Business Planning Yang Wajib Kamu Pelajari!

Business Planning

Business planning merupakan salatu plan terkait rencana yang akan kita lakukan kedepannya terkait bisnis tentunya.

Sebelum memulai bisnis, tentu adanya business planning atau bisnis yang mana merupakan salah satu hal yang paling penting untuk anda pahami.

Rancangan ini tentunya akan berisi penjelasan mengenai penjelasan megenai jenis bisnis kemudian bagaimana tujuan atau strategi yang akan di capai dan apa itu business planning tentunya.

Kemudian business planning ini tentunya menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama para investor.

Jika mendapatkan suntikan dana dari investor, tentunya anda tidak boleh sembarangan dalam menyusunnya dan business planning ini akan membantu anda terkait untuk menyusunnya.

business planning atau rencana bisnis merupakan suatu dokumen tertulis yang dibuat untuk memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang dijalankan tentunya.

Kemudian di dalam sebuah business planning ini biasanya berisi tentang strategi pemasaran dan penjualan bisnis secara detail, income dan outcome dari bisnis tersebut tentunya.

Ketika anda salah satu seorang pembisnis tentunya anda akan membuat yang namanya business planning atau rancangan.

Tujuan adanya ini dibuat tentunya menjadi acuan bagi anda untuk dpaat mencapai tujuan dalam jangka panjang.

Selain itu business planning ini dapat menggambarkan apakah bisnis tersebut layak dan mampu menghadapi segala tantangan dimasa depan.

Perlu anda ketahui juga, dengana anda menggunakan atau melakukan business planning ini tentunya dapat memberikan manfaat terbaik untuk anda dengan bisnis anda. Berikut manfaat dari business planning ini yaitu sebagai berikut :

#1. Membantu Dalam Mengambil Keputusan

Pada saat anda memulai bisnis, tentu sangat banyak tantangan yang mingkin akan dihadapi, sehingga perlunya business planning untuk mengambil keputusan.

#2. Mengatur Keseluruhan Sistem Keuangan Perusahaan

Selain membantu terkait mengambil sebuah keputusan, business planning ini tentunya dapat membantu anda dalam mengambil atau merencanakan sistem keuangan perusahaan yang baik.

#3. Membantu Mendapatkan Investor Lebih Banyak

Manfaat adanya business planning ini yaitu dapat membantu anda untuk mendapatkan investor jauh lebih banyak. Hal ini sangat penting bagi pertumbuhan bisnis anda.

Selain adanya manfaat, tujuan dari business planning, business planning ini juga terbagi kedalam 2 kategoir yaitu business planning definition dan proces.

Business Planning Definition

Definition atau defenisi dari business planning yaitu tulisan yang menggambarkan bisnis anda seperti strategi pemasaran dan penjualan serta kondisi keuangan tentunya.

Selain ada definisi yang terkait, tentunya juga ada proses yang luar biasa dari business planning ini tentunya.

Business Planning Process

Disini akan saya share bagaimana perencanaan bisnis atau proses dari business planning ini tentunya.

Berikut ini business planning process yang tentunya dapat membantu anda di dalam berbisnis yaitu sebagai berikut:

#1. Lakukan Riset Anda 

Lakukan riset mendetail tentang industri, target pasar, basis pelanggan yang ada, pesaing, dan biaya bisnis untuk memulai proses.

Informasi yang dikumpulkan selama proses ini harus didokumentasikan dan diatur dengan hati-hati, termasuk sumbernya karena ada kebutuhan untuk mengutip sumber dalam rencana bisnis anda.

#2. Buat Strategi Sekarang

Anda dapat memilih untuk mengembangkan strategi baru atau menyempurnakan strategi yang sudah ada yang telah menunjukkan keberhasilan dalam industri ini.

Menarik praktik terbaik industri memberikan landasan, tetapi kemudian anda harus memperluas berbagai aktivitas yang berfokus pada keunggulan kompetitif Anda.

Langkah proses ini dapat mencakup perumusan visi masa depan perusahaan, yang dapat dilakukan dengan melakukan wawancara intensif dengan pelanggan dan memahami motivasi mereka untuk membeli barang dan jasa yang diminati.

#3. Hitung Perkiraan Keuangan Anda

Semua aktivitas yang Anda pilih untuk strategi anda memiliki biaya tertentu dan, semoga menghasilkan pendapatan.

Buat sketsa situasi keuangan dengan melihat apakah Anda dapat mengharapkan pendapatan menutupi semua biaya dan menyisakan ruang untuk keuntungan dalam jangka panjang.

#4.Rancang Rencana Anda

Dengan kondisi keuangan yang kurang lebih sudah mapan dan strategi telah diputuskan, sekarang saatnya menyusun narasi dari setiap komponen rencana bisnis anda.

Dengan pekerjaan latar belakang yang telah anda selesaikan, pembuatan draf itu sendiri seharusnya merupakan proses yang relatif tidak menyakitkan.

Jika anda kesulitan menulis prosa yang meyakinkan, inilah saatnya mencari bantuan dari penulis rencana bisnis berpengalaman yang dapat menyusun rencana dari titik ini.

#5. Revisi & Koreksi

Tinjau kembali seluruh rencana untuk mencari ide atau kata-kata yang mungkin membingungkan, berlebihan, atau tidak relevan dengan poin yang anda buat dalam rencana tersebut.

Anda mungkin ingin bekerja dengan anggota tim manajemen lain dalam bisnis anda yang akrab dengan operasi perusahaan atau rencana pemasaran untuk menyempurnakan rencana tersebut.

#6. Paku Presentasi Rencana Bisnis

Presentasi rencana bisnis harus secara ringkas menyoroti poin-poin utama yang diuraikan di atas dan menyertakan materi tambahan yang akan membantu calon investor.

Memberikan laporan tentang penjualan atau kinerja keuangan sebelumnya dan apa yang telah dilakukan bisnis untuk membawanya kembali ke wilayah positif juga dapat bermanfaat.

Nah demikianlah artikel ini tentang business planning, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *