Panduan Ujian PTM: Tips Ampuh untuk Sukses

Ujian PTM

Ujian ptm- PTM adalah singkatan dari pembelajaran tatap muka. Hal ini artinya kegiatan belajar-mengajar dilakukan di sekolah secara langsung dengan memperhatikan sejumlah aturan protokol kesehatan.

Ujian Ptm Adalah

Ujian ptm adalah ujian sekolah yang dilakukan dengan tatap muka. Pembelajaran tatap muka adalah proses belajar yang dilakukan secara langsung/face to face antara siswa dan guru di sekolah. 

Sedangkan PTM terbatas adalah pembelajaran tatap muka yang dilakukan di sekolah dengan batasan-batasan tertentu seperti jumlah siswa dan guru, dan juga lama belajar di sekolah

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen perlu dilakukan kembali seiring menurunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PTM 100 persen bisa dilakukan dengan tetap mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri.

Menurut dia, PTM diperlukan untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian sekolah agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan jujur. Sebab, tidak semua guru dan terfasilitasi gadget dan internet dengan baik. Belum lagi soal teknologinya.

Adapun aturan mengenai PTM diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Pembelajaran di Masa Pandemi untuk tahun ajaran 2022.

Pelaksanaan PTM menyesuaikan dengan tingkat vaksinasi siswa hingga peserta didik. Pelaksanaan PTM juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Berikut adalah rincian aturan protokol kesehatan PTM seperti dilihat dari SKB 4 Menteri:
Menggunakan masker sesuai ketentuan yaitu
-Menutupi hidung, mulut dan dagu
-Menerapkan jaga jarak antar orang dan/atau antar kursi/meja paling sedikit 1 (satu) meter
-Menghindari kontak fisik
-Tidak saling meminjam peralatan atau perlengkapan belajar
-Tidak berbagi makanan dan minuman, serta tidak makan dan minum bersama secara berhadapan dan berdekatan
-Menerapkan etika batuk dan bersin
-Rutin membersihkan tangan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merespons keinginan sebagian orang tua agar anak-anak mereka ujian sekolah secara daring.

Keinginan itu konon datang dari masyarakat di daerah yang kembali menerapkan pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas. Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Suharti menyampaikan proses asesmen bisa dilakukan dengan berbagai metode, tidak hanya tes tertulis.


Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang ujian ptm, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *