Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta

Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta – Setiap tahun, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperingati tanggal 21 Mei sebagai tanggal kelahirannya.

Tanggal ini adalah tanggal berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP)  Yogyakarta yang merupakan pendahulu Universitas Negeri Yogyakarta. IKIP Yogyakarta diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) pada tanggal 21 Mei 1964.

Sejarah IKIP Yogyakarta tidak dapat dilepaskan dengan keberadaan Fakultas Pedagogik (FP) Universitas Gajah Mada yang didirikan pada tanggal 19 September 1955. Pada waktu itu FP UGM  memiliki dua bagian, yaitu Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani.

Pada tanggal 1 januari 1971, terjadi perkembangan penting di IKIP Yogyakarta yaitu berdirinya Perpustakaan Pusat IKIP Yogyakarta. Sebagai jantung ilmu pengetahuan di perguruan tinggi, pembinaan perpustakaan dilakukan langsung di bawah rektor.

Sementara itu, mulai tahun 1972 IKIP Yogyakarta menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk perkuliahan. Dengan berlakunya SKS ini maka mulai 1973 dalam satu tahun ada dua pendaftaran perkuliahan yang dilaksanakan secara semesteran menggantikan sistem sebelumnya.

Mulai tahun 1981/1982 IKIP Yogyakarta mulai membuka program S2 yaitu program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program ini merupakan hasil afiliasi antara IKIP Yogyakarta dengan IKIP Jakarta.

Pada 7 September 1982 juga telah diselenggarakan Program S2 Pendidikan FIsika. Program ini merupakan penugasan dari Ditjen Dikti dan penyelenggaraanya mendapat bantuan dari UGM. Kemudian disusul pembukaan S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan pada 16 September 1983.

Pada tahun 1999 IKIP Yogyakarta diberi perluasan mandate menjadi Universitas yang diberikan oleh pemerintah melalui  Keputusan Presiden RI no 93 th 1999. Seiring dengan itu terjadi perluasan orientasi program yang difokuskan pada upaya sosialisasi IKIP Yogyakarta yang tidak hanya terbatas di dalam negeri saja, akan tetapi menuju wawasan global.

Perubahan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memang mengandung pro dan kontra di dalam masyarakat. Hal ini menunjukan adanya indikasi kuat dan valid bahwa IKIP Yogyakarta memang telah menjadi bagian penting dari sistem kehidupan masyarakat dan sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Dinamika dan wacana dalam masyarakat menggambarkan adanya kekhawatiran akan terlantarnya pendidikan guru setelah IKIP Yogyakarta berubah menjadi Universitas Negeri Yogyakarta.

Kecemasan masyarakat tersebut justru mempunyai nuansa positif yang memacu Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat meyakinkan semua pihak bahwa di masa yang akan datang tetap mempertahankan pendidikan guru.

Perubahan IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta diharapkan meningkatkan sistem pendidikan guru karena para dosen di jurusan dapat melakukan fertilisasi silang keilmuan antara mereka yang berlatar belakang kependidikan dan berlatar belakang ilmu dasar.

Pada tahun 2007, survey dari Ditjen Dikti RI menyatakan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependididkan (LPTK) diantara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promosing university) ke kelas dunia.

Kerja keras tersebut menuai hasil pada tahun 2009, sebanyak 11 unit kerja di Universitas Negeri Yogyakarta dinyatakan layak menerima setifikat ISO 9001:2000 yang dikeluarkan oleh PT. Sucofindo Jakarta.

Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta

Salah satu jurusan yang banyak peminat di Universitas Negeri Yogyakarta adalah Jurusan Pendidikan Seni Musik. Adapun dosen yang mengampu jurusan ini yaitu sebagai berikut.

  • Dr. Drs. AM. Susilo Pradoko, M.Si.
  • Dr. Dra. Hanna Sri Mudjilah, M.Pd.
  • Fu’adi, S.Sn., M.A
  • Dra. Maria Goretti Widyastuti, M.Sn.
  • Drs. Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd.
  • Tumbur Silaen, S.Mus.,M.Hum.
  • Dr. Dra. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd.
  • Drs. Agustianto, M.Pd.
  • Dr. Dra. Kun Setyaning Astuti, M.Pd.
  • Drijastuti Jogjaningrum, S.Sn., M.A.
  • Drs. Sritanto, M.Pd.
  • Dr. Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd.
  • Yunike Juniarti Fitria, S.Pd., M.A.
  • Drs. Pujiwiyana, M.Pd.
  • Drs. Agus Untung Yulianta, M.Pd.
  • Francisca Xaveria Diah Kristianingsih, S.Pd., M.A.
  • Dr. Drs. Suwarta Zebua, M.Pd.
  • Dr. Dra. Heni Kusumawati, M.Pd.
  • Panca Putri Rusdewanti, S.Pd., M.Pd.
  • Dott. Birul Walidaini, S.Pd., M.Mus.

Adapun Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik saat ini yaitu sudah terakreditasi Unggul. Hal tersebut sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 13183/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021. SK ini berlaku semenjak 2021 hingga 29 September 2025.

Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta

Demikianlah pembahasan tentang Akreditasi Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Semoga bisa menambah wawasan kita semua terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *