Universitas Swasta Favorit di Jogja 2023

Universitas Swasta Favorit di Jogja

Universitas swasta favorit di jogjaUniversitas swasta adalah salah satu bentuk perguruan tinggi swasta. 

Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba,

Universitas Swasta favorit di Jogja ini bisa menjadi pilihan kamu yang ingin kuliah di daerah yang dijuluki kota pelajar. Ada beberapa alasan seseorang kuliah di Jogja. 

Selain terdapat banyak kampus berkualitas, Yogyakarta dikenal memiliki biaya hidup yang relatif lebih rendah dibanding kota besar lainnya di Indonesia. Tidak heran banyak mahasiswa dari berbagai daerah datang untuk kuliah di Yogyakarta.

Selain beberapa alasan tadi, enaknya kuliah di Daerah yang dipimpin oleh Gubernur yang sekaligus Raja ini merupakan daerah pariwisata di Indonesia. 

Oleh karena itu ada banyak tempat wisata terkenal baik wisata budaya maupun alam. Sehingga apabila kita penat dengan perkuliahan, saat akhir pekan bisa berwisata

Universitas swasta terbaik di Yogyakarta

Berikut ini 5 universitas swasta favorit di Jogja:

  • Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma adalah Universitas swasta terbaik di Yogyakarta, berdasarkan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 

Tidak hanya itu pada akhir 2016, Universitas Sanata Dharma (USD) telah menerima akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Hal tersebut membuktikan kualitas pendidikan yang ditawarkan USD dapat diperhitungkan di Indonesia. Salah satu jurusan terpopuler milik Sanata Dharma adalah Sastra Inggris dan Psikologi.

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kampus yang terletak di daerah barat Yogyakarta ini memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. 

Tidak heran UMY menjadi salah satu Universitas swasta favorit yang dituju para calon mahasiswa. Kualitas UMY dibuktikan dengan Akreditasi Institusi A yang diterima UMY oleh BAN-PT.

  • Universitas Kristen Duta Wacana

UKDW telah terdaftar sebagai institusi pendidikan dengan akreditasi A oleh BAN-PT, menjadikan UKDW salah satu Universitas swasta recommended di Yogyakarta. Beberapa jurusan unggulan di UKDW adalah Teologi, Arsitektur, dan Biologi. 

Program Master untuk jurusan Teologi di UKDW juga sudah mendapatkan akreditasi A. UKDW memang dikenal menjadi Universitas tujuan untuk para calon pemuka agama Kristen (Pendeta) menuntut ilmu teologi.

  • Universitas Islam Indonesia

Berdasarkan rilis Kemenristekdikti 2017, UII berada pada peringkat 41 Universitas terbaik di Indonesia. Peringkat tersebut menjadikannya salah satu Universitas swasta favorit di kota Yogyakarta. Memiliki basis pendidikan agama yang kuat, 

UII tidak hanya bertujuan untuk mendidik mahasiswanya menjadi lulusan yang berkualitas tetapi juga berakhlak mulia. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya acara Pesantren wajib bagi mahasiswa.

  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan satu dari beberapa Universitas di Yogyakarta yang memiliki Fakultas Keguruan. UAD dikenal sebagai kampus dengan fasilitas lengkap seperti Asrama dan Poliklinik untuk mahasiswa. 

Tidak hanya dari segi fasilitas, UAD menjadi lebih menarik karena telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di ASEAN untuk program pertukaran mahasiswa.

Universitas Swasta Favorit di Jogja 2023

Berikut ini 5 universitas swasta terbaik dan terkenal di jogja tahun 2022:

  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau populer disingkat dengan UMY merupakan universitas swasta di Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1981, UMY menjadi salah satu perguruan tinggi swasta besar di Indonesia.

Di kampus ini terdapat berbagai fakultas antara lain agama islam, ekonomi, hukum, ilmu politik, kedokteran, teknik, pertanian, hingga bahasa. Bagi kamu yang tertarik masuk kampus swasta di Jogja, maka kampus ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Alamat: Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY

  • Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan atau disingkat UAD merupakan perguruan tinggi swasta yang terletak di Semaki, Kota Jogja. Berdiri pada tahun 1994, sebelumnya menjadi Universitas, kampus ini dulunya adalah IKIP Muhammadiyah Yogyakarta.

Perguruan tinggi swasta ini di dalamnya terdapat banyak fakultas seperti diantaranya fakultas ilmu pendidikan, agama islam, sains terapan, psikologi, farmasi, hukum, teknologi industri, sastra budaya, kesehatan masyarakat, kedokteran, hingga ekonomi bisnis. 

Untuk kamu yang ingin kuliah di kampus swasta dan terletak di Kota Jogja maka bisa memilih kampus ini. Alamat: Jl. Kapas No.9, Semaki, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY

  • Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Sanata Dharma atau disingkat USD adalah salah satu kampus swasta terkenal di Yogyakarta. Kampus ini merupakan kampus Katolik, namun didalamnya terdapat mahasiswa dengan berbagai agama dan dari berbagai daerah di Indonesia.

Sanata Dharma sendiri berdiri pada tahun 1955 dan merupakan salah satu kampus swasta tua di Indonesia. 

Disini terdapat berbagai fakultas diantaranya ekonomi, farmasi, keguruan, psikologi, sains dan teknologi, sastra, hingga teologi. Alamat: Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY

  • Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia atau UII merupakan kampus swasta yang terletak di Yogyakarta. Kampus ini berdiri pada tahun 1945 dan menjadikannya sebagai kampus swasta tertua di Indonesia yang dibentuk setelah Proklamasi.

Untuk fakultas yang ada di Universitas Islam Indonesia antara lain ekonomi, hukum, agama islam, kedokteran, MIPA, psikologi dan ilmu budaya, teknik sipil, teknologi industri, hingga program internasional.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Karawitan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY

  • Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

Universitas swasta di Jogja selanjutnya ada Universitas Kristen Duta Wacana atau biasa disingkat UKDW. Kampus ini berdiri pada tahun 1985. Sebelum menjadi Universitas, dulunya UKDW merupakan Sekolah Tinggi Theologia.

Di kampus ini terdapat berbagai fakultas diantaranya seperti fakultas theologia, teknologi informasi, arsitektur dan desain, bisnis, bioteknologi, kedokteran. Bagi kamu yang ingin kuliah swasta di Jogja maka kampus ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.5-25, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang universitas swasta favorit di jogja, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *