Tugas Bem Kampus Yang Wajib Kamu Ketahui!

Tugas Bem Kampus

Tugas bem kampus merupakan sebuah jembatan antara mahasiswa dan dari pihak kampus atau perpanjangan tangan dari mahasiswa ke pihak kampus.

Sebelum mengetahui tentang tugas bem kampus, seperlunya anda harus mengetahui tentang apa itu bem ? kemudian apa fungsi serta peran dari be mini terhadap kampus tentunya.

Bem merupakan salah satu organisasi mahasiswa intra kampus yang mana merupakan lembaga eksekutif di tingkat perguruan tinggi baik di dalam tatarana jajaran universitas ataupun fakultas tentunya.

Untuk bem sendiri berbeda antara bem tingkat universitas ataupun bem tingkat fakultas tentunya. Untuk bem universitas ini merupakan perwakilan mahasiswa di tingkat universitas, sedangkan untuk bem fakultas ini perwakilan mahasiswa tingkat fakultas tentunya.

Untuk tugas dan fungsinya pun berbeda, untuk tugas bem kampus itu bertanggung jawab atas program kerja kampus, sedangkan untuk bem fakultas itu tanggung jawabnya kerja pada fakultas tentunya.

Berikut Uraian Tugas Bem Kampus:

Setiap organisasi yang terdapat di kampus memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Tentu saja BEM, sebagai lembaga mahasiswa paling tinggi di kampus memiliki tujuan untuk mengakomodasi segala kepentingan mahasiswa di kampus.

Termasuk dalam hal menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak kampus (Direktorat Pelayanan Kegiatan Mahasiswa), sehingga pihak kampus dapat mengetahui masalah ataupun masukan dari para mahasiswanya tentunya.

Untuk fungsi dari bem kampus yaitu sebagai berikut :

  • Sebagai agen perubahan 
  • Sebagai social control
  • Sebagai fasilitator
  • Sebagai perwakilan
  • Sebagai pembangunan sinergitas

Untuk peran dan tugas bem kampus ini yaitu sebagai berikut :

  • Untuk presiden mahasiswa merupakan ketua BEM yang dipilih berdasarkan voting. Persma bertugas sebagai koordinator dan pemimpin dalam rapat pengurus, menentukan kebijakan, mengarahkan pengurus, serta sebagai penanggung jawab BEM selama periode kepengurusannya.
  • Untuk wakil presiden mahasiswa tugasnya yaitu membantu Presma dalam menjalankan tugas-tugasnya dan menggantikan Presma jika ia tidak bisa hadir dalam suatu kegiatan.
  • Sedangkan sekretaris yaitu bertanggung jawab terhadap urusan yang berkaitan dengan administrasi, menjaga inventaris, mengelola data dengan baik, dan melakukan surat-menyurat sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian bendahara bertugas sebagai mengelola sumber dana, mengawasi penggunaan dana dalam setiap kegiatan, melakukan evaluasi keuangan, dan menyusun laporan keuangan secara rutin.
  • Untuk departemen SDM bertugas untuk mengelola sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah pengurus BEM. Departemen SDM biasanya akan melaksanakan kegiatan yang menambah wawasan dan pengetahuan pengurus, melakukan diskusi rutin, mengadakan penelitian dan riset, serta bekerja sama dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah sebagai upaya meningkatkan skill pengurus.
  • Kemudian departemen komunikasi dan informasi yaitu bertugas menyampaikan informasi untuk para mahasiswa di kampus, menjalin hubungan dengan BEM fakultas atau universitas lain, serta menjalin komunikasi antar pengurus BEM.
  • Untuk departemen dalam negeri yaitu bertugas melaksanakan penelitian dan pengembangan pendidikan, menjaga dan meningkatkan kualitas internal BEM, dan memberikan solusi dalam suatu permasalahan.
  • Departemen luar negeri bertugas sebagai embangun dan menjaga hubungan serta menjalin kerjasama dengan pihak eksternal.
  • Terakhir departemen social masyarakat bertugas melakukan pelatihan masyarakat, mengkoordinasi bantuan saat terjadi bencana, dan masih banyak lagi.

Tugas Anggota Bem Kampus

Untuk mengenai tugas anggota bem membantu masing masing kepala departemen untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing – masing.

Fungsi Bem Kampus

Untuk mengenai fungsi dari bem kampus sudah ada di awal artikel, anda bisa membaca dari awal hingga akhir artikel.

Nah demikianlah artikel tugas bem kampus, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *