Ciri-Ciri Pasar dan Strategi Pemasaran yang Efektif

Ciri - Ciri Pasar

Ciri – ciri pasar – Pasar merupakan salah satu elemen penting dalam dunia bisnis. Memahami ciri-ciri pasar yang berbeda dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat dapat membantu perusahaan mencapai kesuksesan dan meningkatkan keuntungan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang ciri-ciri pasar.

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Pasar menurut kajian ilmu ekonomi adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu. 

Sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan, mengutip Cyril S. Belshaw dalam buku  Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern.

Beberapa pengertian pasar menurut beberapa para ahli adalah sebagai berikut:

  1. William J.Stanton

William J.Stanton berpendapat bahwa pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

  1. Kotler dan Amstrong

Kotler dan Amstrong berpendapat bahwa pengertian pasar merupakan seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. 

Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi.

Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, di mana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.

  1. Handri Ma’aruf

Kata “pasar” mempunyai 3 pengertian, antara lain;

1) Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli,

2) Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan”, merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli, dan 

3) Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli”, lebih merujuk pada 2 hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. 

Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.

Sementara menurut KBBI, pasar diartikan sebagai tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.

Fungsi dan Ciri-Ciri Pasar

Pasar berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk pelayanan bagi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai segi atau bidang. Menurut Soeratno (2003), pasar memiliki lima fungsi utama, yakni:

1) Pasar menentukan harga dan nilai barang. Permintaan barang yang meningkat menunjukkan kebutuhan masyarakat yang lebih banyak, sehingga mendorong produksi barang lebih banyak pula. 

Hal ini dikarenakan dalam jangka yang relatif singkat perusahaan tidak bisa menambah jumlah barang yang ditawarkan dengan seketika. Akibatnya harga barang naik.

2) Pasar mengorganisasi produksi. Harga barang akan menjadi acuan perusahaan dalam menentukan metode produksi yang paling efisien.

3) Pasar mendistibusikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.

4) Pasar menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan dimasa mendatang.

5) Pasar melakukan penjatahan.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan beberapa ciri-ciri pasar secara umum adalah:

  1. Terdapat calon pembeli dan penjual.
  2. Terdapat jasa ataupun barang yang hendak untuk diperjualbelikan.
  3. Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
  4. Terdapat interaksi diantara pembeli dan penjual baik itu secara langsung ataupun tidak langsung.

Ciri – Ciri Pasar Monopoli 

  • Tidak ada barang pengganti yang serupa 
    Barang yang diperjualbelikan dalam pasar monopoli tidak dapat digantikan dengan barang lain. Salah satu ciri-ciri pasar monopoli adalah barang tersebut menjadi satu-satunya produk dan tidak bisa ditemukan di perusahaan lain yang identik. 
  • Industri satu perusahaan 
    Barang atau jasa yang dihasilkan pasar monopoli adalah tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak memiliki pilihan lain jika ingin membeli produk tersebut. Para pembeli tidak bisa berbuat sesuatu dalam menentukan syarat jual-beli di pasar monopoli.
  • Promosi iklan yang dibutuhkan 
    Perusahaan dalam pasar monopoli menjadi satu-satunya produsen di pasar, jadi secara otomatis pembeli akan membeli produknya. Sehingga perusahaan sama sekali tidak membutuhkan iklan untuk promosi. Iklan yang dilakukan hanya untuk menjaga hubungan baik masyarakat, tidak bertujuan untuk promos.
  • Perusahaan lain sulit masuk dalam industri 
    Keuntungan yang didapat perusahaan pasar monopoli adalah tidak mendorong perusahaan lain untuk ikut dalam industri tersebut, yang disebabkan banyak hambatan yang kuat. 

Ciri – Ciri Pasar Persaingan Sempurna 

Pasar persaingan sempurna didefinisikan sebagai struktur pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli yang tidak memengaruhi keadaan di pasar. 

Pasar persaingan sempurna dianggap sebagai struktur pasar yang paling ideal karena menjamin terwujudnya kegiatan produksi barang dan jasa secara optimal.

Penjual dan pembeli dalam pasar ini memiliki jumlah yang sama rata banyaknya, sehingga menjadikan penawaran dan permintaan berjalan seimbang. 

Maka dari itu, pasar jenis ini disebut sebagai pasar persaingan sempurna, karena persaingan yang terjadi tidak dapat memengaruhi harga barang yang dijual.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk pasar paling klasik yang paling sering digunakan dalam analisis ilmu ekonomi. Dilansir dari laman BPMPK Kemdikbud, berikut adalah beberapa ciri-ciri pasar persaingan sempurna, yaitu:

  1. Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling sering ditemui, karena terdapat banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi jual beli.

Jumlah penjual dan pembeli yang banyak ini membuat harga barang maupun jasa relatif stabil, karena tidak dipengaruhi oleh besarnya jumlah pembelian.

Naik turunnya harga barang dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh banyaknya permintaan dan penawaran. Semakin tinggi tingkat permintaan, maka harga barang juga akan semakin tinggi.

  1. Barang dan Jasa yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Pasar persaingan sempurna menjual barang yang sifatnya homogen atau dapat digantikan dengan produk lain. Dengan kata lain, barang yang dijual di pasar persaingan sempurna dianggap bermutu sama, sehingga sulit dicari letak perbedaannya.

  1. Faktor Produksi Bebas Bergerak

Ciri lain dari pasar persaingan sempurna adalah memiliki faktor produksi seperti bahan baku maupun tenaga modal yang bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebab, pasar persaingan sempurna jarang menemui hambatan berupa peraturan maupun kendala teknik.

  1. Pembeli dan Penjual Mengetahui Keadaan Pasar

Pasar persaingan sempurna memungkinkan penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar, termasuk mengenai harga barang yang berlaku hingga kualitas dan kuantitas barang. 

Selain itu, penjual atau produsen juga dapat mengetahui informasi mengenai perubahan harga, penemuan sumber bahan mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.

  1. Produsen Bebas Keluar Masuk Pasar

Salah satu ciri yang menjadi keuntungan pasar persaingan sempurna adalah kemudahan bagi produsen untuk dapat keluar masuk secara bebas ke dalam industri. Dalam hal ini, produsen bebas membuka maupun menutup usahanya tergantung dengan kondisi pasar.

Nah itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai ciri – ciri pasar, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *