Jurusan Seni Peran 2023, Berikut Nama Kampusnya!

Jurusan Seni Peran

Jurusan Seni Peran – Bagi kamu yang ingin menjadi bintang panggung atau yang ingin bergabung dengan sekte teater di sekolah dan serius dalam teater dapat mengambil gelar ini. Teater dan Drama adalah bidang yang mempelajari ilmu seni pertunjukan seperti pertunjukan klasik, teater, dan musik. Di sini Anda akan berurusan dengan teori dan ekspresi teater dan akting. Selain itu, Anda akan belajar teori peran/akting, menari, menyanyi, ekspresi, penyutradaraan, pencahayaan, kostum, dan tata rias.

Pengetahuan dan keahlian

  • Kemampuan untuk melakukan analisis
  • Kemampuan untuk memainkan peran
  • Kemampuan mengungkapkan ide dalam bentuk teatrikal dan dramatis
  • Kemampuan membuat teater dan drama
  • Kemampuan untuk menguasai seni pertunjukan
  • Kemampuan untuk bekerja dalam kelompok

Mengapa Anda harus memilih teater dan akting?

Gelar dalam teater dan akting dapat memiliki banyak manfaat. 

1 Anda yang ingin fokus berkreasi dan mementaskan teater dan akting bisa ikut serta dalam produksi teater. Nah, jika Anda berhasil bergabung dengan grup terkenal, bagus!

2 Apakah Anda ingin menjadi seorang seniman? Itu benar-benar bisa! Jika berhasil tampil di acara reguler, uang rupiah yang didapat dijamin sangat menggiurkan.

3 Jika Anda menyenangi bidang penelitian seni, jelas Anda bisa berkarir sebagai peneliti seni, pemerhati seni, dan kritikus seni.

4 Tidak ada salahnya juga mencoba memasuki dunia pendidikan. Misalnya, mengajar akting di akademi akting atau sekolah akting.

5 Apakah Anda suka bekerja di belakang layar? Tapi lulusan teater dan drama? Jangan takut bahwa Anda tidak akan mendapatkan pekerjaan! Selain menjadi penulis skenario atau direktur artistik, Anda juga bisa menjadi bagian dari tim pemasaran yang mempromosikan pertunjukan teater di komunitas Anda.

Tawaran pekerjaan

Banyak peluang karir menunggu lulusan teater dan drama. Variasi karyanya juga banyak. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama studi saya, pada dasarnya Anda dapat bekerja sebagai seniman visual, seniman riset, atau seniman pertunjukan di dunia teater dan akting. 

Anda dapat memulai karir dengan menghadiri lokakarya profesional untuk lebih meningkatkan keterampilan Anda. Dari satu level ke level berikutnya Anda mendapatkan pengalaman. Dengan begitu Anda memiliki nilai pasar yang tinggi sebagai modal untuk melebarkan sayap di bidang teater dan akting. Tidak menutup kemungkinan suatu saat Anda akan masuk ke dunia perfilman. Juga, ada potensi di industri media. Berikut adalah beberapa pilihan karir yang dapat Anda kejar:

  1. Penerbit
  2. Penjual/Penjual
  3. Produser TV atau radio
  4. Perencana/Penyelenggara Acara
  5. Wali Amanat
  6. Instruksi (gaya busana)

Dunia perkuliahan

Master teater dan akting? Apakah Anda sudah tahu apa yang akan Anda pelajari dalam mata pelajaran ini? Nantinya, selama 4 tahun atau 8 semester, Kamu banyak mempelajari seni teater atau istilah kerennya dramaturgy. Selain itu, Anda akan belajar cara membuat pertunjukan teater mulai dari akting atau penulisan skenario, adaptasi artistik, penyutradaraan hingga akting. Nah, setelah SMA Anda mendapatkan gelar sarjana.

Topik yang mungkin Anda temui meliputi teknik akting dasar, teknik penyutradaraan dasar, pelatihan fisik, menyanyi, dramaturgi, penulisan kreatif, casting realistis, casting non-realistis, casting tradisional, penyutradaraan realistis, penyutradaraan non-realistis, penyutradaraan tradisional, dramaturgi realistis, tidak – dramaturgi realistis. , adaptasi artistik, desain kostum dan tata rias, desain musik, analisis fiksi, manajemen seni pertunjukan Indonesia, manajemen teater, video grafik, drama televisi, akting total, semiotika teater, kritik teater dan masih banyak lagi. Jika ingin melanjutkan studi pascasarjana, jangan bingung! 

Ada beberapa kampus yang menawarkan Magister Penciptaan dan Studi Seni serta Magister Manajemen Seni. Program ini menawarkan beberapa variasi menarik untuk Anda pilih.

Jadi, jika seseorang bercita-cita menjadi guru budaya di sekolah, Anda bisa belajar di jurusan teater, tari, dan pedagogi musik. Paket yang sempurna! Dengan cara ini Anda akan belajar tentang seni akting, tari dan musik dan belajar bagaimana mengajarkannya dengan benar. Setelah berhasil menyelesaikan gelar sarjana pendidikan, Anda juga bisa melanjutkan untuk mahasiswa pascasarjana, misalnya untuk gelar magister pendidikan seni.

Jurusan seni peran di universitas mana

Kampus afiliasi

  1. Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh
  2. Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung
  3. Institut Seni dan Budaya Indonesia Denpasar
  4. Institut Seni dan Budaya Indonesia Yogyakarta
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Demikianlah ulasan mengenai jurusan seni peran. Semoga bisa bermanfaat ya guys. Terimakasih telah berkunjung yaaa!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *