Akreditasi Jurusan Peternakan Universitas Hasanuddin

Akreditasi Jurusan Peternakan Universitas Hasanuddin

Akreditasi Jurusan Peternakan Universitas HasanuddinUniversitas Hasanuddin, atau disingkat Unhas, merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 10 September 1956 di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Sekitar sembilan tahun sebelum Unhas didirikan, tepatnya pada tanggal 23 Juli 1947, dibentuk cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Fakultas ini sempat dibekukan sebelum dibuka kembali tanggal pada 7 Oktober 1953 hingga menjadi cikal bakal dari pendirian Universitas Hasanuddin. 

Penutupan sementara fakultas tersebut terjadi karena ketidakpastian serta kekacauan yang terjadi di Makassar dan sekitarnya pada saat itu.

Selama pembekuan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, didirikan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading yang kemudian membentuk Panitia Pejuang Universitas Negeri pada bulan Maret 1950. 

Panitia ini berhasil membuka Fakultas Hukum dan Ilmu Warga cabang Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 3 Maret 1952. Fakultas ini berhasil memisahkan diri dari Universitas Indonesia seiring dengan berdirinya Universitas Hasanuddin. 

Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading juga berusaha mendirikan Fakultas Kedokteran dengan membentuk Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran di Makassar. Pendirian Fakultas Kedokteran Makassar berhasil diwujudkan pada tanggal 28 Januari 1956. 

Dengan didirikannya Fakultas Kedokteran tersebut, Universitas Hasanuddin pada awal pendiriannya memiliki tiga fakultas, yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kedokteran.

Akreditasi Jurusan Peternakan Universitas Hasanuddin 

Akreditasi Jurusan Peternakan S1 Universitas Hasanuddin

Perguruan Tinggi: Universitas Hasanuddin
Program Studi: Peternakan
Strata: S1
No. SK: 3561/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019
Tahun SK: 2019
Akreditasi: A
Tanggal Kadaluarsa: 2024-09-24

Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin 

Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin. Didirikan pada tanggal 10 Oktober 1963 sebagai Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Makassar dengan status swasta. 

Pada tahun 1964, diintegrasikan ke Universitas Hasanuddin dan menjadi salah satu fakultas. Fakultas ini merupakan fakultas kedelapan yang ada di Universitas Hasanuddin.

Fakultas Peternakan didirikan pada tanggal 1 Mei 1964 dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Makassar. 

Pada waktu itu masih berstatus swasta, dan telah memulai perkuliahan pada tanggal 10 Oktober 1963 dengan staf pengajar dari Universitas Hasanuddin, Dinas Kehewanan dan Instansi lain yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan pendidikan di FKHP. 

Pada tanggal 1 Mei 1964 FKHP memperoleh status negeri yang diintegrasikan ke dalam Universitas Hasanuddin dengan nama Fakultas Peternakan berdasarkan surat keputusan menteri pada tanggal 4 Mei 1964. Sedangkan Kedokteran Hewan tidak dapat dilanjutkan karena fasilitas yang terbatas.

Pada tahun 2010 berdasarkan surat keputusan Dirjen Dikti pada tanggal 29 November 2010, Fakultas Peternakan ke-empat program studi melebur menjadi satu program studi yaitu Program Studi Peternakan, dengan izin penyelenggaraan berdasar surat keputusan Dirjen Dikti pada tanggal 22 Juli 2010.

Jurusan Peternakan UNHAS 

Pada tahun 2010 berdasarkan SK Dirjen Dikti Kemendiknas no. 1451/D/T/2010 tanggal 29 November 2010 Fakultas Peternakan keempat program studi melebur menjadi satu program studi yaitu Program Studi Peternakan, dengan izin penyelenggaraan berdasar SK Dirjen Dikti no. 3137/D/T/K-N/2010 tanggal 22 Juli 2010.  

Dalam perjalanannya Fakultas Peternakan telah beberapa kali melakukan reorganisasi diri untuk merespon dinamika perkembangan yang terjadi. 

Tahun 2014 merupakan tahun keempat Fakultas Peternakan Unhas menerima mahasiswa S1 untuk satu prodi yakni Prodi Peternakan dari sebelumnya empat Prodi (Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, dan Teknologi Hasil Ternak). 

Disamping Program Studi S1 Peternakan, Fakultas Peternakan juga membina empat Prodi lainnya yaitu prodi Vokasi D-IV Teknologi Produksi Ternak, Vokasi D-IV Agribisnis Peternak dan prodi S2 dan S3.  

Kelima Prodi tersebut, didukung sepenuhnya oleh tiga departemen yakni Departemen Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan. 

Bagian-bagian tersebut mengelola beberapa laboratorium untuk mendukung kegiatan tridarma (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat).

Akreditasi yang telah dicapai saat ini adalah akreditasi “UNGGUL” berdasarkan SK BAN PT No 13186/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021. 

Jenjang pendidikan adalah S1 dengan gelar Sarjana Peternakan (S.Pt.). Pada tahun 2019, Program Studi Peternakan juga telah mendapatkan sertifikat dari AUN-QA.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Akreditasi Jurusan Peternakan Universitas Hasanuddin semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *