Teknik Industri, Jurusan Dengan Prospek Kerja Paling Keren!

Teknik Industri

Teknik Industri adalah cabang ilmu teknik yang berkaitan dengan perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi sistem yang melibatkan manusia, mesin, material, dan energi untuk mencapai tujuan yang optimal dalam suatu organisasi atau sistem.

Bidang ilmu ini mencakup banyak aspek, seperti manajemen produksi, manajemen operasi, manajemen rantai pasokan, perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen kualitas, dan desain produk. Tujuan utama dari teknik industri adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, sehingga dapat menghasilkan produk atau layanan dengan biaya yang lebih rendah, waktu yang lebih singkat, dan kualitas yang lebih tinggi.

Teknik Industri juga berfokus pada peningkatan kinerja manusia dalam proses produksi atau sistem kerja, seperti ergonomi dan manajemen risiko. Para profesional Teknik Industri memiliki peran penting dalam berbagai industri, seperti manufaktur, perbankan, kesehatan, transportasi, dan teknologi informasi, di mana mereka dapat membantu organisasi untuk mencapai tujuan bisnis mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Teknik Industri Mempelajari Tentang Ilmu Optimalisasi Kegiatan

Teknik Industri merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi.

Lulusan dengan label Teknik Industri ini, nantinya diketahui akan bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Di jurusan Teknik Industri, kamu akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis.

Teknik Industri ini akan membuat kamu memiliki Pengetahuan dan Keahlian sebagai berikut.

  1. Kemampuan melakukan analisis
  2. Kemampuan berpikir sistematis
  3. Kemampuan manajerial
  4. Kemampuan problem solving
  5. Kemampuan membuat keputusan
  6. Kemampuan bekerja dalam tim
  7. Pemahaman matematika
  8. Pemahaman dasar teknologi

Teknik Industri sangat bagus untuk dipilih dikarenakan :

  1. Lulusan Teknik Industri dapat masuk ke industri jasa seperti keuangan, konsultasi, teknologi informasi, juga pelayanan masyarakat.
  2. Industri khususnya pada bidang pemeliharaan, logistik, dan inventori. Jadi kamu bisa nih meniti karier di sektor manufaktur.
  3. Beberapa perusahaan membutuhkan lulusan Teknik Industri untuk memperkuat divisi Safety, Health, and Environment bersama dengan lulusan Teknik Sipil dan Kesehatan Masyarakat.
  4. Sarjana Teknik Industri dibutuhkan perusahaan untuk mengolah informasi. Mengingat perkembangan teknologi saat ini menuntut perusahaan untuk membuat engagement dengan konsumen.
  5. Meski menyandang gelar Sarjana Teknik, lulusan Teknik Industri bisa terjun ke bidang human resource development (HRD) sebab ketika kuliah kamu akan dibekali dengan pengetahuan terkait pengembangan manusia terutama dari aspek perkembangan industri.

Prospek Kerja Teknik Industri

Peluang karier yang menanti lulusan Teknik Industri sangat banyak. Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi.

Kamu bisa bekerja di perusahaan ataupun institusi lain dengan gaji yang kompetitif. Bidang pekerjaan yang dapat dipilih oleh Sarjana Teknik Industri antara lain sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu, logistik, konsultan manajemen, dan marketing.

Berikut beberapa prospek kerja untuk lulusan Teknik Industri.

  1. Bagian Operasional dan Logistik
  2. Product Manager
  3. Bagian Personalia (HRD)
  4. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
  5. Market Researcher
  6. Data Scientist
  7. Teknisi dan Operator Pabrik
  8. Dosen
  9. Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)
  10. System Analyst

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Teknik Industri. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *