Akreditasi Jurusan Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada

Akreditasi Jurusan Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada

Akreditasi Jurusan Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada – Universitas Gadjah Mada lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Didirikan pada periode awal kemerdekaan, Universitas Gadjah Mada didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional.

Berdiri dengan nama “Universitas Negeri Gadjah Mada”, perguruan tinggi ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan, di antaranya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

Meski Peraturan Pemerintah yang menjadi pijakan berdirinya Universitas Gadjah Mada tertanggal 16 Desember 1949, tanggal 19 Desember menjadi tanggal yang diperingati sebagai hari ulang tahun Universitas Gadjah Mada karena lekat dengan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia. 

Nama Gadjah Mada juga memiliki makna tersendiri, mengandung semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Teladan ini diterjemahkan ke dalam rumusan jati diri Universitas Gadjah Mada sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan.

Pada awal pendiriannya, Universitas Gadjah Mada memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Filsafat, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan. 

Kegiatan perkuliahan masa itu dilakukan di Sitinggil dan Pagelaran, dengan memanfaatkan ruangan-ruangan kamar dan fasilitas di lingkungan Kraton Yogyakarta.

Baru pada tahun 1951 pembangunan fisik kampus bulaksumur dimulai, dan memasuki decade 1960-an Universitas Gadjah Mada sudah memiliki berbagai fasilitas seperti rumah sakit, pemancar radio, serta sarana lain yang mendukung proses pembelajaran bagi mahasiswa juga untuk melayani kepentingan masyarakat. 

Kini, Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi. 

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada 

Komitmen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada adalah untuk menjadi pelopor fakultas psikologi nasional yang berkelas dunia yang unggul dan inovatif, sebagai hub science yang memimpin kemajuan ilmu keperilakuan, mengabdi pada kepentingan bangsa, fokus pada kesehatan mental dan harmoni masyarakat, yang dijiwai nilai-nilai budaya berdasar pancasila. 

Untuk mewujudkan hal ini, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada didukung oleh staf pengajar yang berkualitas, 9 guru besar dan 50% bergelar doktor dari perguruan luar negeri ternama. 

Selain itu, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada juga memiliki beberapa unit yang mendukung pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu CICP (Center of Indigenous and Cultural Psychology); CPMH (Center for Public Mental Health); CLSD (Center for Life-span Development); UKP (Unit Konsultasi Psikologi); LPKM (Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia); dan UPAP (Unit Pengembangan Alat Psikodiagnostika).

Magister Profesi Psikologi UGM 

Psikolog profesional yang unggul dan handal dalam penerapan ilmu keperilakuan untuk mendukung terwujudnya masyarakat sehat mental, harmoni dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila adalah komitmen dari Program Studi Magister Psikologi Profesi UGM. 

Sejalan dengan komitmen tersebut, ruang lingkup Program Studi ini mencakup tiga peminatan yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan dan Psikologi Industri & Organisasi.

Berdasarkan hasil tracer studi selama ini, lulusan Magister Psikologi Profesi banyak berkarir pada posisi strategis sesuai dengan latar belakang peminatan dalam pendidikan. Alumni Psikologi Klinis banyak berkiprah pada instansi RS, Puskesmas, atau lembaga NGO yang menangani masalah kesehatan mental masyarakat. 

Cakupan pekerjaan berkembang dalam ruang lingkup nasional maupun internasional. Alumni Psikologi Pendidikan banyak yang berkarir di lembaga Pendidikan – mulai PAUD, Sekolah bertaraf Global, dan Perguruan Tinggi. Alumni Psikolog Industri dan Organisasi banyak berkiprah antara lain sebagai OD Analyst, HRM Manager, Trainer IO, Konsultan Pengembangan SDM.

Akreditasi Jurusan Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada adalah A. Hal tersebut sesuai dengan SK BAN-PT Nomor 1187/SK/BAN-PT/Ak-PNB/M/III/2023. SK ini berlaku mulai dari 2023 dan akan berakhir pada 30 Januari 2026 mendatang.

Prodi Fakultas Psikologi UGM 

Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada diakui sebagai salah satu program psikologi terkemuka di Indonesia. Terdapat 4 Program Studi di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, yaitu Program Studi Sarjana, Program Studi Magister Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi, dan Program Studi Doktor.

Pada Program Studi Sarjana, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada juga menyelenggarakan program atau kelas internasional (International Undergraduate Program).

Demikianlah pembahasan mengenai Akreditasi Jurusan Psikologi Profesi Universitas Gadjah Mada. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *