Akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara

Akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara

Akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara – Universitas Sumatera Utara (disingkat USU) adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Universitas Sumatera Utara awalnya berdiri dengan nama Yayasan Universitas Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Fakultas pertamanya adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada tanggal 20 Agustus 1952.

Presiden Soekarno meresmikan Universitas Sumatera Utara sebagai Universitas Negeri ke-7 di Indonesia pada 20 November 1957. Pada tahun 2003, Universitas Sumatera Utara berganti status perguruan tinggi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) dan menjadi universitas PTN-BH ke-5 di Indonesia.

Akreditasi Universitas Sumatera Utara

telah terakreditasi unggul oleh BAN-PT hingga tahun 2028, Sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 105/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/II/2023. SK ini berlaku semenjak 2023 hingga 2028-02-28.Universitas Sumatera Utara

Hal ini membuktikan komitmen universitas untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan mempersiapkan lulusan yang siap untuk bersaing di dunia kerja global.

Arsitektur Usu Akreditasi

Arsitektur Universitas Sumatera Utara berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Berdiri sejak 1959 sebagai fakultas ke-4 di Universitas Sumatera Utara.

Fakultas Teknik berfokus pada kelompok ilmu tentang implementasi teknologi baru dalam sektor teknik seperti manufaktur, konstruksi, pemeliharaan, dan manajemen proyek.

Fakultas Teknik menyediakan pendidikan bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk menjadi bagian dari sektor yang dinamis, tumbuh, dan dihormati dengan melibatkan pembangunan di bidang infrastruktur, material, produksi, dan teknologi terkait.

Sebagai program studi yang sudah terakreditasi Unggul dan sudah ada sejak 1991, Program Sarjana Arsitektur Universitas Sumatera Utara telah menghasilkan mahasiswa berprestasi dan menciptakan lulusan lulusan yang unggul dan kompetitif di industri konstruksi dan perancangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Program Sarjana Arsitektur merupakan program studi yang berfokus mengajarkan tentang prinsip serta teknis desain dan rancangan konstruksi bangunan, bidang arsitektur cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain.

Universitas Jurusan Arsitektur Di Medan

Universitas jurusan Arsitektur di Medan yang bagus adalah Universitas Sumatera Utara (USU). Universitas Sumatera Utara menawarkan beragam program studi dan jenjang pendidikan untuk membantu mencapai tujuan karir dan akademik.

Dengan kurikulum terkini dan fasilitas memadai, Universitas Sumatera Utara berkomitmen memberikan pengalaman belajar yang berkualitas.

Lulusan Sarjana Arsitektur mampu menghasilkan rancangan arsitektur bertanggungjawab dengan memenuhi persyaratan estetika, teknis, dan kelestarian lingkungan, serta memiliki kemampuan dalam analisis perancangan, perencanaan kota, manajemen proyek, dan pemeliharaan bangunan yang akuntabel.

Lulusan Program Sarjana Arsitektur USU diharapkan:

  • Mampu menghasilkan rancangan arsitektur yang bertanggungjawab dengan memenuhi ukuran estetika, persyaratan teknis, dan kelestarian lingkungan berdasarkan penguasaan standar gambar teknis, perancangan kreatif. Juga pemrograman arsitektur, ruang dan organisasinya, metoda dan prinsip perancangan, dan teknologi bangunan, struktur, bahan dan konstruksi, dan memperhatikan persyaratan dan peraturan bangunan yang berlaku, serta mampu mengkomunikasikannya secara lisan, visual dan gambar.
  • Mampu menghasilkan tulisan ilmiah dan kreatif yang berkaitan dengan sejarah dan teori kritik arsitektur dalam konteks sosial, budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru berdasarkan pemahaman terhadap sejarah dan teori-teori arsitektur, ilmu-ilmu humaniora yang berkembang, serta menguasai metodologi penelitian.
  • Mampu menganalisis lingkungan dan aspek perencanaan dan perancangan kota sebagai konteks perancangan arsitektur berdasarkan pemahaman tentang lanskap arsitektur dan kelestarian lingkungan, standar ilmu perkotaan, peraturan bangunan dan perkotaan.
  • Mampu menerapkan etika keprofesian dalam bidang Arsitektur dan menjalankan peran arsitek bagi masyarakat, khususnya dalam penyusunan kerangka acuan kerja yang memperhitungkan faktor-faktor sosial, berdasarkan pemahaman tentang kode etik arsitek, peraturan bangunan dan perkotaan, dan ilmu-ilmu humaniora.
  • Mampu memanajemen proyek dan merencanakan anggaran proyek bangunan dan biaya pemeliharaan bangunan yang akuntabel dan bekerjasama dalam tim berdasarkan penguasaan teknis pelaksanaan proyek, pengaturan anggaran, time schedule, manajemen sumber daya proyek.
  • Mampu mensupervisi pelaksanaan konstruksi bangunan berdasarkan penguasaan tentang struktur, bahan, dan konstruksi, teknis pelaksanaan konstruksi di lapangan dan peraturan yang sesuai dengan kaidah teknis dan kaidah hukum yang berlaku.
  • Mampu menerapkan prinsip bangunan yang efisien dengan memperhitungkan fisik dan fisika, teknologi dan fungsi bangunan gedung sehingga dapat melengkapinya dengan kondisi internal yang memberi kenyamanan serta perlindungan terhadap iklim setempat, berdasarkan pemahaman tentang fisika bangunan dan teknologi bangunan.
  • Mampu berwirausaha di bidang industri kreatif yang menerapkan pengetahuan tentang seni rupa dasar dan pengaruhnya terhadap kualitas rancangan arsitektur berdasarkan pemahaman prinsip dasar desain visual dan seni visual terapan, menguasai pemanfaatan teknologi dalam wirausaha.

Akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara

Program Studi Sarjana Arsitektur Universitas Sumatera Utara mencakup proses pembelajaran setara dengan 144 satuan kredit semester (SKS) yang dapat diselesaikan dalam waktu empat tahun.

Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Teknik (S.T.) setelah menyelesaikan minimum 144 SKS sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan.

Akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara saat ini adalah Unggul. Hal tersebut sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 4376/SK/BAN-PT/Akred-PMT/S/VII/2022. SK ini berlaku semenjak 2022 hingga 2027-07-12.

Demikianlah pembahasan mengenai akreditasi Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *