Not Null Adalah Sebuah Istilah Dalam Database. Ini Penjelasan Lengkapnya!

Not Null

Not null adalah bagian dari aturan constraint yang mana constraint ini merupakan sebuah aturan yang terdapat di sebuah tabel tentunya.

Nilai null sendiri merupakan sebuah istilah dalam database untuk menandakan bahwa nilai pada data tersebut hilang atau tidak berisi atau tidak berlaku tentunya.

“NOT NULL” adalah istilah yang digunakan dalam pemrograman database untuk menggambarkan suatu kolom atau atribut yang harus memiliki nilai.

Dalam konteks ini, “NOT NULL” berarti bahwa kolom tersebut tidak boleh kosong atau berisi nilai NULL. Jadi, setiap baris data yang dimasukkan ke dalam kolom tersebut harus memiliki nilai yang valid.

Pada saat kolom dalam sebuah tabel didefinisikan bullable maka kolom tersebut dapat berisi nilai null.

Akan tetapi jika kolom tersebut didefinisikan not null maka setiap baris pada kkoom tersebut harus memiliki sebuah nilai tentunya.

Kemudian di dalam SQL not null adalah merupakan bagian dari aturan constraint tentunya.

Constraint ini merupakan sebuah aturan yang terdapat di sebuah tabel atau yang tertanam pada sebuah kolom untuk menerapkan sebuah persyaratan dalam membatasi tipe data yang akan disimpan di dalam sebuah database.

Selanjutnya aturan constraint ini juga membantu dalam memastikan keakuratan dan konsistensi sebuah data dalam database dan mencegah data yang tidak valid atau tidak sesuai pada saat pemasukan data, pembaharuan atau penghapusan data.

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa constraint yang umum ditemukan dan anda wajib tahu yaitu sebagai berikut :

#1. Primary Key yaitu aturan constraint yang di mana setiap baris pada  kolom tersebut itu unik agar dapat mengidentifikasi setiap baris pada tabel tersebut.

#2. Foreign Key yaitu aturan constraint untuk mereferensikan kolom primary key pada tabel lain agar dapat menghubungkan dua tabel yang berbeda.

#3. Check yaitu aturan constraint untuk menentukan bahwa kolom dari tabel tersebut harus memenuhi sebuah kondisi atau beberapa kondisi.

#4. Unique yaitu aturan constraint untuk menentukan bahwa seluruh baris pada kolom tersebut harus unik.

#5. Default yaitu aturan constraint untuk menentukan nilai default pada kolom tersebut saat tidak ada nya jenis nilai saat melakukan pengisian data

Untuk not null sendiri ini jika diterapkan pada kolom sebuah tabel, maka akan diberlakukan sebuah aturan di mana semua baris atau row pada kolom tersebut harus memilih sebuah nilai atau value.

Null Dan Not Null Adalah

Null adalah sebuah nilai di dalam database yang relasional digunakan ketika nilai dalam kolom tidak diketahui atau dapat dikatakan nilai tersebut hilang.

Null bukanlah string kosong atau untuk jenis data karakter atau datetime atau nilai nol untuk jenis data numerik.

Kemudian kenapa data tersebut bisa dikatakan null ? hal ini dikarenakan anda belum mengisi data pada suatu field tertentu

Sedangkan not null adalah kebalikan dari null, dimana kolom tersebut tidak boleh kosong, jika di proses input data, kolom dengan atribut not null ini dikosongkan maka akan menghasilkan error. Karena data tidak boleh kosong.

Jadi null dan not null adalah hal yang berbeda dimana null dimana kolom boleh tidak mengisi sedangkan not null adalah kolom yang harus di isi.

Nah demikianlah artikel ini tentang not null adalah, semoga artikel ini dapat membantu anda dan saya ucapkan terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *