Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran

Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran

Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran Terbaru – Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan singkatan Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Saat ini, Universitas Padjadjaran berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum.

Pada saat berdirinya, Unpad terdiri dari 4 fakultas: Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi (keduanya berawal dari Yayasan Universitas Merdeka di Bandung), Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP, penjelmaan dari PTPG di Bandung), dan Fakultas Kedokteran.

Pada 18 September 1960, dibuka Fakultas Pendidikan Jasmani (FPJ) sebagai perubahan dari Akademi Pendidikan Jasmani. Pada tahun 1963-1964, FPJ dan FKIP melepaskan diri dari Unpad dan masing-masing menjadi Sekolah Tinggi Olah Raga dan Institut Keguruan & Ilmu Pendidikan (IKIP, sekarang Universitas Pendidikan Indonesia).

Dalam kurun waktu 6 tahun, di lingkungan Unpad bertambah 8 fakultas. Dalam rangka meningkatkan performa universitas, pada 7 September 1982, Unpad membuka Fakultas Pascasarjana.

Fakultas ini menyelenggarakan pendidikan jenjang S-2 (Program Magister) dan S-3 (program Doktor). Pada perkembangan selanjutnya, Fakultas Pascasarjana statusnya berubah menjadi Program Pascasarjana.

Sebagai upaya memenuhi tenaga-tenaga terampil ahli madya, maka Universitas Padjadjaran juga menyelenggarakan pendidikan Program Diploma (S-0) untuk beberapa bidang ilmu. Kepemimpinan di Universitas Padjadjaran pun mengalami perkembangan, baik para pejabat, struktur, maupun bentuk organisasinya.

Kepemimpinan yang pertama berbentuk presidium, dengan ketua R. Ipik. Gandamana, Wakil Ketua R. Djusar Subrata, serta Sekretaris Mr. Soeradi Wikantaatmadja dan R Suradiradja. Selanjutnya pad 6 November 1957 diangkat Presiden Unpad yaitu Mr. Iwa Koesoemasoemantri, berdasarkan SK Presiden RI No. 14/M/1957, tertanggal 1 Oktober 1957.

Pengambilan sumpah dilakukan di Istana Negara. Dalam pelaksanaan tugasnya, Presiden Universitas Padjadjaran didampingi Senat Universitas dengan Sekretaris Prof. M. Sadarjun Siswomartojo, Kusumahatmadja, dan Mr. Bushar Muhammad. Sejak 1963, sebutan Presiden Universitas diubah menjadi Rektor dan sebutan Sekretaris Universitas atau Kuasa Presiden diubah menjadi Pembantu Rektor.

Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran

Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran merupakan bagian program Pendidikan Dokter Spesialis.  Pendidikan Dokter Spesialis adalah program pascasarjana kedokteran yang merupakan fase lanjutan dari program pendidikan dokter umum.

Di dalam pendidikan tersebut peserta didik memperoleh pembelajaran di bawah supervisi agar dapat meningkatkan kompetensi sehingga dapat melaksanakan praktek kedokteran dalam bidang spesialistis tertentu secara mandiri dengan baik ( World Federation of Medical education / WFME, Postgraduate Medical Education,2003 ).

Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran diselenggarakan mulai tahun 1980 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 076/II/1980.

Tim Koordinasi Pendidikan Dokter Spesialis I (TKP PPDS-I) dibentuk pada tanggal 1 Desember 1980 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran nomor : 137/Kep./UNPAD/1980.

Dalam menyelenggarakan program pendidikan dokter spesialis, setiap program studi telah memiliki kurikulum dan berbagai ketentuan yang sesuai baik dengan Kolegium terkait maupun dengan Institusi Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Lebih jauh lagi, setiap Program Studi berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat memenuhi berbagai ketentuan yang dipersyaratkan oleh berbagai badan regional atau internasional seperti World Federation of Medical Education .

Adapun Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran saat ini adalah A. Akreditasi ini berdasarkan SK Nomor 0267/LAM-PTKes/Akr/Spe/V/2018. Akreditasi ini berlaku dari 2018 hingga 04 Mei 2023.

Demikianlah pembahasan terkait Akreditasi Jurusan Ilmu Patologi Anatomi Universitas Padjadjaran terbaru. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *