Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan

Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan

Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan – Universitas Ahmad Dahlan (disingkat sebagai UAD) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berdiri di Yogyakarta, Indonesia.

Universitas Ahmad Dahlan yang di dirikan pada tanggal 18 November 1960. Universitas Ahmad Dahlan memiliki 11 Fakultas, Program Vokasi, Program Profesi, dan Program Pascasarjana.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta.

Institut Keguruan dan llmu Pendidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960.

Pada tahun 1966 FKIP Muhammadiyah mendapatkan status tertinggi bagi perguruan tinggi swasta yaitu status ”disamakan” untuk jurusan Ilmu Mendidik dengan Surat Keputusan Deputi Menteri Perguruan Tinggi Nomor: 50 tahun 1966.

Dengan diterimanya status ”disamakan” tersebut maka terhitung mulai tahun 1966 FKIP Muhammadiyah membuka progam pendidikan Doktoral.

Untuk menyesuaikan perkembangan masyarakat, khususnya kehidupan Perguruan Tinggi, pada tahun 1972 FKIP Muhammadiyah diganti namanya menjadi IKIP Muhammadiyah Yogyakarta.

Pembinaan dan pengelolaan untuk mengembangkan IKIP Muhammadiyah Yogyakarta selalu diusahakan semakin meningkat. Pada tahun 1976 dibuat Rencana Induk Pengembangan (RIP) IKIP Muhammadiyah Yogyakarta untuk jangka waktu 1976-1983.

Mulai tahun 1978 dibuka jurusan-jurusan baru. Pembukaan dan pengembangan jurusan dan fakultas-fakultas baru berlangsung sebagai berikut.

Dari Laporan Studi Kelayakan yang diajukan ke Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi nama Muhammadiyah di usulkan untuk diganti, karena menurut Dirjen.

Dalam satu kota hanya dimungkinkan memiliki satu universitas yang mempunyai nama sama dan bahkan menyarankan untuk merjer dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Melalui berbagai lobi dan negosiasi oleh dan kepada berbagai pihak akhirnya pada tanggal 19 Desember 1994 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 102/D/0/1994 ditetapkan bahwa IKIP Muhammadiyah Yogyakarta menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

Nah, bagi kalian yang ingin kuliah di Universitas Ahmad Dahlan yang akan mengambil jurusan Ekonomi Pembangunan, kalian wajib mengetahui akreditasi dari jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Ahmad Dahlan.

Akreditasi jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan terbaru merupakan informasi yang banyak dicari bagi mahasiswa aktif maupun mahasiswa yang berniat untuk berkuliah di Universitas Ahmad Dahlan.

Disini kalian dapat mengetahui akreditasi jurusan Universitas Ahmad Dahlan secara lengkap dari jurusan satu ke jurusan lainnya.

Informasi mengenai Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan ini merupakan bentuk penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Ahmad Dahlan.

Biasanya, nilai akreditasi ini diperbaharui setiap 5 tahun sekali. yuk simak di bawah ini untuk mengetahui Akreditasi dari Jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Ahmad Dahlan.

Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan untuk S1

Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan
Program Studi : Ekonomi Pembangunan
Strata : S1
No. SK : 6103/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020
Tahun SK : 2020
Akreditasi : B
Tanggal Kedaluwarsa : 2025-09-29

Sekian informasi mengenai Akreditasi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan, lihat juga informasi mengenai akreditasi jurusan Universitas Ahmad Dahlan lainnya melalui link pencarian diatas. Jangan lupa bagikan ke teman kalian yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *