Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari – Universitas Batanghari sejak awal berdirinya  tahun 1985 sampai saat ini dibina  oleh dan bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jambi.

Yayasan ini merupakan pengembangan dari Yayasan Pendidikan  Jambi yang dulunya membina STKIP Jambi pada tahun 1970 – 1977.

Maksud dan tujuan pendirian Yayasan Pendidikan Jambi adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan pendidikan masyarakat dengan jalan melaksanakan usaha pendidikan dalam arti luas.

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut yayasan menyelenggarakan kegiatan pendidikan serta melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan secara bertahap

Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Jambi pada awalnya beranggota sebanyak 7 orang, tetapi 3 orang diantaranya tidak lagi berada di daerah ini karena tugas pokoknya telah pindah keluar Jambi.

Oleh sebab itu, timbul gagasan dari segenap anggota Badan Pendiri untuk merumuskan suatu ketentuan bahwa bagi anggota yang karena jabatannya diikutsertakan sebagai anggota Badan Pendiri Yayasan atas dasar pasal 10 Akte Pendirian, tetapi kemudian ternyata tidak dapat secara tetap berdomisili di daerah tempat berdirinya yayasan, digolongkan ke dalam anggota yayasan ex officio.

Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan keputusan rapat anggota Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Jambi seperti yang diisyaratkan dalam Akte Nomor 1 tanggal 6 April 1985 dilakukan penambahan keanggotaan Badan Pendiri sehingga anggota baru menjadi 15 orang.

Akreditasi Universitas Batanghari Jambi

Perkembangan akan tuntutan pendidikan di daerah Jambi menunjukkan peningkatan yang tajam, sedangkan di lain pihak  perguruan tinggi negeri di daerah ini memiliki daya tampung yang terbatas.

Hal ini ditambah dengan motivasi serta dorongan dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, ikut memperkuat semangat para pendiri untuk mewujudkan suatu universitas swasta yang sekaligus merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Akhirnya didirikanlah universitas swasta ini dengan nama Universitas Batanghari.

Universitas Batanghari mengandung makna simbolis dengan predikat “BATANGHARI” yang merupakan lambang kepemilikan seluruh masyarakat Provinsi Jambi, oleh karena tidak ada satupun daerah dalam wilayah Provinsi Jambi yang tidak bersentuhan dengan aliran Sungai Batanghari.

Universitas Batanghari telah terakreditasi Baik oleh BAN-PT. Sesuai dengan SK Nomor 1091/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020. Akreditasi ini berlaku semenjak 2020 lalu dan akn berakhir hingga 15 Desember 2025.

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari

Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari diketuai oleh Ir. Nasamsir, MP. Jurusan Agroteknologi memiliki visi Pada Tahun 2030, Program Studi Agroteknologi menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan ilmu agronomi tanaman perkebunan yang unggul atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat.

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari saat in i adalah B. Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 5969/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2021. SK ini berlaku dari 2021 sampai 03 Juni 2026.

Akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari

Universitas Jurusan Agroteknologi

Misi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari yaitu sebagai berikut.

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dibidang agronomi tanaman perkebunan yang berkualitas atas dasar akhlak mulia dengan suasana akademik yang kondusif.
  • Mengembangkan penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang agronomi tanaman perkebunan.
  • Melaksanakan tanggung-jawab sosial kepada masyarakat dengan penerapan keilmuan dan hasil-hasil penelitian dibidang agronomi tanaman perkebunan
  • Mengembangkan kerjasama yang harmonis dengan pemangku kepentingan

Tujuan Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari yaitu sebagai berikut.

  • Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan budidaya tanaman perkebunan  yang berwawasan lingkungan
  • Menguasai teori dan teknik budidaya tanaman perkebunan sesuai perkembangan Iptek
  • Memiliki jiwa wirausaha dan mampu mengembangkan diri atas dasar akhlak mulia
  • Menghasilkan iptek untuk pengembangan ilmu agronomi tanaman perkebunan
  • Terlaksananya pemberdayaan masyarakat melalui penerapan iptek di bidang agronomi tanaman perkebunan
  • Terlaksananya kerja sama yang saling menguntungkan dalam pengembangan ilmu agronomi tanaman perkebunan

Demikianlah pembahasan tentang akreditasi Jurusan Agroteknologi Universitas Batanghari. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *