Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka

Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka

Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka – Universitas Terbuka atau yang dikenal dengan UT merupakan salah satu perguruan paling banyak diminati oleh semua kalangan tentunya.

Universitas Terbuka atau yang dikenal dengan UT merupakan perguruan tinggi negeri PTN yang ke 45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara indonesia.

Dan termasuk mereka yang tinggal di daerah – daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia. Hal ini berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984, dan UT diresmikan pada september 1984.

Perlu anda ketahui bahwa tujuan pemerintah mendirikan kampus Universitas Terbuka ini yaitu sebagaimana dirumuskan Tim Penulis pendirian UT adalah memberikan kesempatan kepada para lulusan SLTA yang belum ataupun yang sudah bekerja bisa masuk UT.

Kemudian untuk mengikuti pelajaran pada tingkat pendidikan tinggo dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bakat dan minat masing – masing tentunya.

Selain itu kampus Universitas Terbuka ini juga mengharapkan dapat menjadi wahana untuk mempertinggi mutu proses belajar – mengajar pada perguruan tinggi dengan jalan menggunakan bahan instruksional yang dikembangkan oleh UT tentunya.

Kemudian Universitas Terbuka ini dapat dijadikan forum komunikasi dan pengembangan bahan instruksional yang baik dan dapat dipergunakan oleh perguruan tinggi.

UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional.

Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS.

Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

Untuk kampus Universitas Terbuka ini memiliki 4 fakultas dan  program pascasarjana yang menawarkan per tahun 2022 ada 43 program studi.

Untuk bahan ajar dari kampus UT ini merupakan  bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri tanpa bantuan tutor.

Modul-modul yang ada juga telah dilengkapi dengan bahan ajar non-cetak seperti kaset audio video, CD, siaran radio dan televisi, serta bahan ajar berbasis komputer dan internet (CAI dan Web-Supplement).

UT menjamin bahan ajar dan bahan ujian yang berkualitas. Bahan ajar dan bahan ujian UT dikembangkan oleh para penulis yang ahli dalam bidangnya yang merupakan dosen-dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Kualitas bahan ajar UT telah dikenal oleh masyarakat luas dan terbukti banyak digunakan oleh perguruan tinggi lain di Indonesia.

Bahan ajar UT dapat dibeli oleh mahasiswa UT sendiri ataupun masyarakat umum melalui koperasi karunika UT pusat di jakarta.

Pada saat ini kampus Universitas Terbuka A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk periode 22 Februari 2023 sd 22 Februari 2028 dengan SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 553/SK/BAN-PT/Ak/M/II/2023.

Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka

Akreditasi merupakan sebuah nilai yang diberikan kepada perguruan tinggi oleh lembaga yang berwenang memberikan penilaian seperti BAN PT tentunya.

Akreditasi ini juga merupakan salah satu indikator yang wajib dilihat oleh pengajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Perlu anda ketahui bahwa akreditasi ini terbagi menjadi 2 yaitu akreditasi kampus dan juga akreditasi program studi atau jurusan yang pada saat ini berganti nama menjadi Departemen.

Berikut ini Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka yaitu sebagai berikut :

Perguruan Tinggi: Universitas Terbuka
Program Studi: Akuntansi Keuangan Publik
Strata: S1
No. SK: 3458/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019
Tahun SK: 2019
Akreditasi: B
Tanggal Kedaluwarsa: 2024-09-10

Nah demikianlah artikel ini tentang Akreditasi Jurusan Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *