Pengertian Aritmatika Komputer Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Aritmatika

Pengertian aritmatika – Aritmatika dari kata bahasa Yunani arithnos = angka atau dulu disebut ilmu hitung merupakan cabang (atau pendahulu) matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Oleh orang awam, kata “aritmetika” sering dianggap sebagai sinonim dari teori bilangan.

Aritmatika merupakan bagian dari matematika yang mempelajari tentang operasi dasar bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian).

Operasi aritmatika dasar adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, meskipun mata pelajaran ini juga mencakup operasi yang lebih maju. 

Seperti manipulasi persentaseakar kuadrat s, eksponenfungsi logaritmik, dan bahkan fungsi trigonometri, dalam nada yang sama seperti logaritma (prosthaphaeresis). Ekspresi aritmatika harus dievaluasi sesuai dengan urutan operasi yang dimaksudkan. 

Ada beberapa metode untuk menentukan ini, baik yang paling umum, bersama dengan notasi infix, secara eksplisit menggunakan tanda kurung dan bergantung pada Urutan operasi aturan prioritas, atau menggunakan notasi awalan atau postfix, yang secara unik memperbaiki urutan eksekusi sendiri. 

Kumpulan objek apa pun di mana keempat operasi aritmatika (kecuali pembagian dengan nol) dapat dilakukan, dan di mana keempat operasi ini mematuhi hukum biasa (termasuk distribusi), disebut bidang.[7]

Pengertian aritmatika komputer (H2)

Arithmatic and Logic Unit (ALU) adalah salah satu bagian atau komponen dalam system di dalam sistem computer yang berfungsi melakukan operasi atau perhitungan aritmatika dan logika, seperti : penjumlahan,pengurangan dan beberapa logika lain

ALU merupakan suatu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen perangkat elektronika termasuk di dalamnya sekelompok transistor, yang dikenal dengan nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan perintah dasar matematika dan operasi logika. 

Kumpulan susunan dari logic gate inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit seperti perintah “add” untuk menambahkan bilangan, atau “devide” atau pembagian dari suatu bilangan.

Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
· sama dengan (=)
· tidak sama dengan (<>)
· kurang dari (<)
· kurang atau sama dengan dari (<=)
· lebih besar dari (>)
· lebih besar atau sama dengan dari (>=)

Tugas dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya seperti pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. 

Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder.

Pengertian aritmatika sosial menurut para ahli

  • Irianto dan Kamil (2005) mengungkapkan bahwa aritmetika sosial adalah bagian dari ilmu matematika tentang perhitungan keuangan dalam kehidupan sehari-hari beserta aspek lainnya.
  • Anita, dkk. (2016) melanjutkan bahwa aritmetika sosial juga mempelajari materi yang berkaitan dengan jual beli, untung atau rugi, diskon dan bunga tunggal, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan perdagangan.
  • Aritmetika sosial merupakan salahsatu materi yang dianggap sulit bagi siswa meskipun langsung berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. 

Hal ini didukung oleh hasil penelitian Malik (dalam Anita, dkk., 2016) yang mengungkapkan bahwa sejumlah penelitian menunujukkan aritmetika sosial merupakan bahasan yang sulit bagi siswa walaupun dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Aritmatika sosial adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari hubungan angka-angka dengan kehidupan sosial. Pendek kata, seseorang yang menguasai ilmu ini maka akan menjalani kemudahan dalam kehidupan masyarakat.

Seperti dalam menjalani transaksi perdagangan maupun usaha. Karena setiap usaha tidak terlepas dari namanya untung dan rugi serta diskon ataupun investasi. Semua itu dapat terukur dan dihitung berdasarkan ilmu aritmatika sosial.

Adapun masalah-masalah sosial dapat dicarikan jalan keluar dan jawabannya dengan menguasai ilmu ini. 

Sebab pentingnya ilmu ini membuat pemerintah memasukkan materi aritmatika sosial pada mata pelajaran matematika yang diajarkan oleh guru kelas pada siswa siswi sejak duduk di bangku SD dan SMP.

Aritmatika sosial mempelajari banyak hal yang bersifat sosial. Contoh : pajak, bunga, netto, bruto, untung, rugi, rabat,  dan lain-lain.  

Untung dan rugi banyak dibicarakan oleh kalangan pengusaha dan pedagang. Sehingga pedagang yang menguasai ilmu ini dapat dengan mudah menentujan besaran laba atau rugi yang diperolehnya.

Sedangkan bagi kalangan investor sangat kental mendengar istilah bunga atau bagi hasil. Dengan ilmu dan penerapan aritmatika sosial juga dapat membantu pihak investor dalam menentukan besaran bunga yang akan didapatkan dan ingin diperoleh berdasarkan jangka waktu dan nominal uang yang harus disimpan.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai Pengertian aritmatika, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *