Akreditasi Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah

Akreditasi Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah

Akreditasi Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah – Pada tahun 1974 telah disepakati berdirinya Perguruan Tinggi Agama Islam swasta guna menampung animo masyarakat Purworejo yang cukup baik.

Pada tanggal 17 Shafar 1394 H, bertepatan pada tanggal 6 Maret 1974 telah disepakati berdirinya Perguruan Tinggi Islam dengan nama PTII (Perguruan Tinggi Islam Imam Puro) di bawah Yayasan Pendidikan Islam Imam Puro Purworejo.

Adapun para pendiri PTII antara lain: K.H. Nawawi Siddiq, K.H. Damanhuri, K.H. Asnawi Umar, K.H. Maftuh Muhtar, K.H. Djamil.

Seiring dengan peraturan pemerintah, tentang penyesuaian jalur dan Program Pendidikan Strata Satu (S1) serta penataan kembali nama dan unit jurusan maka nama PTII kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITNU).

Kemudian berubah lagi menjadi STAINU (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama) dengan membuka dua Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah, dengan landasan KMA RI Nomor 511 tahun 1994. Pada acara tersebut ditandatangani pula Piagam Pendirian.

Akreditasi Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah

STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah  berada di Jl. Pahlawan No. 05, Kelurahan Kledung Kradenan, Banyuurip, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah ini memiliki lambang yang memuat warna dasar hijau berbentuk lengkung lima sudut berisikan gambar bola dunia dan buku terbuka, di sebelah kanan dan kiri terdapat bintang, di bagian atas bertuliskan bahasa Arab المعهد العالي الإسلامي نهضة العلماء serta di bagian bawah bertuliskan SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NU STAINU PURWOREJO.

Lambang ini memiliki makna :

  • Lengkung Lima Sudut sebagai simbol rukun Islam yang harus dihayati dan diamalkan.
  • Bola Dunia merupakan simbol bahwa manusia diciptakan oleh Allah dari bumi, dijadikan khalifah oleh Allah di bumi, dan ditugaskan oleh Allah untuk memakmurkan bumi serta dilarang merusaknya, termasuk dalam hal ini dimaksudkan bahwa lulusan STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah merupakan para lulusan yang jujur setia pada negara dan bangsa yang tekun dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran dan cita-cita Islam yang berkebangsaan sesuai ideologi Pancasila.
  • Buku terbuka bermakna wawasan yang luas, keterbukaan dan pengembangan.
  • Warna Hijau bermakna keislaman dalam asas Islam Ahlussunnah wal Jamâ’ah an-Nahdliyâh, makna kesuburan dan kedamaian.
  • Warna Putih bermakna kesucian dan keikhlasan.
  • Warna biru bermakna keilmuan dan profesionalitas.
  • Warna Kuning bermakna kemuliaan, keemasan dan kejayaan.

Akreditasi kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah adalah Baik. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 575/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2021. SK ini berlaku semenjak 2021 dan akan berakhir pada 22 Juni 2026.

Akreditasi Kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU)

Demikianlah pembahasan mengenai akreditasi kampus STAI Nahdlatul Ulama (STAINU), Purworejo, Jawa Tengah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *