Akreditasi Kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai Terbaru Saat Ini

Akreditasi Kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Akreditasi kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai merupakan informasi yang banyak dicari bagi mahasiswa aktif maupun mahasiswa yang berniat untuk berkuliah di kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. 

Di Akreditasi.org kalian dapat mengetahui akreditasi kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai secara lengkap dan terbaru. Informasi mengenai akreditasi kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai ini ditujukan untuk melihat mutu dari institusi, yakni universitas, institut, sekolah tinggi, atau akademi dari perguruan tinggi Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. 

Akreditasi kampus berbeda dengan akreditasi jurusan ya. Untuk daftar akreditasi jurusan bisa kalian lihat disini. Gunakan fitur pencarian untuk memudahkan kalian mencari akreditasi jurusan atau kampus kalian ya. Eh iya, biasanya nilai akreditasi ini diperbaharui setiap 5 tahun sekali.

Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai 

Profil IAI Muhammadiyah Sinjai. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai adalah perguruan tinggi Muhammadiyah di Kabi. Sinjai, Sulawesi Selatan. Saat ini IAI Muhammadiyah Sinjai memiliki 3 fakultas dan program magister (S2).

Muhammadiyah Sinjai sejak tahun 1967 di bawah bimbingan Muhammad Syurkati Said mulai menggeluti bidang filantropi di bidang pendidikan tinggi dengan membuka cabang FIP (Fakultas Pedagogi) di Unismuh Makassar dan berhasil mengenyam pendidikan hingga sarjana bergelar BA. beberapa terapis pendidikan di Kabupaten Sinjai saat itu. Namun, mereka hanya mengadakan pengajian di gedung tua Muhammadiyah yang dibangun pada tahun 1935. Gedung tersebut masih berfungsi hingga saat ini dan direnovasi pada tahun 2012). untuk itu menjadi istilah topikal yang tepat.

Karena peraturan perundang-undangan saat itu mewajibkan mahasiswa mengikuti ujian di Makassar dan tidak ada lagi perguruan tinggi berstatus cabang/kelas terpencil, maka FIB Unismuh Makassar Cabang Sinjai digabung dengan perusahaan induknya. Aturan. Dengan demikian, para guru sekolah menengah dan mantan siswa yang tertarik untuk melanjutkan studi atau ingin melengkapi ilmunya, mendapat masalah.

Beberapa tahun kemudian, Muhammadiyah Bone dan Muhammadiyah Bulukumba membuka atau mendirikan STIKP, sehingga para pendidik (guru) yang berminat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi memilih antara STIKP. Muhammadiyah Bone atau STIKP Muhammadiyah Bulukumba dan Makassar.

Muhammadiyah Sinjai memahami kondisi ini, maka pengurus berusaha membuka kembali perkuliahan dan berhasil membuka Fakultas Unismuh Makassar pada tahun 1974 di Tarbiyah cabang Sinjai. Dua tahun kemudian, pada tahun 1976, mereka mendapat izin dari menteri untuk beroperasi sebagai stasiun terdaftar. Agama Negara Republik Indonesia dengan nomor keputusan :

Kep/D.5110/1976, tanggal 15 April 1976, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana.

Pada tahun 1986 Rektor Unismuh Makassar menawarkan kesempatan untuk berdiri sendiri, maka Muhammadiyah Sinjai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengubah nama Fakultas Tarbiyah Unismuh Makassar Cabang Sinjai Makassar menjadi Institut Ilmu Tarbiyah (STIT). ) Muhammadiyah Sinjai, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sarjana (S1) dan Mandiri serta Izin Kementerian Agama Republik Indonesia. Stasiun terdaftar dengan nomor penyetelan:

61/1990 tanggal 25 April 1990.

Pada tahun 1995, karena persyaratan dan peraturan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia, semua perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia harus memperhatikan peraturan tersebut. TARBIYAH (STIT) Muhammadiyah Sinjai berganti nama menjadi STAI. ) Muhammadiyah Sinjai menambah jurusan, sehingga STAI Muhammadiyah Sinjai saat itu memiliki 2 (dua) program sarjana (S1), yaitu:

1) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 2) Bimbingan Konseling Islam (BPI).

STAIM berubah status menjadi Institut Islam Muhammadiyah Sinjai berdasarkan Surat Keputusan No. 6722 Tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia pada tanggal 24 November 2015, berkedudukan di Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan dan berasimilasi untuk waktu yang tidak ditentukan. Sesuai Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 226 Tahun 1995 tanggal 16 Juni 1995 tentang perubahan nama dan izin penyelenggaraan untuk membuka suatu departemen dan memberikan status pendaftaran pada dua departemen yang terpisah. 

Akreditasi Kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai 

Perguruan Tinggi: Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
No. SK: 1088/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020
Tahun SK: 2020
Akreditasi: Baik
Tanggal Kedaluwarsa: 2025-12-15

Sekian informasi mengenai akreditasi kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai 2023, lihat juga informasi mengenai akreditasi kampus lainnya melalui fitur pencarian diatas. Jangan lupa bagikan ke teman kalian yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *