Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Solo

Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Solo

Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Solo – Politeknik Kesehatan Surakarta (Polkesta Solo) terletak di tiga kampus yaitu Mojosongo di Surakarta, Colomadu di Karanganyar dan Danguran di Klaten.

Universitas Negeri Jurusan Keperawatan di Solo

Kampus I dan Pusat Akademik terletak di Jalan Letjen Sutoyo Mojosongo Surakarta, tempat ini merupakan tempat belajar keperawatan, terapi wicara dan akupunktur.

Kampus II di Jl Adi Sumarmo, Tohu dan Colomadu di Karanganyar adalah kampus Sekolah Utama Terapi Fisik, Terapi Okupasi dan Ortopedi Prostetik.

Kampus III terletak di selatan Jl Ksatrian 2 Danguran Klate, khusus untuk studi kebidanan, jamu dan farmasi, dan analis makanan.

SPP di Poltekkes Surakarta mengikuti sistem SPP terpadu, artinya semua SPP dibebankan dan dibayarkan dengan tarif yang sama setiap semester sampai lulus. Dalam hal ini, biaya penelitian tidak lagi dikenakan. Misalnya biaya pelatihan, seragam, skripsi, ujian, wisuda dan lain-lain.

Dalam hal penerimaan ke lembaga non-universitas seperti pesantren atau studi banding yang dilakukan secara mandiri, mahasiswa tahun pertama dikenakan biaya lagi.

Biaya kuliah Politeknik Kesehatan Surakarta bervariasi berdasarkan jurusan dan program studi.

Namun kisaran biaya kuliahnya tidak terlalu luas, mulai dari 5,4 juta hingga 6 juta per semester. Untuk detail pengajaran Poltekkes Surakarta, silakan lihat daftar di bawah ini:

SPP Poltekkes Surakarta

Pendaftaran Poltekkes Surakarta 2022

Dirangkum dari panduan seleksi mahasiswa baru, Poltekkes Surakarta menyelenggarakan 3 jalur untuk Sipenmaru:

  1. PEMANTAUAN KEPENTINGAN DAN KINERJA (PMDP)
  2. JALAN MENUJU KELUARGA MISKIN (GAKIN)
  3. GARIS SIPENMARU UMUM (SIMAMA)

Jalur PMDP diperuntukkan bagi siswa yang masih duduk di kelas XII. Kelasnya, jalan GAKIN diwajibkan bagi keluarga kurang mampu secara ekonomi dengan penghasilan maksimal Rp 3.000.000 per bulan.

Sedangkan jalur SIMAMA merupakan salah satu program Pusdik Badan PPSDM Kemenkes RI, dimana peserta Sipenmaru yang memilih prodi/jurusan Polkesta dapat mendaftar melalui Poltekkes Kemenkes seluruh Indonesia melalui pendaftaran online. Tempat ujian tertulis bisa di perguruan tinggi teknik Kementerian Kesehatan terdekat, tempat tinggal siswa TANPA Polke atau pihak yang berkepentingan.

Usia maksimal calon peserta jalur GAKIN dan SIMAMA adalah 27 tahun tanpa batas SMA/SMK tahun terakhir.

Jadi sangat terbuka pilihan jika ingin kuliah di Politeknik Kesehatan Surakarta.

Selain itu, IKTE Kemenkes Surakarta juga membuka pendaftaran seleksi jalur pindah bagi mahasiswa baru.

Program Studi yang dibuka adalah:

  1. Program Studi Terapi Wicara Program Sarjana Terapan
  2. Program Studi Terapi Okupasi Program Sarjana Terapan
  3. Program Studi Fisioterapi Program Sarjana Terapan Berlanjut Profesi
  4. Program Studi Pendidikan Profesi Fisioterapis Program Profesi
  5. Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Berlanjut Profesi

MEKANISME SELEKSI

Mekanisme Sipenmaru dengan jalur uji CBT (Computer Based Test). Seleksi ini dilakukan dalam dua (dua) tahap, yaitu:

  1. Fase I:
  • Pemilihan persyaratan administrasi
  • Pemilihan tes CBT (tes berbasis komputer)
  1. Tahap II:
  • tes kesehatan

Panduan Sipenmaru 2022

  • Panduan SIMAMA
  • Pimpin Sipenmaru & GAKIN
  • Panduan pergeseran tingkat

Apakah lulusan SMK bisa ikut pemilihan Poltekkes Surakarta?

Karena peraturan tentang mata pelajaran keperawatan, kebidanan dan fisioterapi, mereka secara eksklusif didedikasikan untuk bidang keperawatan.

Sekolah menengah kejuruan dari semua disiplin ilmu dapat mendaftar untuk bidang terapi okupasi dan prostetik fungsional. Padahal jurusan terapi wicara memperbolehkan SMK dari semua jurusan non teknik. Pada saat yang sama, SMK bidang kesehatan dapat mendaftar untuk bidang studi akupunktur, jamu, serta analisis farmasi dan makanan.

Akreditasi seksi Poltekkes Solo

Akreditasi merupakan salah satu indikator yang perlu diketahui mahasiswa masa depan. Akreditasi dibagi menjadi dua bagian, akreditasi kampus dan program studi (jurusan).

Saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta terakreditasi dengan Keputusan BAN-PT No. “B”. 2735/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017, yang berlaku sampai dengan tanggal 15 Agustus 2022. Akreditasi program studi Poltekkes.

Demikianlah ulasan mengenai universitas keperawatan negeri di Solo, yaitu Poltekkes Surakarta. Semoga dapat membantu ya guys, terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *