Akreditasi Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang

Akreditasi Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya

Akreditasi Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya – Universitas Brawijaya (UB) adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis Universitas Brawijaya . Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Soekarno dengan harapan mampu gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri Kerajaan Majapahit sekaligus menjadi kampus kebanggaan bangsa Indonesia.

Sejak saat itulah, Universitas Brawijaya dikenal dengan singkatan nama “Unbra”. Dalam perkembangannya, sejak 1 Maret 1972 berdasarkan SK Rektor, singkatan “Unbra” sangat tidak diperkenankan dan diganti dengan singkatan baru berupa “Unibraw” karena menimbulkan salah tafsir mitra kerja luar negeri.

Hal ini dikarenakan kata “Unbra” jika dilafalkan dalam Bahasa Inggris menjadi kata benda (noun) yang bermakna tidak menggunakan beha (pakaian dalam wanita), sebuah kekeliruan yang sangat memalukan.

Selanjutnya, sejak tahun 2008 telah disosialisasikan singkatan “UB” untuk menggantikan singkatan “Unibraw” dan disetujui senat agar lebih mudah, singkat, dan jelas.

Singkatan UB resmi mengalami disambiguasi oleh Google, diakui secara luas oleh komunitas Internasional bahwa UB mengacu pada Universitas Brawijaya dan hanya memiliki 2 padanan, yakni University at Bufallo (AS), serta University of Barcelona (Spanyol).

Universitas Brawijaya merupakan kampus elit di Indonesia dan secara konsisten menduduki peringkat 5 terbaik bersama dengan Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung berdasarkan penilaian resmi Kemenristekdikti.

Di tingkat Internasional, Universitas Brawijaya  menduduki peringkat 51 di Asia dan 400 dunia. Universitas Brawijaya  adalah salah satu dari sebagian kecil kampus Indonesia yang terindeks secara Internasional oleh QS.

Universitas Brawijaya  memiliki empat kampus. Kampus utama terletak di sebelah barat Kota Malang (Jl. Veteran), dan kampus kedua terletak di Puncak Dieng atau dikenal sebagai Universitas Brawijaya  Dieng yang digunakan untuk fasilitas olahraga outdoor, dan beberapa fasilitas riset maupun perkuliahan.

Sedangkan kampus ketiga berada di Kota Kediri (Jl. Pringgodani) dan kampus keempat berada di Ibu Kota Jakarta.

Tahun 2022 Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan peringkat ke-3 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics World University Ranking.

Universitas Brawijaya juga menempati peringkat 239 dalam daftar kampus terbaik Asia pada tahun 2022 versi QS Asian University Rankings dan masuk dalam kategori 10 besar kampus terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti).

Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) yang didirikan pada tanggal 14 September 1963 adalah cikal bakal dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. STKM berubah menjadi FK UB pada tanggal 1 januari 1976.

Fakultas ini mempunyai Rumah Sakit Pendidikan Universitas Brawijaya. Rumah sakit ini sudah mulai beroperasi sejak akhir 2015. Selain untuk memberi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, rumah sakit ini diharapkan mampu meningkatkan riset kedokteran di kalangan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah terakreditasi A. Sesuai dengan SK LAM-PTKes Nomor 0055/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2019. SK ini berlaku dari 2019 dan akan berakhir 22 Februari 2024 mendatang.

Itulah pembahasan mengenai Akreditasi Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya. Semoga kamu bisa diterima di salah satu kampus terbaik di Indonesia ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *