Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta ini merupakan salah satu kampus swasta terbaik yang ada di kabupaten sukoharjo.

Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan lembaga pendidikan tinggi di bawah organisasi Muhammadiyah. 

Universitas Muhammadiyah Surakarta ini berdiri pada tahun 1981 sesuai dengan surat keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan RI No. 0330/O/1981 sebagai bentuk perubahan dari IKIP Muhammadiyah Surakarta.

Sebelum menjadi UMS, secara kelembagaan UMS berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jakarta cabang Surakarta yang didirikan pada tahun 1957

Para perintisnya antara lain Sudalmiyah Suhud Rais, Radjab Bulan Hadipurnomo, Muhammad Syafa’at Habib, Sulastri Gito Atmodjo, dan KH Syahlan Rosyidi.

Universitas Muhammadiyah Surakarta engelola 42 program studi dan 2 program internasional. Di samping itu, UMS juga menyelenggarakan pendidikan profesi, seperti profesi Apoteker, Psikologi, Advokat, Ners, dan Guru. 

Landasan untuk menuju universitas kelas dunia semakin kuat dengan masuknya UMS dalam kelompok 50 Promising Indonesian Universities.

Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 12 fakultas dan program sarjana yang mana merupakan program yang dipersiapkan bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat dengan skema perkuliahan selama 8 semester atau 4 tahun.

Selain mempunyai 12 fakultas, kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta ini juga memiliki 10 program pascasarjana yang sudah terakreditasi unggul tentunya di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta ini.

Kemudian, kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta ini juga memiliki program Doktor yang juga sudah terakreditasi baik sekali serta mempunya pranala luar tentunya.

Pada saat ini kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah menyandang akreditasi A berdasarkan No. SK 2263/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PT/VII/2017 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Beberapa indikator penilaian akreditasi meliputi mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola, kemudian mutu produktivitas luaran dan capaian. Serta mutu pendidikan dan mutu input.

Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta 

Akreditasi merupakan sebuah nilai yang diberikan kepada perguruan tinggi oleh lembaga yang berwenang memberikana penilaian seperti BAN PT tentunya.

Akreditasi ini juga merupakan salah satu indikator yang wajib dilihat oleh pengajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Perlu anda ketahui bahwa akreditasi ini terbagi menjadi 2 yaitu akreditasi kampus dan juga akreditasi program studi atau jurusan yang pada saat ini berganti nama menjadi Departemen.

Berikut ini Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta yaitu sebagai berikut :

Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Program Studi: Hukum Ekonomi Syariah
Strata: S2
No. SK: 6306/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2020
Tahun SK: 2020
Akreditasi: A
Tanggal Kedaluwarsa: 2025-10-07

 

Nah demikianlah artikel ini tentang Akreditasi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *