Sistem Endokrin Pada manusia dan Hewan

Sistem Endokrin

Sistem Endokrin – Pernahkan kamu mendengar  sistem Endokrin? Sistem endokrin pada manusia memiliki fungsi penting agar tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Banyak yang kesulitan mengontrol emosi, sering uring-uringan atau ngambek ga jelas ke pasangan pada saat menstruasi. Apapun yang dilakukan orang lain akan mudah menyulut emosi tanpa sebab. Biasanya perubahan mood tersebut disebabkan karena hormon.

Pernahkah kamu merasa deg- degan tanpa sebab? Jantung akan berdetak kencang ketika akan melakukan sesuatu hal yang penting misalnya ketika akan tampil dalam sebuah perlombaan atau wawancara kerja, dan ketika kamu naik roller coaster?

kenapa bisa jantung berdetak dengan cepat? Apakah yang mempengaruhi perubahan sikap seseorang? Apakah juga disebabkan karena hormon? 

Yups benar sekali! Meningkatnya detak jantung secara cepat  alias deg-degan merupakan salah satu akibat dari kerja sistem endokrin, atau yang biasa disebut juga sebagai sistem hormon.

Lantas apakah yang dimaksud dengan sistem endokrin? Apakah perbedaan sistem endokrin pada manusia dan hewan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini!

Sistem Endokrin Pada Manusia

Sistem endokrin merupakan sekumpulan kelenjar dan organ yang berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan hormon ke dalam tubuh manusia. Kelenjar pada sistem endokrin disebut juga sebagai kelenjar endokrin.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan hormon langsung pada aliran darah untuk mempengaruhi organ atau jaringan lainnya pada tubuh manusia. Banyak organ dan jaringan tubuh manusia yang kerjanya dipengaruhi oleh hormon ini.

Hormon merupakan bahan kimia atau senyawa organik yang terdapat di dalam aliran darah yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Zat ini juga berfungsi dalam membawa pesan melalui darah menuju organ, kulit, otot, dan jaringan lainnya di dalam tubuh manusia.

Pesan yang disampaikan tersebut akan memberitahu tubuh untuk melakukan sesuatu hal dan kapan akan dilaksanakan pesan tersebut. Kinerja organ dan jaringan yang terdapat pada tubuh manusia sangat bergantung pada kinerja sistem endokrin dan hormon yang dihasilkannya. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan agar sistem organ dan jaringan pada tubuh kita dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya atau berfungsi secara normal.

Meskipun hormon endokrin mengalir bebas di dalam darah, namun hormon tersebut memiliki sifat sifat tertentu. Jenis hormon tertentu akan mempengaruhi kinerja sel dan melakukan respon yang sesuai dengan pesan yang disampaikan.

Misalnya ada hormon yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan gerak refleks ketika menginjak benda yang panas, atau jantung kita akan deg-degan ketika melakukan sesuatu yang menantang akibat pengaruh hormon adrenalin. 

Kelenjar endokrin dalam tubuh terdiri dari kelenjar hipofisis, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pineal, dan pulau langerhans pada pankreas. Kelenjar endokrin memiliki struktur dan fungsi yang berbeda satu sama lain. 

Berbagai jenis hormon tersebut membantu mengendalikan sejumlah fungsi tubuh, seperti: proses metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan, emosi dan suasana hati, fungsi seksual dan reproduksi, siklus tidur, hingga detak jantung dan tekanan darah.

Sistem endokrin mempunyai 5 fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Membedakan sistem saraf dan sistem reproduktif pada janin yang sedang berkembang
  2. Menstimulasi urutan perkembangan
  3. Mengkoordinasi sistem reproduktif
  4. Memelihara lingkungan internal optimal
  5. Melakukan respons korektif dan adaptif ketika terjadi situasi darurat.

Sistem Endokrin Pada Hewan

Sistem endokrin dapat dijumpai pada semua golongan hewan, baik vertebrata maupun invertebrata. Pada umumnya, sistem endokrin pada hewan bekerja untuk mengendalikan berbagai fungsi fisiologi tubuh, antara lain aktivitas metabolisme, pertumbuhan, reproduksi, regulasi osmotik, dan regulasi ionik.

Sistem endokrin atau hormon dari sistem saraf secara bersama lebih dikenal sebagai super sistem neuroendokrin yang bekerja sama secara kooperatif untuk menyelenggarakan fungsi kendali dan koordinasi pada tubuh hewan. 

Demikian pembahasan mengenai Sistem Endokrin pada manusia dan hewan. Terima kasih telah singgah semoga bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *