Teknik Geofisika ITB 2023, Cek Informasi Lengkapnya Disini!

Teknik Geofisika ITB

Teknik geofisika ITB – Indonesia sebagai negara yang memiliki cukup banyak lempengan di permukaan bumi rentan sekali terhadap bencana alam terutama gempa bumi, tanah longsor dan lainnya.

Saat terjadi bencana alam maka disaat inilah dibutuhkan seorang Sarjana teknik Geofisika. orang yang mempelajari ini dapat menentukan mitigasi bencana seperti mengenali resiko, perencanaan penanggulangan bencana dan sebagainya.

meskipun kita tidak bisa menghentikan pergerakan lempeng yang menyebabkan terjadinya bencana alam, kita dapat mengurangi dampak negatif dari bencana tersebut. Paling tidak kita bisa meminimalisir kerugian yang disebabkan bencana tersebut.

Apakah kamu berminat untuk kuliah jurusan teknik Geofisika? Salah satu kampus yang menyelenggarakan jurusan ini yaitu Institut teknologi Bandung atau ITB. Untuk lebih jelasnya teknik Geofisika ITB simak ulasan di bawah ini.

Teknik Geofisika ITB

Teknik Geofisika merupakan gabungan antara Ilmu Geologi, Fisika dan Komputasi. Dalam ilmu Geofisika akan dipelajari tentang cara eksplorasi bahan atau minyak bumi yang ada di dalam bumi, fenomena alam yang terjadi di dalam bumi.

Teknik geofisika adalah ilmu yang mempelajari aspek aspek fisik dan dinamika bumi serta bagaimana cara melakukan pengukuran dan pemrosesan data mengenai gejala gejala yang terjadi di bumi.

Selain itu juga akan dikembangkan teknologi untuk pemanfaatan sumber daya alam dan bumi berupa bahan atau minyak bumi dan cara menentukan mitigasi untuk meminimalisir resiko dan dampak negatif yang mungkin saja terjadi.

Saat belajar teknik Geofisika paling sedikit ada beberapa hal yang akan kamu pelajari yaitu eksplorasi sumber daya bumi, reservoir, imaging dan pengolahan data dan teknik serta lingkungan.

Selain itu kamu juga akan mempelajari lempengan lempengan pembentuk bumi yang selalu bergerak meskipun tidak kita sadari pergerakannya. Akibat pergeseran lempeng setiap tahun terjadi perubahan posisi yang menyebabkan terdapat titik rawan gempa bumi.

Prospek kerja lulusan teknik geofisika sangat menjanjikan sekali. kamu bisa memulai karier di Pusat penelitian geoteknologi (LIPI), Badan Meteorologi dan Teknik Geofisika (BMG dan BMKG), BPPT, dan Konsultan di perusahaan di bidang tambang.

Nah demikianlah artikel ini tentang teknik Geofisika ITB. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang ingin kuliah jurusan teknik otomotif. Terima kasih telah singgah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *