Universitas Swasta Favorit di Lampung 2023, Cek Disini!

Universitas Swasta Favorit di Lampung

Universitas Swasta Favorit di Lampung – Kota Bandar Lampung merupakan  ibukota dari Provinsi Lampung. Dalam sejarahnya, sebelum menjadi Kota Bandar Lampung.

Dahulunya merupakan gabungan dari dua kota kembar Tanjung Karang dan Kota Teluk Betung. Kedua kota kembar tersebut sebelumnya adalah bagian dari Kabupaten Lampung Selatan.

Namun demikian setelah dikeluarkannya UU Nomor 22 Tahun 1948 yang kemudian memisahkan kedua kota tersebut dari Kabupaten Lampung Selatan, dan mulai diperkenalkan dengan istilah penyebutan Kota Tanjung Karang-Teluk Betung.

Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di Lampung, nah kami akan merekomendasi 10 Universitas Swasta Terbaik di Lampung, bagi kalian yang tidak dinyatakan lulus di Universitas Negeri, bisa jadi Universitas Swasta menjadi pilihan kalian untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut nama Universitas Swasta Favorit di Lampung :

  • IBI Darmajaya

Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang ada di Provinsi Lampung. Perguruan tinggi ini banyak melahirkan para entrepreneur atau pengusaha.

Meskipun perguruan tinggi swasta ini terletak di Bandar Lampung tetapi mahasiswa yang ada di IBI darmajaya berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada warga Negara Malaysia yang menempuh pendidikan di IBI darmaya. 

Bagi kalian yang sedang mencari informasi seputar Universitas Swasta di Lampung, IBI darmajaya bisa menjadi solusinya.

  • Umitra Lampung

Perguruan Tinggi Umitra Lampung terletak di Jl. ZA. Pagaralam No. 7, Kelurahan Gedung Meneng, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung. 

Perguruan Tinggi Umitra menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Lampung.

Di Perguruan Tinggi Umitra Lampung tersedia berbagai jurusan, misalnya jurusan Keperawatan, Ekonomi dan lain sebagainya. 

Bagi Lulusan SM/SMK/MA/Sederajat yang ada di Provinsi Lampung barangkali perguruan tinggi Umitra Lampung bisa menjadi solusi atau pilihan dalam menentukan Perguruan Tinggi Swasta di Lampung. 

  • UAP (Universitas Aisyah Pringsewu)

Kabupaten Pringsewu yang dahulunya menjadi salah satu wilayah dari pada Kabupaten Tanggamus juga memiliki satu Universitas Swasta Terbaik di Lampung

Namanya ialah UAP atau yang dikenal dengan Universitas Aisyah Pringsewu, awal mula berdiri kampus ini dahulunya berfokus pada bidang kesehatan. Namun saat ini telah maju begitu pesatnya.

  • UMKO (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)

Lampung Utara juga tak kalah saing dengan adanya perguruan tinggi swasta di Lampung. Dimana salah satu rekomendasi bagi masyarakat yang berada di Kabupaten Lampung Utara tersebut bisa memilih untuk studi di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

  • Universitas Tulang Bawang

Universitas Tulang Bawang atau lebih dikenal dengan UTB adalah perguruan tinggi swasta yang ada di Lampung. 

Meskipun namanya Tulang Bawang, jangan salah jika letaknya perguruan tinggi ini letaknya di Kota Bandar Lampung bukan di Tulang Bawang.

Sebagai perguruan tinggi swasta Universitas Tulang Bawang juga menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan juga mahasiswa kurang mampu. 

Jika kamu berminat menjadi mahasiswa Universitas Tulang Bawang silahkan langsung datang ke alamat Jl. Gajah Mada No.34, Kota Baru, Tj. Karang Tim., Kota Bandar Lampung, Lampung.

  • Universitas Saburai

Universitas Swasta lainnya yang juga banyak diminati oleh masyarakat di Provinsi Lampung adalah Universitas Saburai (Sang Bumi Ruwa Jurai). 

Universitas Saburai terletak di Jalan Imam Bonjol No.486, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung. Selain memiliki Jurusan S1 di Universitas Saburai juga terdapat jurusan untuk Pascasarjana. 

Bahkan beberapa alumni dari  Pascasarjana Universitas Saburai ada yang menjadi bupati meskipun saat ini sudah tidak lagi, bupati yang dimaksud adalah Bupati Way Kanan, yakni Bustomi Zainuddin sebagai salah satu alumni Pascasarjana Universitas Saburai.

  • UNIMAL (Universitas Malhayati)

Universitas Malhayati adalah salah satu Universitas Swasta yang ada di Provinsi Lampung. Sebagai Universitas Swasta Malhayati bisa dibilang memiliki sejumlah bangunan yang mewah dan luas lahan yang masih asri. 

Bahkan Universitas Malhayati juga memiliki Rumah Sakit yang diberi nama RS Pertamina Bintang Amin Lampung. 

Adapun jurusan paling banyak peminat di Universitas Lampung adalah jurusan kedokteran, yang mana jurusan kedokteran di Universitas Lampung adalah satu-satunya jurusan kedokteran di Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Lampung. 

Alamat Unimal Lampung terletak di Jl. Pramuka No.27, Kemiling Permai, Kemiling, Kota Bandar Lampung.

  • Universitas Megow Pak Tulang Bawang

Universitas Swasta di Provinsi Lampung yang juga memiliki sejumlah fakultas adalah Universitas Megow Pak Tulang Bawang. Dimana Universitas ini terletak di Jl. Lintas Timur Sumatera, Ujung Gn. Ilir, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Meskipun terletak di Kabupaten Tulang Bawang Universitas Swasta ini memiliki bangunan yang mewah, dan juga membuka cabang di Kabupaten lain, yakni Kabupaten Pesawaran. 

Banyak beasiswa yang disediakan di Universitas Megow Pak, bahkan lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat bisa kuliah gratis di Universitas ini.

  • Universitas Muhammadiyah Metro (UMM)

Perguruan tinggi swasta lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Metro. Dimana Universitas ini memiliki sejumlah bangunan yang mewah, selain memiliki bangunan yang mewah UM Metro juga memiliki puluhan ribu mahasiswa.

Bahkan bisa dibilang jikalau Universitas Muhammadiyah Metro adalah Universitas Muhammadiyah terbaik di Pulau Sumatera. Adapun alamat Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) terletak di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116 Kota Metro.

  • IAIM NU Metro Lampung

Perguruan tinggi yang ada di Metro, Provinsi Lampung berstatus swasta terbaik salah satunya adalah IAIM NU Metro Lampung. 

Dimana Institut Agama Islam Ma’arif NU seringkali menjadi perguruan tinggi yang menjadi pilihan para santri di Provinsi Lampung. 

Adapun alamat IAIM NU Metro Lampung terletak di Jl. RA Kartini, Purwosari, Metro Utara, Kota Metro. Ada berbagai jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut, salah satunya Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Inggris, Tafsir Qur’an, dan lain sebagainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *