8 Keuntungan Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Pendidikan profesi guru prajabatan – PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV,

Baik dari kependidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah

Pendidikan Profesi Guru Prajabatan ini diperuntukkan bagi guru yang sudah menyandang gelar sarjana, yang mengikuti program PPG, yang mana riwayat mengajar bukan sebagai salah satu syaratnya.

Biaya Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dilakukan secara mandiri oleh peserta. Pemerintah tidak memberikan subsidi apapun karena program ini ditujukan bagi masyarakat umum.

Beban belajar yang akan ditempuh oleh para calon pendidik selama mengikuti PPG Prajabatan ialah 36 hingga 40 sks.

Berikut adalah 8 keuntungan mengikuti Pendidikan Profesi Guru Prajabatan:

  1. Memiliki Sertifikat Keahlian

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah memiliki sertifikat keahlian. Sertifikat ini diperoleh setelah Anda menyelesaikan pendidikan profesi guru yang Anda tempuh. Seperti contoh pendidik profesional untuk pendidikan menengah.

  1. Memiliki Gelar Tambahan

Manfaat mengikuti PPG Prajabatan  adalah Anda akan memiliki gelar tambahan. Jika sebelumnya Anda memiliki gelar S,Pd maka setelah menyelesaikan pendidikan gelar Anda berubah menjadi S.Pd, Gr yang merupakan kepanjangan dari guru profesional.

  1. Mendapat Subsidi Dari Pemerintah

Selain dua keuntungan di atas Anda juga akan memperoleh keuntungan berupa pendidikan tersebut mendapat biaya subsidi dari pemerintah sebesar 100 persen. Sehingga Anda bisa mengenyam pendidikan dengan biaya yang lebih murah.

  1. Peluang Menjadi PNSLebih Besar

Menjadi seorang PNS adalah salah satu pekerjaan yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Dengan Anda mengikuti program PPG, peluang untuk menjadi seorang PNS akan lebih besar karena Anda tidak perlu mengikuti seleksi bidang atau tes SKB.

  1. Memiliki Tunjangan Sertifikasi

Bagi Anda para guru yang memiliki sertifikat pendidik melalui profesi guru maka peluang untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi dari pemerintah sangatlah besar. Yaitu dengan syarat guru tersebut telah memiliki NUPTK yang tercatat di lembaga pendidikan.

  1. Pendaftar yang belum masuk dapodik bisa daftar
  2. Mendapat ilmu dan wawasan baru.
  3. Akan mendapat insentif dan tunjangan

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang pendidikan profesi guru prajabatan,  semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *