Software Perangkat Lunak Komputer Engineer dan Developer

Software

Software Perangkat Lunak Komputer Engineer dan Developer – Software merupakan seperangkat instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Software ini diketahui sebagai sebuah program yang terdapat dalam komputer dan hanya bisa dilihat, sehingga perangkat lunak tersebut tidak dapat dirasakan fisiknya seperti halnya perangkat keras.

Istilah Software ini mengarah pada aplikasi, skrip, dan program-program yang berjalan di perangkat. Ketika pertama kali dikeluarkan, software hanya ditulis untuk komputer-komputer tertentu saja.

Software ini mulai dijual pada tahun 1980 berbentuk floppy disk. Kemudian mengalami perkembangan menjadi bentuk CD dan DVD. Saat ini, hampir semua software bisa dibeli dan diunduh langsung melalui internet.

Perangkat lunak Software ini, semakin bekembang zaman sudah dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan-layanan aplikasi.

Perangkat lunak Software terbaru ini bekerja dengan memberikan arahan dan data yang dibutuhkan oleh komputer, sehingga software bisa melakukan tugasnya dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Ada 2 dua kategori utama software, yaitu :

  • software aplikasi

merupakan perangkat lunak yang memenuhi spesifik atau melakukan tugas. Software aplikasi, berjalan dengan OS komputer dan program perangkat lunak sistem pendukung untuk bekerja

  • software sistem

merupakan software yang dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya.

Software ini memiliki perbedaan yaitu pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan software sistem. Hal ini dikarenakan software sistem berjalan di latar belakang untuk menangani fungsi dasar komputer.

Software Engineer

Software engineer adalah orang yang menggunakan ilmu komputer, prinsip-prinsip teknik dan pemrograman untuk membuat aplikasi software.

Seorang software engineer punya tanggung jawab utama untuk merancang, mengembangkan, menguji, sampai debugging aplikasi perangkat lunak.

Pekerjaan engineer banyak yang bersifat kolaboratif. Di samping membuat software sendiri, ia juga melakukan testing, memperbaiki, dan merawat software yang dikembangkan engineer lain.

Secara umum berikut tugas Software ini.

  • Mendesain dan merawat sistem software
  • Mengevaluasi dan testing program software baru
  • Mengoptimasi software untuk speed dan scalability-nya
  • Menulis dan menguji kode pemrograman
  • Memberikan konsultasi ke klien, sesama engineer, spesialis computer security, dan stakeholder lainnya

Software Developer

Software developer memiliki tugas untuk membuat program komputer dan memecahkan masalah teknis menggunakan kreativitas, pemikiran analitis, dan keterampilan pemecahan masalah mereka. Dengan dunia menjadi lebih digital, para profesional ini sangat diminati.

Software developer atau pengembang perangkat lunak adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun program komputer.

Software developer terlibat dalam setiap tahap proses pengembangan perangkat lunak, mulai dari mencari tahu apa yang dibutuhkan pengguna dan bagaimana mereka akan menggunakan software hingga meluncurkan aplikasi sampai selesai.

Dengan menggunakan keahliannya, software developer membuat program internal yang membantu bisnis menjadi lebih efisien atau membuat perangkat lunak yang dapat dijual di pasar terbuka. Selain itu, mereka dapat bekerja dalam tim atau sebagai freelance.

Software developer dianggap sebagai kekuatan kreatif di balik semua jenis program komputer. Mereka merancang dan menulis kode yang digunakan untuk membangun segala sesuatu mulai dari sistem operasi hingga aplikasi atau video game.

Tugas sehari-hari software developer bisa berupa:

  • Menganalisis kebutuhan pengguna perangkat lunak
  • Merancang, menguji, dan membangun program perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan pengguna
  • Membuat model dan diagram yang menguraikan kode untuk membuat perangkat lunak dan aplikasi
  • Melakukan pemeliharaan dan pengujian untuk menjaga perangkat lunak tetap berfungsi
  • Mendokumentasikan proses untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk peningkatan dan pemeliharaan

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Software. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *