Jurusan Seni Teater di Indonesia 2023

Jurusan Seni Teater di Indonesia

Jurusan seni teater di Indonesia – Teater dan Drama adalah bidang yang mempelajari ilmu tentang pertunjukan seni seperti, pertunjukkan seni klasik, teatrikal, juga musikal. Nah bagi kamu yang tertarik dengan jurusan seni teater dan bingung milih kampusnya.

Hari ini mimin bakal rekomendasikan beberapa kampus yang memiliki jurusan seni teater terbaik yang ada di Indonesia yang pastinya memiliki segudang prestasi.

Kuliah jurusan seni teater di Indonesia

Berikut ini kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan Seni Teater di Indonesia

  • Institut Kesenian Jakarta

Rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik yang pertama jatuh kepada Institut Kesenian Jakarta atau akrab disapa dengan IKJ.

Perguruan tinggi ini didirikan oleh Gubernur Jakarta, yakni Ali Sadikin yang berawal dari perkumpulan para seniman Jakarta kemudian menjadi Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta. Tak kalah keren,

IKJ sendiri menghasilkan banyak seniman di berbagai bidang, mulai dari penulis, dramawan, penyair, hingga sutradara tersohor asal Indonesia.

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) memasukkan jurusan seni teater ke dalam Fakultas Seni Pertunjukan, berbarengan dengan seni tari, seni musik, hingga etnomusikologi. Ada banyak mata kuliah pilihan di jurusan ini yang akan membantumu menjadi seorang aktor hingga manajer di bidang produksi pertunjukkan.

  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia atau akrab disapa ISI Yogyakarta menjadi rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik di Indonesia berikutnya. Kampus ini menawarkan berbagai jurusan seni pertunjukkan, termasuk seni teater guys.

Kampus satu ini juga menghasilkan deretan programmer dan sutradara di berbagai stasiun televisi. Oh iya, salah satu keunggulan ISI Yogyakarta adalah banyaknya akses untukmu lebih mengembangkan kemampuan seni teater atau pertunjukkan dengan bergabung ke banyak bengkel teater.

Kamu pasti sudah tak asing dengan banyaknya sanggar seni yang ada di Yogyakarta, dengan hal ini kamu bisa memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan untuk berkembang tak hanya di lingkup kampus, tetapi juga di luar kampus guys.

  • Institut Seni Indonesia Surakarta

Next, berikutnya tak jauh dari Daerah Istimewa Yogyakarta, ada Institut Seni Indonesia yang berada di Surakarta. Jangan salah guys, Surakarta sendiri menjadi salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan bengkel teater, sanggar tari, bahkan studio tempat seniman Indonesia berkarya.

Jurusan seni teater di ISI Surakarta sendiri memiliki banyak keunggulan, terutama di bidang mata kuliah yang diberikan. Tak hanya itu, Surakarta juga terkenal dengan banyaknya seniman yang menetap maupun seringkali singgah ke daerah tersebut.

Apabila kamu ingin memperluas relasi, maka selama berkuliah kamu bisa mencoba untuk bergabung ke beberapa bengkel teater atau sekedar menonton pertunjukkan seni teater.

  • Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

Rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik berikutnya adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar guys. Siapa sih yang ga kenal dengan kampus satu ini? Yap, kampus ini beralamat di Jl. Nusa Indah, Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

Nah, kampus satu ini memiliki 12 program studi yang bergerak di bidang seni. Salah satunya adalah Seni Teater. Seni Teater di ISI Denpasar sendiri patut diacungi jempol karena beberapa menjuarai berbagai bidang lomba seni, baik di taraf nasional hingga internasional.

Tak jarang, kelompok seni teater di kampus ini diundang ke berbagai acara besar yang diselenggarakan di Ibukota Indonesia guys.

  • Institut Seni Budaya Bandung

Berikutnya, penulis hendak membagikan rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik khusus untuk kamu yang tinggal di wilayah Jakarta maupun Jawa Barat. Kali ini ada institute seni budaya bandung atau akrab disapa dengan ISBI Bandung.

Kampus satu ini juga ga kalah keren dengan IKJ yang terletak di Jakarta guys. Salah satu jurusan unggulan dari ISBI Bandung adalah jurusan seni teater. Jurusan seni teater di kampus ini seringkali mengadakan pertunjukkan di berbagai acara seni nasional. Mulai dari pekan kebudayan maupun peringatan hari nasional Indonesia.

Tak hanya itu, jurusan seni teater di ISBI Bandung juga menghadirkan berbagai mata kuliah yang mampu menunjang kemampuanmu dalam dunia seni pertunjukkan guys. Bahkan mulai dari seni teater kontemporer sampai modern akan kamu pelajari di jurusan seni teater Institut Seni Budaya Bandung. Kampus ini merupakan salah satu Jurusan Seni Teater di Indonesia

  • Institut Seni Budaya Indonesia di Aceh

Agar seluruh pelajar di Indonesia dari Sabang hingga Merauke mampu meraih cita-citanya untuk memperdalam seni teater, maka kali ini penulis ingin memberi sebuah rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik yang berasal dari Aceh.

Kamu yang berasal dari wilayah Aceh dan sekitarnya serta ingin memperdalam seni pertunjukkan bisa memperdalam keinginanmu dengan mendaftar di kampus satu ini.

Institut Seni Budaya Indonesia atau akrab disapa ISBI Aceh juga termasuk ke dalam kampus yang seringkali mengadakan pagelaran budaya yang diisi langsung oleh para mahasiswanya.

Jadi, ada cukup banyak panggung untukmu mengeksplorasi kesenian teater lewat setiap skrip atau cerita yang dibawakan. Kampus ini merupakan salah satu Jurusan Seni Teater di Indonesia

  • Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Rekomendasi kampus dengan jurusan teater terbaik yang terakhir adalah Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Kampus satu ini terletak di Sumatera Barat, sehingga sangat cocok untuk kamu yang mungkin tinggal di luar Pulau Jawa. By the way, kampus satu ini juga ga kalah keren dengan fasilitas yang juara lho.

Menariknya, Institut Seni Indonesia Padangpanjang atau ISI Padangpanjang hanya menyediakan 2 fakultas dengan 1 program untuk pascasarjana.

Jadi, apabila kamu tertarik untuk mendalami program studi seni teater maka kamu bisa mengambil program pascasarjana untuk penciptaan seni teater atau pengkajian seni teater.

Oh iya, program seni teater di kampus ini seringkali mengisi beragam acara kebudayaan di Sumatera Barat lho. Di ISI Padangpanjang, kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana seorang aktor yang bermain peran di atas panggung teater saja, melainkan juga bagaimana pengkajian dan penciptaan seni teater secara tepat.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang jurusan seni teater di Indonesia, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *