7+ Organisasi Kampus Terbesar Di Indonesia

Organisasi Kampus Terbesar Di Indonesia

Organisasi kampus terbesar di Indonesia – Istilah aktivis kampus tentu sudah tidak asing di kalangan mahasiswa bukan? Sebutan ini ditujukan untuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi selama kuliah.

Ada banyak organisasi salah satunya Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus  atau yang disingkat menjadi OMEK. Organisasi kampus terbesar di Indonesia yang paling diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Buat kamu yang ingin bergabung dalam organisasi kampus terbesar di Indonesia. Yuk simak ulasan tentang organisasi kampus yang ada di sebuah universitas atau perguruan tinggi.

Organisasi Kampus Terbesar Di Indonesia

Berikut ini organisasi kampus terbesar di Indonesia yaitu sebagai berikut:

1. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

GMNI merupakan organisasi yang didasarkan oleh nasionalisme dan kesamaan ideologi serta pengaruh dari Soekarno. Organisasi ini dibentuk dari gabungan 3 organisasi yaitu Gerakan Mahasiswa Marhaen (Yogyakarta), Gerakan Mahasiswa Merdeka (Surabaya), Gerakan Mahasiswa Demokrat Indonesia (Jakarta). Sampai saat ini, GMNI menjadi organisasi mahasiswa ekstra kampus terbesar di Indonesia.

2. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)

Pembentukan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII  berasal dari keinginan para mahasiswa Nahdlatul Ulama (NU) untuk mendirikan organisasi yang berideologi Ahlussunnah wal Jama’ah.

Pembentukan PMII berdasarkan pada hasil Konferensi Besar IPNU pada Maret 1960 di Kaliurang, Yogyakarta. Kemudian dibentuk panitia yang beranggotakan 13 orang mahasiswa NU untuk mengadakan musyawarah dengan agenda pembentukan organisasi mahasiswa.

Pada tanggal 17 April 1960 PMII resmi terbentuk. Sayangnya, di tahun 1972, PMII yang sebelumnya berperan sebagai Badan Otonom (Banom) NU, menyatakan untuk berpisah dan berdiri sebagai organisasi independen.

3. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus yang didirikan oleh Lafran Pane pada masa agresi militer Belanda kedua  tanggal 5 Februari 1947.

HMI merupakan organisasi kemahasiswaan yang berada dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Hingga sekarang HMI memiliki jutaan kader yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

4. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM merupakan organisasi gerakan mahasiswa islam yang berada dibawah naungan ormas muhammadiyah, bergerak dalam bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan.

IMM didirikan di Yogyakarta pada tanggal 14 Maret 1964. IMM dapat dijadikan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide pembaharuan dan pengembangan. Sesuai dengan tiga kompetensi dasar dari IMM yaitu religius, intelektualitas, dan humanitas.

5. Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia atau GMKI adalah organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada 9 Februari 1950. GMKI memiliki tri panji sebagai dasar pelaksanaan organisasinya, yaitu tinggi iman, tinggi ilmu, dan tinggi pengabdian.

6. Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI)

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia atau PMKRI merupakan organisasi kepemudaan katolik yang berdiri pada tanggal 25 Mei 1947 di Yogyakarta.

pembentukan organisasi ini berkaitan dengan Katholieke Studenten Vereniging (KSV) yang ada dia Batavia (Jakarta), Bandung, dan Surabaya yang memutuskan untuk bergabung dan membentuk organisasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia.

Organisasi ini berfungsi sebagai pembinaan dan perjuangan mahasiswa katolik dengan berasaskan pancasila, berjiwa kekatolikan, dan bersemangat kemahasiswaan.

7. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI)

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia atau KAMMI merupakan organisasi ekstra kampus yang menghimpun mahasiswa muslim seluruh Indonesia, secara lintas sektoral, suku, ras, dan golongan.

KAMMI didirikan tanggal 29 Maret 1998 di Malang, Jawa Timur. Pembentukan organisasi ini  didasarkan pada keprihatinan terhadap krisis nasional tahun 1998 Berkurangnya kepercayaan kepada pemimpin membangkitkan para aktivis untuk membentuk KAMMI ini.

Penghimpunan ini bertujuan untuk membangun negara dan bangsa Indonesia yang sehat dan bertanggung jawab.

Nah itulah tentang organisasi kampus terbesar di Indonesia.  Terima kasih sudah membaca artikel kami. semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *