Interpreter Dalam Ilmu Komputer

Interpreter

Interpreter Dalam Ilmu Komputer – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Interpreter.

Interpreter Meaning

Dalam ilmu komputer, Interpreter merupakan perangkat lunak yang berfungsi melakukan eksekusi sejumlah instruksi yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman, dan juga sebuah penerjemah.

Dengan kata lain dapat diartikan bahwa Interpreter diartikan sebagai berikut.

  • Mengeksekusi kode sumber secara langsung, atau
  • Menerjemahkannya ke dalam serangkaian p-code kemudian mengeksekusinya, atau
  • Mengeksekusi kode yang telah dikompilasi sebelumnya oleh kompiler yang merupakan bagian dari sistem penerjemahan.

Interpreter Python

Interpreter ini memiliki beberapa contoh dengan tipe yang bisa digunakan. Perl, Python, Ruby, dan MATLAB merupakan beberapa contoh perangkat lunak penerjemah bertipe 2.

Sementara itu, ada namanya Java termasuk dalam kategori tipe 3, tetapi dalam beberapa kasus Java dapat digolongkan pula ke dalam kategori tipe 2.

Meskipun penerjemahan dan kompilasi merupakan dua jenis mekanisme implementasi pada sebuah bahasa pemrograman, keduanya tidak berarti memiliki perbedaan secara signifikan.

Hal ini disebabkan cara kerja sebuah penerjemah dalam banyak hal adalah sama seperti halnya yang dilakukan oleh kompiler.

Penggunaan istilah “bahasa pemrograman terjemahan” dan “bahasa pemrograman kompilatif” umumnya digunakan sebatas untuk membedakan implementasi dari bahasa tersebut menggunakan model penerjemahan atau kompilatif.

Salah satu Interpreter yang sering digunakan adalah Interpreter Python. Python adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari oleh para pemula sehingga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer.

Interpreter Python ini memiliki beberapa kelebihan dalam pemrograman yaitu sebagai berikut.

  • Tersedianya gratis dan open-source
  • Bahasanya mudah dimengerti
  • Peluang kerja luas dengan gaji yang tinggi
  • Interpreter yang sangat populer dalam bahasa pemrograman
  • Interpreter dengan bahasa pemrograman yang sederhana

Semua jenis Interpreter itu memiliki kelebihannya masing-masing dalam pemrograman, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Interpreter. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *