Peminat Jurusan Astronomi ITB 2023

Peminat Jurusan Astronomi ITB

Peminat Jurusan Astronomi ITB – Institut Teknologi Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Nama ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. 

Peminat Jurusan Astronomi ITB

Sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan nonakademik.

Daya tampung Institut Teknologi Bandung ( ITB ) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam mengukur peluangnya masuk ke jurusan impiannya. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis daya tampung program studi (prodi) SBMPTN 2022 di masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. ITB menjadi salah satu sasaran favorit para calon mahasiswa baru.

Sebelum Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada tanggal 2 Maret 1959, ternyata Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu sudah lebih dulu ada, lho. Iya, jadi FMIPA ini sudah ada sejak 6 Oktober 1947.

Saat itu, FMIPA masih menggunakan nama Faculteit van Exacte Wetenschap. Kemudian, nama tersebut diganti menjadi Faculteit van Wiskunde en Natuurwetenschap dan diganti lagi menjadi Faculteit Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). 

Hingga akhirnya, namanya berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) seperti yang kita kenal sekarang. Kamu bisa memilih jurusan ketika sudah diterima di ITB. Soalnya, di ITB itu ada yang namanya Tahapan Persiapan Bersama (TPB). 

Selama periode TPB, kamu harus menjalani masa 2 semester terlebih dahulu, baru bisa memilih jurusan yang diinginkan. Makanya, ketika elo mendaftar nanti, elo hanya bisa memilih fakultasnya aja, yaitu FMIPA-Matematika dan FMIPA-IPA. 

FMIPA ITB terbagi lagi menjadi dua fakultas yang pilihan jurusannya pun beda-beda. Jurusan yang termasuk FMIPA-Matematika, yaitu:

  1. Jurusan Matematika ITB
  2. Jurusan Aktuaria ITB 

Sementara itu, jurusan yang termasuk FMIPA-IPA, yaitu:

  1. Jurusan Fisika ITB 
  2. Jurusan Kimia ITB 
  3. Jurusan Astronomi ITB

Daya Tampung Jurusan Astronomi ITB 

Bagi yang menyukai ilmu fisika dan segala hal yang berkaitan dengan tata surya, jurusan astronomi bisa menjadi pilihan kalian. Satu-satunya universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Astronomi merupakan salah satu jurusan atau program studi yang secara khusus mempelajari mengenai benda-benda langit. Ilmu yang dipelajari disini menggunakan ilmu dasar fisika. Mahasiswa di jurusan ini nantinya akan menerapkan ilmu fisika terhadap objek di langit.

Jurusan ini sendiri dibagi menjadi tiga keahlian, yang pertama adalah tata surya yang fokus mempelajari tata surya seperti planet, bintang, dan sebagainya. Kedua, fisika bintang dan yang ketiga adalah kosmologi. 

Astronomi bisa dikatakan sebagai cabang ilmu baru di bidang MIPA jika dibandingkan dengan matematika, fisika, dan lain sebagainya. Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini baru ITB (Institut Teknologi Bandung)

Satu hal yang menarik dari Jurusan Astronomi FMIPA ITB adalah jurusan ini merupakan satu-satunya Jurusan Astronomi di Asia Tenggara. Ini artinya, kalau orang-orang di luar negeri mau belajar astronomi di seputaran Asia Tenggara, mereka harus ke Indonesia dulu. 

Untuk prospek kerja lulusan sarjana astronomi juga nggak main-main, lho. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang seperti bidang penelitian, pengajaran, media, dan lainnya. Lembaga yang cocok buat berkarir sebagai ahli astronomi di Indonesia, ada LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Prodi yang fokus pada pengamatan terhadap tata surya ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan ini memiliki akreditasi A dan masuk di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan 3 jenjang, S1, S2, dan S3.

Jurusan yang melakukan pengamatan terhadap tata surya ini hanya ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Prodi yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini pada SBMPTN 2020 dipilih oleh 1.237 orang. 

Sedangkan daya tampung SBMPTN 2021 hanya 142 kursi. Jurusan Astronomi ITB termasuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

Institut Teknologi Bandung baru pada tahun ini mendaftarkan fakultas tersebut di SBMPTN. Daya tampung untuk FMIPA-Ilmu Pengetahuan Alam cukup besar, yakni 91 kursi.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang peminat jurusan astronomi itb, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *