Pemrograman Pascal (Tutorial Pemula)

Pemrograman Pascal

Pemrograman Pascal Bahasa Populer Programmer – Hello sobat, kali ini kita kembali lagi dengan berita terbaru terkait dengan hal-hal menarik setiap harinya. Kali ini akan ada informasi mengenai Pemrograman Pascal.

Pemrograman Pascal Sederhana

Pemrograman Pascal ini akan sering kita dengar jika kita berhubungan dengan yang namanya pemrograman. Pemrograman Pascal ini tentunya sangat populer digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan sistem.

Pemrograman Pascal ini dikenal karena diciptakan oleh Niklaus Wirth pada tahun 1970, Pascal menawarkan sintaks yang mudah dipahami dan mengedepankan konsep pemrograman struktural.

Berbagai aplikasi seperti sistem operasi, aplikasi bisnis, hingga aplikasi pendidikan dapat dikembangkan dengan menggunakan Pascal.

Pemrograman Pascal ini dikembangkan dengan tujuan untuk menyediakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan mempermudah pemahaman konsep pemrograman struktural.

Dalam Pemrograman Pascal ada simbol dasar yang harus diketahui yaitu sebagai berikut.

  • Huruf

Simbol-simbol yang digunakan dalam bahasa pemrograman Pascal terdiri dari berbagai macam huruf, mulai dari A hingga Z, a hingga z, dan juga simbol garis bawah (_). Huruf besar dan huruf kecil dianggap sama dan tidak membedakan antara keduanya.

  • Angka

Simbol dalam bahasa pemrograman Pascal yang digunakan untuk menyatakan angka-angka adalah dari 0 hingga 9.

Angka-angka ini dapat digunakan dalam kondisi yang sama dengan angka-angka yang digunakan dalam bahasa matematika, termasuk dalam menulis ekspresi matematika dan menyimpan nilai dalam variabel.

  • Simbol Khusus

Simbol-simbol khusus dalam bahasa pemrograman Pascal adalah tanda-tanda matematika dan sintaksis yang digunakan untuk memberikan instruksi dan logika dalam penulisan program.

Simbol khusus ini seperti operator matematika (+, -, *, /, ^), operator perbandingan (<, >), tanda kurung, kurung siku, titik, koma, titik dua, tanda kutip, dan simbol lainnya.

Program Pascal Menghitung Luas Lingkaran

Pascal memang bahasa pemrograman yang cocok bagi kita pemula yang belajar pemrograman terutama untuk memahami algoritma untuk proses penyelesaian masalah.

Untuk menghitung luas lingkaran menggunakan rumus:

Luas lingkaran = π × r²

Keterangan:

pi = 3.14

r = jari-jari

pi merupakan nilai konstanta yang meruakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya, sementara r adalah jari-jari lingkaran sebagai jarak antara titik pusat dengan tepi lingkaran.

Demikianlah informasi menarik kali ini mengenai Pemrograman Pascal. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *