Gearing Adalah Metode dalam Berbisnis

Gearing Adalah

Gearing adalah rasio hutang perusahaan terhadap bagian dari modalnya yang dimiliki oleh pemegang saham. Gearing yang tinggi berarti ketergantungan tinggi pada pembiayaan hutang.

Hal ini berisiko bagi pemegang saham karena pembayaran hutang menyerap sebagian besar keuntungan pada tahun normal. Pada tahun yang buruk biaya pembayaran hutang dapat melebihi keuntungan total.

Gearing juga disebut pengukuran leverage keuangan bisnis, dan rasio gearing adalah salah satu metode terkenal untuk menggambarkan kesehatan keuangan perusahaan. Ini adalah istilah yang diperlukan yang digunakan dalam buku akuntansi, dan formula khusus adalah untuk menentukan rasio roda gigi untuk bisnis apa pun.

Gearing Ratio Adalah

Gearing ratio mampu menunjukkan pada Anda seberapa besar perusahaan Anda tergantung pada utang dalam struktur modalnya. Istilah ini berasal dari Bahasa Inggris dan hampir sama dengan leverage yang digunakan di Amerika Serikat.

Struktur modal perusahaan ini dapat terbagi menjadi dua sumber, yaitu utang dan ekuitas. Utang akan mewakili liabilitas dan ekuitas akan mewakili kepemilikan aset bisnis.

Pihak perusahaan harus mampu membayar bunga secara regular dan melunasinya saat jatuh tempo, sedangkan ekuitas lebih fokus mewakili kepemilikan perusahaan. Untuk itu, dalam hal ini Gearing ratio akan menunjukkan sejauh mana kegiatan perusahaan tergantung pada utang daripada ekuitas.

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengukur Gearing ratio, salah satunya adalah dengan menggunakan rasio debt-to-equity ratio.

Rumus untuk menghitung Gearing ratio adalah sebagai berikut:

Debt to capital ratio = debt : debt + equity

Debt to equity ratio = debt : equity

Debt to assets ratio = debt : assets

Untuk modal utang, sumber pendanaannya bisa berasal dari pinjaman bank, obligasi korporasi, dan juga medium terms notes.

Modal utang ini bisa sangat besar karena perusahaan diharuskan membayar bunga ataupun kupon secara rutin terlepas dari adanya kondisi operasi dan juga keuntungan. Untuk surat utang, maka mereka harus bisa melunasi hutang pokok sebelum jatuh tempo.

Namun, bila perusahaan telah melunasi hutangnya, mereka masih berhak memiliki aset, karena hutang tidak bisa dijadikan perwakilan kepemilikan melainkan kewajiban. Selain itu, pemberi utang pun tidak mempunyai hak suara untuk bisa mengintervensi keputusan strategis dan operasi perusahaan.

Sedangkan untuk modal saham, manajemen masih dimungkinkan untuk meminta tambahan modal disetor dari pemilik saham saat ini atau bisa menerbitkan saham di pasar modal. Perusahaan tidak harus membayar modal itu kembali.

Meskipun perusahaan bisa memberikan imbalan berupa dividen, tapi hal tersebut bukanlah suatu keharusan. Mereka bisa memilih untuk tidak membagikan dividen. Bila dividen tidak dibagikan, maka perusahaan bisa menggunakannya untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

Gearing Down Adalah

Gearing rendah akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk UKM ketika jumlah ekuitas diperlukan untuk membayar hutang. Perusahaan dengan rasio roda gigi 10% akan diizinkan untuk melunasi hutang lebih cepat, dan investor akan menganggapnya sebagai perusahaan berisiko lebih rendah.

Sayangnya, perusahaan dengan Gearing ratio yang lebih tinggi dari 50% atau di atas berada pada risiko yang lebih besar karena mereka dapat menjadi mangkir atau bangkrut ketika keuntungan menurun atau suku bunga meningkat.

Keuntungan Gearing Rendah untuk UKM:

  • Anda akan selalu menjadi pemilik tunggal

Salah satu keuntungan signifikan dari rasio roda gigi yang rendah adalah Anda tidak akan melepaskan kepemilikan bisnis. Ketika Anda meminjam pinjaman dari pemberi pinjaman alternatif atau lembaga keuangan, Anda berkewajiban untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Sebaliknya, jika Anda menyerahkan ekuitas dalam bentuk saham sebagai imbalan pendanaan, Anda mungkin tidak akan puas dengan mendapatkan masukan dari pihak eksternal mengenai masa depan keuangan usaha kecil Anda.

  • Suku Bunga Lebih Rendah

Dengan rasio Gearing rendah datang tingkat bunga yang lebih rendah. Dalam hal persyaratan pinjaman, setiap pemilik usaha ingin meminjam serendah mungkin, terutama UKM. Alasannya adalah kewirausahaan dan startup baru mereka.

Mereka tidak bisa menikmati lautan utang, dan tingkat bunga yang lebih tinggi bersama dengan utang datang. Jika perusahaan Anda tidak memenuhi syarat untuk pinjaman perbankan, banyak kreditur lokal dan pemberi pinjaman tersedia dengan siapa Anda dapat terhubung tentang pinjaman.

Gearing yang rendah memungkinkan tingkat bunga yang lebih rendah karena Anda tidak perlu meminjam dalam jumlah besar.

  • Pengurangan Pajak

Keuntungan substansial dari rasio roda gigi yang rendah adalah pengurangan pajak, yang diklasifikasikan sebagai biaya bisnis. Pokok dan tingkat bunga atas utang itu akan dipotong dari pajak penghasilan perusahaan Anda.

Namun, sebagai pengusaha, Anda harus berkonsultasi dengan perencana pajak profesional untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana utang mempengaruhi pajak Anda.

  • Ini membantu untuk membangun kredit bisnis

Menurut survei, salah satu alasan utama UKM gagal adalah kurangnya modal kerja dan pendanaan. Kredit bisnis Stellar sangat penting jika Anda mencari pendanaan utang berbiaya rendah dan jangka panjang.

Oleh karena itu, kemampuan untuk mengembangkan kredit bisnis Anda merupakan keuntungan yang signifikan untuk mengambil pinjaman.

Ketika Anda mulai membangun kredit usaha kecil Anda, Anda mencoba untuk mengurangi kebutuhan bergantung pada kredit Anda atau opsi pendanaan bisnis lain yang lebih tinggi. Rasio roda gigi yang lebih rendah juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih ramah dan menguntungkan dengan vendor.

  • Melayani perlindungan kepada UKM

Seringkali, pemilik UKM mengandalkan hutang yang mahal, termasuk uang muka, kartu kredit, atau jalur kredit, untuk mengangkat bisnis mereka dari tanah. Keuntungan signifikan dari rasio roda gigi yang rendah adalah kemampuan mereka untuk membantu kita membayar utang berbiaya tinggi. Mengurangi biaya modal Anda meningkatkan arus kas bisnis.

Itulah penjelasan tentang Gearing. Semoga bisa digunakan untuk kerpeluan Anda serta bisa menambah pemahaman mengenai Gearing tersebut, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *