Biaya Kuliah Jurusan Astronomi ITB 2023

Biaya Kuliah Jurusan Astronomi ITB

Biaya kuliah jurusan astronomi itb – Institut Teknologi Bandung atau yang biasa disingkat ITB merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. 

ITB sendiri diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959, lalu sejak tanggal 14 Oktober 2013 ITB ditetapkan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non akademik. 

Biaya Kuliah Jurusan Astronomi ITB

Kampus utama IPB merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia sekaligus lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. 

Walaupun di awal berdirinya masing-masing institusi pendidikan tinggi mempunyai karakteristik dan misinya sendiri, tapi semua itu memberikan pengaruh dalam perkembangan yang akhirnya menuju pada berdirinya ITB.

Sejarah ITB nggak terlepas dengan sejarah Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia yang berawal pada abad ke 20, ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Technische Hogeschool te Bandung (TH) pada 30 Juli 1920. 

Saat itu cuma ada satu fakultas, yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap dan cuma ada satu jurusan yaitu de afdeeling der We gen Waterbouw

Pendirian perguruan tinggi ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin terbatas pada masa kolonial Belanda akibat pecahnya Perang Dunia I.

Hingga saat ini ITB mempunyai lebih dari 30 program studi yang sudah terakreditasi dan masuk ke dalam daftar peringkat nasional. 

ITB juga melahirkan beberapa lulusan terbaik yang menjadi tokoh penting di Indonesia. Di antaranya ialah Ir. Soekarno, Ridwan Kamil, Aburizal Bakrie, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah di ITB untuk jurusan astronomi terbilang mahal. Berikut ini rinciannya.


Uang Kuliah Tunggal

Ketika Kamu kuliah, tidak ada istilah SPP ya. Iurannya disebut dengan UKT atau uang kuliah tunggal. Sistemnya adalah Kamu diminta terlebih dahulu mengirimkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti aset dan slip gaji. 

Baru kemudian akan diberikan data UKT golongan berapakah yang Kamu dapatkan. Besaran UKT tersebut bersifat tetap dan harus Kamu bayarkan setiap satu semester selama menjadi mahasiswa. Biasanya pembayarannya di awal semester. 

Besarannya berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Untuk biaya kuliah Astronomi, siapkan saja dana dengan kisaran Rp.3.000.000,00 sampai Rp.10.000.000,00 untuk pembayaran saat dinyatakan sudah diterima pada universitas yang bersangkutan.

Biaya Praktikum

Tidak ada biaya khusus untuk praktikum. Namun Kamu harus menyiapkan dana ya. Karena pasti ada biaya yang harus Kamu keluarkan misalnya untuk menyiapkan alat dan bahan. 

Besar kecilnya tergantung kebutuhanmu ya. Tapi persiapkan saja dana sebesar Rp.500.000,00 untuk praktikum dalam satu semester.

Uang Pangkal

Untuk uang pangkal, ada kabar gembira nih karena satu-satunya universitas penyedia jurusan ini sudah sejak lama tidak menerapkan uang pangkal untuk mahasiswa yang berkuliah di sana. Jadi Kamu harus bersyukur ya. Jadi yang perlu Kamu bayarkan adalah UKT setiap semesternya.

Biaya Penunjang

Biaya penunjang bukanlah biaya yang disetorkan ke universitas. Karena pada dasarnya biaya ini untuk diri sendiri. Seperti membeli buku, kegiatan seminar, kunjungan, praktek kerja lapangan dan lain-lain. 

Biaya seperti SKS, skripsi, wisuda dan lain-lain juga sudah tercover oleh pembayaran UK. Di tahun 2013, ITB mengeluarkan kebijakan baru mengenai biaya pendidikannya. ITB telah meniadakan beberapa komponen biaya, seperti uang pangkal dan lainnya. 

Mahasiswa baru ITB nantinya hanya dikenakan komponen biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT). 

UKT untuk Program Sarjana ITB berkisar dari Rp0 sampai Rp20.000.000 per semesternya. Dari UKT Program Sarjana yang ditetapkan sebesar Rp12.500.000 per semesternya (khusus SBM Rp20.000.000 per semester), 

Mahasiswa ITB diberikan kesempatan untuk mengajukan keringanan UKT tersebut. Besaran keringanan UKT yang dapat diajukan adalah sebesar 20% hingga 100% dari biaya UKT yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan ekonomi orang tua masing-masing.

Di kasus tertentu, seorang mahasiswa dapat mengajukan keringanan hingga 100% dari UKT, sehingga mahasiswa tersebut dibebaskan 100% dari kewajiban membayar UKT (UKT Rp0). Berikut ini rincian biaya kuliah jurusan astronomi itb:

No  Program Studi

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

(Rp Per Semester)

Kel I Kel II Kel III Kel IV Kel V

Kel VI

Astronomi

0 2.500.000 5.000.000 7.500.000 10.000.000 12.500.000

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang biaya kuliah jurusan astronomi itb, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *