Teknik Pertambangan UPN 2022, Ini Akreditasinya!

Teknik Pertambangan UPN

Teknik pertambangan upnTeknik Pertambangan merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses penambangan mineral berharga dan batubara. Fokus dari jurusan Teknik Pertambangan adalah kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan.

Kelebihan Teknik Pertambangan UPN adalah merupakan teknik Pertambangan yang umum dan menjabarkan keseluruhan tahapan dalam kegiatan pertambangan mulai dari kegiatan eksplorasi hingga pasca tambang.  

Adanya mata kuliah Perencanaan Tambang yang proses pembelajarannya juga dilakukan dengan langsung praktek dilapangan mulai dari penentuan lokasi, pemetaan, eksplorasi, perencanaan tambang hingga kegiatan penutupan tambang. 

Selain itu terdapat 4 kuliah lapangan yang terdiri

  • Praktek Lapangan 1 pengenalan Lapangan Kebumian
  • Praktek Lapangan 2 Ekskursi Industri Tambang
  • Praktek Lapangan 3 Praktek Tambang Terbuka
  • Praktek Lapangan 4 Praktek Tambang Bawah Tanah

Pada awal berdirinya tanggal 8 Oktober 1958, jurusan ini dinamakan Jurusan Geologi Pertambangan pada Akademi Pembangunan Nasional (APN) ”Veteran” Yogyakarta dengan status Kedinasan di bawah Dephankam dan pembinaannya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Kemudian pada 30 Juli 1965 menjadi Fakultas Tambang pada Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) ”Veteran” Yogyakarta.

Selanjutnya pada tanggal 15 Desember 1977 berubah lagi menjadi Jurusan Teknik Pertambangan di bawah Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta, 

Selanjutnya mulai tanggal 27 Februari 1993, statusnya berubah menjadi swasta dan dikelola oleh Yayasan Kejuangan Panglima Besar Jendral Soedirman (YKPBS) secara mandiri. 

Akhirnya pada 10 Agustus 2007 pengelolaan beralih kepada Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan ( YKPP).

Teknik Pertambangan UPN Akreditasi 

Teknik Pertambangan UPN

Sumber: https://www.upnyk.ac.id/ 

Program studi (prodi) Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  

Sertifikat akreditasi ini diberikan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 1616/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/III/2022.

Dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT yang ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif, Prof. Ari Purbayanto, Ph.D, Prodi Teknik Pertambangan berhasil meraih nilai 367.  Akreditasi Prodi untuk Program Sarjana yang berlaku mulai 15 Maret 2022 hingga lima tahun kedepan.

Berdasarkan peraturan BAN-PT No. 1 Tahun 2020, tentang Mekanisme Akreditasi, peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi saat ini menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik atau Tidak Terakreditasi. 

Akreditasi ini diberikan untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang teknik pertambangan upn, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *