturan Adalah

Sebelum dijelaskan mengenai rumus mencari keliling segi enam terlebih dahulu akan dijelaskan apa sih yang dimaksud dengan segi enam.

Segi enam adalah bangun datar yang memiliki enam buah sisi dan enam buah titik sudut. Bangun datar segi enam terdiri atas 2 jenis yaitu: segi enam beraturan dan segi enam tidak beraturan.

Segi enam yang memiliki sisi sama panjang dan sudut sama besar disebut segi enam beraturan. Bentuk segi enam beraturan disebut juga dengan hexagon. Sedangkan segi enam yang memiliki sisi yang tidak sama panjang dan sudut yang tidak beraturan atau sama besar disebut segi enam tidak beraturan.

Segi enam beraturan memiliki sifat sifat yaitu sebagai berikut:

  1. Segi enam memiliki 6 titik sudut dan 6 sisi yang sama panjang
  2. Segi enam memiliki 6 sudut yang sama besar dan 9 garis diagonal
  3. Segi enam memiliki 6 simetri putar dan 6 simetri lipat

Besar sudut dalam yang ada pada segi enam adalah 120 derajat. Segi enam memiliki 6 simetri garis dan 6 simetri putar. 

Diagonal terpanjang dari sebuah segi enam adalah yang menghubungkan dua titik sudut berseberangan, panjang garis diagonal tersebut mencapai dua kali dari panjang satu sisi segi enam. Jadi, segi enam ini dapat dibagi menjadi enam buah segitiga sama sisi.

keliling segienam

Gambar di atas menunjukkan bahwa segi enam dapat dibentuk dari enam buah segitiga.

Rumus Keliling Segi Enam

Seperti rumus keliling bangun datar lainnya, keliling segi enam merupakan hasil penjumlahan seluruh sisinya. Karena segi enam memiliki 6 sisi, untuk mencari kelilingnya cukup menjumlahkan ke-6 sisinya atau sisinya dikalikan 6.

Secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut:

K = 6 x s

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Jika sebuah segienam memiliki panjang sisi 10 cm, berapa keliling segi enam tersebut?

Jawab:

K = 6 x s = 6 x 10 = 60 cm

2. Hitunglah keliling segi enam berikut jika diketahui panjang sisinya 13 cm!

Jawab:

K = 6 x s = 6 x 13 = 78 cm

Nah, apakah sudah paham cara mencari keliling segienam? Semoga dapat dipahami ya.Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *